Gunung Bukit Raya, Salah Satu Seven Summit Indonesia

oleh
Foto: @kumbangketawa_gimbal

Gunung Bukit Raya adalah salah satu tujuh gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Indonesia memang kaya akan keindahan alam. Gunung-gunung tinggi menjulang menjadi tantangan bagi mereka yang suka mendaki gunung. Gunung ini sendiri berada di Pulau Kalimantan tepatnya di Kalimantan Barat. Gunung ini masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Walaupun merupakan salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia, sayangnya gunung ini tidak terlalu populer seperti gunung-gunung lainnya.

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Latimojong

Jarang pendaki yang melakukan pendakian di gunung ini. Alasan utama mengapa para pendaki enggan naik gunung ini ternyata karena untuk bisa mendaki gunung ini biaya yang dikeluarkan untuk mencapai Kawasan gunung ini sendiri sangat mahal. Bahkan biayanya menjadi biaya termahal kedua setelah gunung Cartenz di Papua. Biaya yang sangat mahal ini memang tidak bisa dihindari karena memang gunung ini sendiri berada di daerah yang terpencil dan butuh beragam moda transportasi untuk bisa mencapai Kawasan gunung ini. Bagi anda yang ingin tetap mendaki gunung ini. Di bawah ini ada beberapa informasi yang mungkin akan sangat anda perlukan.

Loading...

Baca Juga: Misteri Gunung Bukit Raya

Cara Mencapai Gunung Bukit Raya

Seperti yang telah dikatakan di atas, Gunung Bukit Raya ini ada di Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dan berada di ketinggian 2.278 mdpl. Gunung ini sendiri mempunyai puncak tertinggi yaitu Puncak Kakam. Untuk bisa mencapai gunung ini sendiri ada dua jalur yang bisa anda gunakan.

  • Jalur Pertama: Jalur pertama yang anda bisa lalui adalah melalui desa Kasongan di Kalimantan Tengah.
  • Jalur Kedua: Anda bisa melalui desa Rantau Malam di Kalimantan Barat. Jalur ini sendiri lebih banyak dipilih oleh pendaki karena jalurnya yang lebih baik dibandingkan jalur desa Kasongan. Ada pos pendakian yang bisa memberikan beberapa informasi kepada pendaki sebelum pendaki naik ke gunung jika anda melewati jalur Rantau Malam ini.

Jalur kedua memang lebih banyak dipilih karena mudah dicapai dari kota Pontianak juga. Anda bisa memulai perjalanan dari Pontianak lalu melakukan perjalanan darat ke Nanga Pinoh. Setelah sampai di Nanga Pinoh, anda masih harus berganti moda transportasi dengan Speed Boat. Speed boat ini akan membantu anda menyeberang melewati sungai Melawi kemudian melanjutkan perjalanan ke Serawai. Perjalanan anda belum usai karena anda masih harus melewati Jelundung dan baru anda akan sampai di Rantau Malam. Para pendaki juga merekomendasikan anda melewati jalur kedua untuk mencapai Kawasan gunung ini dibandingkan dengan jalur yang pertama.

Rute Pendakian ke Puncak Gunung Bukit Raya

Setelah anda sampai di Kawasan gunung Bukit Raya, perjalanan pendakian anda bisa dimulai. Pendakian biasanya akan dimulai dari Kawasan Resort Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Rantau Malam. Untuk memotong waktu anda bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai di pos pendakian pertama di Pos Korong HP. Bagi anda yang ingin mendaki di gunung ini, sebaiknya anda selalu menaati semua peraturan pendakian demi keselamatan anda. Anda juga sebaiknya didampingi oleh pemandu pendakian yang biasanya merupakan warga sekitar. Hal ini akan menghindarkan anda dari berbagai bahaya yang mungkin akan menimpa anda. Anda perlu mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk mendaki karena cuaca akan sangat mempengaruhi pendakian anda.

Masih Jarang Dijamah Pendaki

Gunung Bukit Raya ini berbeda dengan beberapa gunung lainnya yang sering didaki oleh para pendaki gunung. Gunung ini sendiri sangat jarang didaki oleh sebab itu banyak hal yang harus anda perhatikan. Sebelum melakukan pendakian, biasanya para pendaki akan diminta melakukan ritual adat. Ritual tersebut disebut dengan Ngukuih Hajat. Ritual ini sendiri adalah ritual yang dimaksudkan untuk menguatkan semangat para pendaki sehingga pendaki juga akan dijaga dan diberi keselamatan selama melakukan pendakian di gunung ini. Gunung ini sendiri sangat minim petunjuk dan beberapa jalan memang harus dibuka karena jarang dilewati oleh para pendaki. Jika anda tidak berhati-hati anda bisa tersesat ketika berada di gunung ini. Dalam waktu setahun saja, tidak lebih dari 50 grup yang mendaki gunung ini. Oleh sebab itu anda perlu sangat memperhatikan cuaca, dan menggunakan pemandu pendakian untuk mendaki gunung yang satu ini.

Apa yang Bisa Anda Lihat di Gunung ini?

Lalu apa saja yang akan anda dapatkan ketika anda mendaki gunung ini? Di gunung ini ada lebih dari 800 spesies tumbuhan dari beragam famili. Salah satu bunga yang terkenal ada di Kawasan hutan ini adalah Rhododendron. Selain ada beragam flora, anda bisa juga menemukan berbagai jenis hewan khas dari Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ini. Jika anda memimpikan bisa melihat pada rumput yang hijau dan pemandangan laut yang indah dari atas puncak gunung maka anda sebaiknya mendaki gunung lainnya karena anda tidak akan mendapatkan apa yang anda idam-idamkan tersebut di sini. Yang akan anda dapatkan selama anda mendaki gunung ini sendiri adalah banyaknya pepohonan yang masih sangat rapat, rute yang menanjak yang mungkin akan sangat menyiksa fisik para pendaki. Anda juga akan masih sering mendapati hutan lumut serta beberapa pohon dengan akar yang sangat besar. Lalu bagaimana dengan puncak dari gunung ini? Puncak Kakam sendiri bukanlah puncak gunung dengan pemandangan yang spektakuler. Puncaknya hanya berupa tanah lapang yang masih banyak ditemukan banyak ditemukan pepohonan yang tinggi. Jika anda ingin menikmati pemandangan yang tanpa tertutup pohon, jalan satu-satunya adalah dengan memanjat pohon saja. Alam yang masih sangat terjaga memang menjadi ciri khas dari Gunung Bukit Raya ini. Ini akan menjadi petualangan yang menantang.

Please rate this