Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

oleh
Foto:@@rsamly

Gunung.id, Kuningan – Gunung Ciremai memang menjadi primadona bagi para pendaki area Jabar khususnya pasalnya gunung ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barta dengan ketinggian 3078 Mdl dengan memiliki 4 jalur pendakian yang legal dan telah di umumkan oleh Taman Nasional Gunung Ciremai.

Baca Juga: Tiket Masuk Gunung Papadayan

Dari ke empat jalur tersebut yang paling banyak di lalui adalah Linggarjati, kenapa? karena jalur linggar memang identik dengan gunung ciremai yang mana dari awal pendakian trackingnya menguras tenaga di tambah sumber air tidak ada hanya ada di pos 7 itupun jika ada karena hanya kubangan sungai kecil jadi setiap orang yang melakukan pendakian gunung ciremai dari linggarjati harus siap mental plus fisik karena harus membawa bekal yang cukup terutama air seperti halnya jika kamu melakukan pendakian ke gunung slamet via Guci.

Gunung ciremai memiliki misteri yang cukup angker yang paling masyur adalah jika melakukan pendakian gunung ciremai tidak boleh kencing sembarangan dan kebanyakan pendaki kencing di taruh dalam botol 😀 tahu sampai sekarang apakah hal seperti ini masih terjadi. Gunung ciremai memiliki ketinggian yang cukup tinggi 3.078 Mdpl.

Transportasi menuju gunung ciremai dari Surabaya, Bandung dan Jakarta bisa menggunakan bus atau kereta bagi kamu yang tinggal di Jakarta mending enaknya naik bus saja turun di pertigaan linggar dengan biaya bus dari jakarta – Kuningan di kisaran 50k -70k, baru dilanjut naik mobil/angkot ke bascame linggar yang mana untuk harga angkot kurang lebih 10k -15k untuk bisa sampai di titik awal pendakian gunung ciremai untuk simaksi.

Setelah mengurus simaksi pendakian gunung ciremai selesai kamu bisa langsung melakukan pendakian dari titik awal pendakian dengan estimasi waktu pendakian kurang lebih 7 – 9 jam untuk bisa sampai di puncak gunung ciremai. Oia untuk tiket atau retribusi pendakian gunung ciremai sebesar 50k sudah dapat makan sekali enak yooo. Jalur pendakian linggar memang yang paling enak dan asoy menurut para pendaki namun tertentu karena kita diajaarkan untuk selalu tawakal serta bersabar.

Baca Juga: Tiket Masuk Wisata Gunung Gede Pangrango Terbaru

Estimasi waktu pendakain via linggar:

Pendakian Via Linggar
1 Pos 1 – Pos Cibunar 70 menit
2 Cibular -Leuweung Datar 30 menit
3 Leuweung Datar – Kondang Amis 30 menit
4 Kondang Amis – Kuburan Kuda 60menit
5 Kuburan kuda – Pangalap 60 menit
6 Pangalap – Tanjakan Seruni 90 menit
7 Tanjankan Seruni – Bapa Tere 120 menit
8 Bapa tere – Batu Lingga 60 emnit
9 Batu Lingga – Sangga Buana 120 menit
10 Sangga Buana – Pangasinan 40 menit
11 Pangasinan – Puncak Ciremai 30 menit

Dari estimasi diatas memerlukan waktu pendakian kurang lebih 9 -11 jam lamanya untuk bisa sampai di atas atap jawa barat.

Demikian informasi singkat tentang jalur pendakian gunung ciremai via linggarjati, jalur ini memang sangat rekomended buat kamu yang mau olahraga benar-benar karena sudah terkenal jalur linggar memakan energi lebih dari pada jalur lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *