Gunung Kondo, Menikmati Sisi Lain Gunung Rinjani

oleh
Foto: @_anna_siruckova

Untuk saat ini, mendaki gunung sudah menjadi salah satu bentuk trend. Mengisi waktu luang dengan mendaki adalah salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan. Dan salah satu bukit yang saat ini sedang ramai dibicarakan adalah Gunung Kondo tepatnya Bukit Kondo. Bukit ini adalah salah satu lokasi idaman dari para pendaki yang memang tidak punya kesempatan untuk mendaki Gunung Rinjani dan bukit lainnya karena memang sedang ditutup dan masih ada banyak sekali perbaikan.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Demi mengobati rindu dengan mendaki Gunung Rinjani maka anda bisa mengunjungi Gunung Kondo atau lebih dikenal dengan nama Bukit Kondo. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini bisa menjadi salah satu alasan yang bagus untuk anda yang memang ingin liburan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Misalnya adalah 1 hari satu malam atau dua hari satu malam.

Baca Juga: Bukit Kondo di Taman Nasional Gunung Rinjani Hangus Terbakar

Trekking Gunung Kondo
Gunung Kondo ini sendiri adalah salah satu bukit yang ada di kawasan desa Sembalun. Kawasan ini masuk dalam gugusan bukit indah. Lokasinya ada di bagian timur dari Gunung Rinjani. Dengan ketinggiannya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 1900 Mdpl dan untuk rute trekkingnya juga sebenarnya tidak terlalu curam. Sehingga jika anda adalah pendaki pemula dan juga berencana untuk bermalam di Gunung Kondo juga tidak bermasalah. Sebenarnya trekking yang diberikan oleh kawasan Kondo ini memang menjadi salah satu lokasi yang paling pas untuk anda yang berencana untuk trekking tipis namun dengan medan yang tidak terlalu ekstrim.

Rute dari Lombok ke Gunung kondo
Untuk sampai ke Gunung Kondo sebenarnya anda bisa berkunjung dengan lokasi yang cukup mudah. Sangat disarankan untuk anda, trekking dengan banyak orang akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Rute perjalanannya juga yang tidak terlalu sulit, setidaknya perjalanan yang akan anda tempuh adalah sekitar 3 hingga 4 jam untuk perjalanan. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke lokasi sebelum akhirnya trekking. Lokasinya sendiri memang sangat strategis ada di kawasan hutan Rinjani. Dan trek untuk pendakian dari Gunung kondo ini juga cukup dingin iklimnya sekitar 15 derajat celcius hingga 19 derajat celcius.
Untuk sampai ke Bukti ini sebelumnya anda akan dikenakan tarif untuk memasuki kawasan, satu orang pendaki hanya akan dikenakan biaya 15.000 rupiah saja. Namun jika anda membawa kendaraan motor akan dikenakan biaya lagi sekitar 10.000 rupiah saja. Sehingga jika anda kalkulasikan biaya yang harus anda keluarkan untuk bisa mendaki Bukit dan juga menikmati pemandangan indahnya hanya 25.000 rupiah saja. Dengan biaya ini anda sudah bisa menikmati kawasan pendakian dan menjelajah kawasan dengan melihat langsung pesona indah dari Bukit Propok ini.

Pemandangan Puncak Rinjani Dan Pemandangan dari Padang Savana
Untuk rute dari Bukit Kondo ini sendiri sebenarnya benar – benar sangat sejuk alasannya karena selama perjalanan anda akan melewati jalanan hamparan hutan. Anda juga akan merasakan suasana hutan rindang dan ada banyak sekali pepohonan sehingga akan membuat perjalanan anda akan menyenangkan. Bahkan jika proses pendakian ini anda lakukan di siang hari, maka anda tentu saja tidak akan pernah merasakan kepanasan selama perjalanan. Jika diasumsikan, dari parkiran hingga anda di bagian pintu Bukit setidaknya waktu yang anda butuhkan adalah selama 2 jam perjalanan. Namun jika anda berencana untuk mendaki dengan santai dan tidak dikejar waktu maka waktu yang anda butuhkan setidaknya adalah 3 hingga 4 jam jika anda ingin sampai ke lembah Bukit. Untuk anda yang memang seorang pemula saat akan mendaki ke Gunung Kondo maka sangat disarankan untuk anda menggunakan sepatu yang baik sehingga tidak akan membuat kaki anda lecet dan juga rusak.

Setelah melakukan perjalanan dan saat sampai di Pelawangan Bukit maka anda bisa memilih beberapa jalur. Jika anda mengambil jalan ke arah kiri maka anda bisa menuju ke Bukit Kondo yang lokasinya ada di bagian selatan dari Rinjani. Namun jika anda memilih jalan langsung maka anda bisa turun dan anda akan langsung bisa sampai ke kawasan perkemahan dari padang Savana dari Bukit ini. Memang untuk bukit savana ini sangat luas bahkan jauh lebih luas dari oro – oro ombo yang ada di Semeru. Dan sebagai informasi tambahan juga, kondisi dari savana di tempat ini memang membentang luas. Sehingga anda yang ingin menginap bisa membuat dan menggelar tenda di mana saja yang anda inginkan dengan pemandangan yang Indah ini.

Perjalanan Lelah Yang Sangat Menyenangkan
Walaupun untuk sampai ke lokasi anda harus melakukan perjalanan yang cukup panjang, namun setelah sampai di lokasi dengan berjalan selama 2 jam, dan menggelar tenda maka anda bisa beristirahat. Dari lokasi ini anda bisa melihat pemandangan indah dari Bukti Kondo dimana pemandangan yang diberikan benar – benar sangat mempesona sangat berbeda dari bukit yang ada di Sembalun lainnya. Dan sebenarnya untuk Gunung Kondo ini sendiri adalah salah satu bukit yang sebenarnya lokasinya lebih dekat dengan puncak Rinjani. Itulah mengapa inilah yang membuat lokasi dari bukit kondo ini memang sangat banyak yang berminat. Di Samping itu, anda bisa menikmati pemandangan savana yang sangat luas dan juga dengan keindahan puncak Rinjani yang megah. Ini adalah salah satu pemandangan yang tidak akan pernah anda lupakan di dalam hidup anda.

Please rate this