Kebakaran Gunung Ciremai Menghanguskan 900 Hektar Hutan Yang Ada di Kawasan Ciremai

oleh
Kebakarang Gunung Ciremai (Foto: Pusdalops BPBD Kuningan)

Gunung.id, Kuningan – Kebakaran di Gunung Ciremai tercatat sudah menghanguskan kurang lebih 900 hektare hutan di kawasan gunung ciremai, laporan ini didapatkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, sampai saat ini api masih menyala di titik sisi utara.

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai, Suka Yang Mana?

Selama sepekan ini memang gunung ciremai mengalami kebakaran dan terus merembet ke titi lain bahkan juga ditemukan dititik lain juga terjadi kebakaran sehingga sampai saat ini api telah menghanguskan kurang lebih 900 hektar tegas bapak Agus Mauludin (Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan).

Menurut Agus, kebakaran kali ini terus meluas dari hari ke hari, meskipun tim gabungan telah berupaya memadamkan api, tetapi belum berhasil juga.

Hal tersebut, lanjut Agus, disebabkan luasnya areal Gunung Ciremai yang terbakar, sehingga tim pemadam sulit menjangkau areal yang terbakar, ditambah pula minimnya alat pemadam kebakaran.

Tidak hanya itu, lokasi kebakaran yang merupakan daerah perbukitan dan didominasi tumbuhan alang-alang serta perdu juga menjadi kendala sendiri pemadaman kebakaran lahan tersebut.

Apalagi dengan kondisi lahan bebatuan pada ketinggian 300 sampai 1.600 meter di atas permukaan laut, tentu ini kendala yang harus dihadapi para relawan.

“Kita saat ini sangat membutuhkan sarana pendukung pemadaman kebakaran,” ujarnya.

“Selain itu, juga kami membutuhkan logistik, karena kebakaran ini sudah terjadi lama,” lanjutnya.

Kebakaran kawasan hutan Gunung Ciremai sendiri diketahui terjadi pada Minggu, 30 September 2018 sekitar jam 12.00 WIB. Api diduga berasal dari kawasan Erpah Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *