Menyimak Kisah Misteri Gunung Ciremai Yang Populer

oleh

Tak hanya gunung Tangkuban Perahu saja yang menyimpan banyak misteri yang begitu populer di masyarakat, Gunung Ceremai yang terletak di kabupaten Majalengka ini ternyata juga menyimpan misteri. Apa saja misteri tersebut? Berikut kisah misteri gunung ceremai yang populer di kalangan masyarakat.

Keindahan Gunung Ceremai yang Penuh Misteri

Loading...

Memiliki ketinggian sekitar 3078 meter dari permukaan air laut, gunung Ceremai ternyata adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Dengan tinggi seperti itu maka tidak heran apabila kawasan tersebut akan menyuguhkan pemandangan dari ketinggian yang sangat menawan dan cantik.

Tak hanya itu, kawasan ini pun menjadi tempat bagi para pendaki untuk menaklukan ketinggiannya. Bagi anda yang merupakan pendaki pemula, tidak disarankan untuk naik ke gunung Ceremai karena jalur-jalur yang akan anda lalui tergolong sangat ekstrim dan menantang dengan beberapa juram yang cukup dalam.

Baca Juga: Pembangunan Pagar di Puncak Gunung Ciremai

Gunung yang juga tergolong sebagai gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat ini tak hanya menyimpan keindahan alamnya saja tetapi juga menyimpan kisah misteri yang sangat populer. Berikut ini ulasan mengenai misteri gunung Ceremai yang cukup populer.

  1. Dikaitan Dengan Sosok Nyi Lingga

Kawasan gunung Ceremai sekan tidak bisa dilepaskan dari sosok Nyi Lingga yang dipercaya sebagai seorang penunggu di tempat tersebut tepatnya di batu Lingga. Tak hanya itu, sosok ini pun juga memiliki keterkaitan dengan wali songo yakni Sunan Gunung Jati.

Dipercaya, sosok Nyi Lingga adalah penerus persemedian yang dilakukan oleh sunan Gunung Jati di sebuah batu berukuran besar. Dalam proses bersemedi tersebut, Nyi Langga juga ditemani dengan dua macam tutul yang dipercaya memiliki ilmu kanuragan.

Tetapi, ditengah-tengah proses semedi tersebut, Nyi Lingga gagal menyelesaikan. Ia meninggal di tempat tersebut. Tak hanya itu, dua macan tutul yang menemaninya pun ikut menghilang. Hingga terdapat sebuah mitos yang mengatakan jika ada sosok nenek tua dengan macan tutul yang gaib.

  1. Adanya Tanjakan Bapa Tere

Misteri Gunung Ceremai yang selanjutnya adalah terdapatnya tanjakan Bapa Tere. Tempat ini merupakan salah satu tanjakan yang paling terjal apabila anda ingin sampai ke puncak gunung dan sering disebut juga sebagai tanjakan penyiksaan.

Mitos yang pernah beredar, tanjakan ini dikaitkan dengan bapak tiri yang mengajak anaknya untuk melakukan pendakian digunung ini, akan tetapi anak tersebut dibunuh saat berada di tanjakan tersebut.

Oleh sebab itu, dalam pendakian, ada baiknya anda memakai alas kaki yang nyaman dan tetap fokus.

  1. Sering Terdengar Suara Gamelan

Hal ini mungkin akan membuat anda bertanya-tanya bagaimana bisa suara gamelan bisa terdengar diatas gunung yang sepi. Kendati demikian, banyak para pendaki yang sering melaporkan bahwa ia mendengar suara gamelan yang mengalun saat melakukan pendakian.

Legenda yang berkembang, suara gamelan tersebut merupakan salah satu simbol untuk mengucapkanselamat datang dan dipercaya suara tersebut pun berasal dari makhluk halus yang ingin menyesatkan jalan para pendaki. Oleh sebab itu, bagi anda yang akan melakukan pendakian, harus benar-benar fokus.

  1. Adanya Jalak dan Tawon Hitam

Sebagian besar dari anda mungkin akan berfikir lumrah apabila digunung terdapat jalak dan tawon hitam. Akan tetapi anda mungkin baru akan sadar saat berada di pos VI atau disebut dengan pos pengalap di kawasan Gunung Ceremai, anda akan melihat jalak dan tawon hitam yang berada disekitar pos.

Tak sedikit masyarakat yang percaya jika dua bintang tersebut tidak akan mengganggu para pendaki.

Itulah misteri gunung Ceremai yang populer di masyarakat sehingga akan memunculkan kesan yang angger. Lebih jauh lagi, kisah ini mungkin akan menjadi peringatan bagi kita untuk tetap berhati-hati dalam melakukan pendakian.

Please rate this