Gunung Ine Lika, Pemandian Air Panas Mengeruda Yang Eksotis

oleh
Foto: @nur_khamdah

Indonesia timur selalu saja memberikan banyak sekali kejutan untuk wisata Indonesia. Dan salah satu lokasi yang memberikan banyak sekali suguhan wisata dan bisa dibilang sangat lengkap adalah Flores. Flores adalah salah satu lokasi wisata yang sangat identik dengan kawasan dengan penuh perbukitan dan juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menggoda siapapun baik itu wisatawan lokal atau wisatawan internasional. Bahkan ada banyak sekali pulau yang ada di Flores yang membuat banyak orang menjadi takjub. Ada banyak sekali destinasi wisata alam, budaya hingga wisata lainnya di Flores. Salah satunya adalah wisata ke Mengeruda. Mungkin banyak yang belum tau jika Mengeruda adalah salah satu fenomena yang sangat unik dari sumber air panas alami yang mana air panas ini sendiri berasal dari Gunung Ine Lika.

Baca Juga: Danau Segara Anak, Yang Bikin Susah Move On -Indahnya Kebangetan!

Lokasi Mengeruda
Lokasi dari pemandian air panas ini berada di kecamatan Soa, Bajawa Nusa tenggara Timur. Lokasinya setidaknya berjarak kisaran 25km dari Bajawa. Jika anda menggunakan transportasi umum, maka sebenarnya tidak disarankan karena untuk menuju ke objek wisata ini memang sangat sulit jika menggunakan transportasi. Jika anda berada di persimpangan pasar Soa ada baiknya untuk anda menggunakan ojek agar bisa sampai ke pintu masuk dari wisata pemandian air panas ini. Namun jika anda menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya untuk anda bertanya kepada warga sekitar mengenai petunjuk arah karena untuk lokasi ini sendiri sangat minim sekali petunjuk arahnya.
Untuk rute menuju pemandian air panas Mengeruda ini juga sangat baik sebenarnya, walaupun jalannya cukup berliku dan anda akan melewati hujan lebat yang justru akan menjadi pemandangan indah selama perjalanan anda. Jika anda dari Bandara Soa maka lokasinya berada sekitar 3km.

Pemandian Mengeruda
Salah satu fenomena unik dari Gunung Ine Lika, pemandian air panas Mengeruda adalah salah satu tempat yang merupakan sumber air panas alami yang mana berasal dari Gunung ine Lika yang memiliki ketinggian 1.559mdpl. Ini adalah salah gunung berapi yang ada di Indonesia. Di air panasnya sendiri mengandung belerang dan juga zat vulkanis yang mana semuanya berasal dari magma bumi yang akhirnya memberikan efek air panas dan tentu saja memberikan banyak sekali manfaat.

Memiliki ukuran kolam renang yang cukup lebar dengan bentuk lingkaran dengan kedalaman sepinggang orang dewasa membuatnya cukup aman untuk dibuat berendam. Kolam ini juga ditumbuhi oleh lumut yang tumbuh dari dasar bebatuan kolam yang membuat air kolam tampak berwarna hijau bening dan segar. Bagian tengah permukaannya sendiri terdapat semburan air panas dari dalam. Kolam air panas ini sebenarnya salah satu tempat yang paling cocok untuk anda yang ingin berendam atau sedang dalam melakukan terapi.

Untuk air panas yang ada di kolam Mengeruda ini sendiri selalu mengalir dengan bentuk sungai pendek di bagian sebelahnya. Lalu ada juga ari terjun mini yang bercampur dengan air sungai. Sehingga untuk anda datang kesini tak perlu khawatir karena anda bisa memilih lokasi yang memang terbaik sehingga anda bisa mendapatkan aliran air panas Mengeruda ini.

Jika anda lelah untuk berendam, di lokasi ini juga tersedia beberapa gazebo yang sangat nyaman sehingga bisa dijadikan sebagai tempat istirahat. Ada juga beberapa toko jajanan yang ada di depan gerbang masuk sehingga anda bisa membeli jajanan sebelum masuk ke lokasi wisata ini. Untuk fasilitas yang tersedia cukup lengkap, ada kamar mandi yang bisa untuk anda gunakan sebagai tempat mengeringkan badan. Selain itu terdapat juga rumah makan, kawasan perkemahan hingga hutan indah yang bisa anda dapatkan dengan cara berjalan di jalanan setapak yang bisa anda manfaatkan untuk lokasi kemah atau trekking.

Daya tarik Utama dari Mengeruda
Fenomena unik dari Gunung Ine Lika, pemandian Air Panas Mengeruda ini memang sangat cocok jika anda gunakan sebagai tempat bersantai, tempat untuk berendam dan sebagai tempat untuk melakukan terapi. Alasannya karena air panas yang berasal dari gunung berapi ini sendiri memiliki tingkatan suhu yang berbeda dari tiap kolamnya mulai dari 44 derajat celcius hingga ada di suhu 36 derajat celcius. Selain itu, air panas ini dari sumber Gunung Ine Lika ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan banyak jenis penyakit kulit. Dan hal inilah disebabkan karena air panas memiliki tingkat suku yang dianggap sangat pas dan layak jika anda jadikan sebagai salah satu media terapi.

Selain karena memiliki pemandian air panas yang memiliki banyak sekali manfaat, sebenarnya lokasi wisata ini juga tempat menarik untuk sebagian besar wisatawan. Alasannya karena tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Tempat ini memiliki pemandangan yang hijau dan juga rimbun. Karena memiliki kawasan di lokasi yang rimbun akhirnya pemandian air panas ini dikategorikan sebagai salah satu objek ekowisata yang terbaik.

Karena lokasi pemandian air panas sumber Gunung Ine Lika ini berada di lokasi yang sangat strategis maka anda bisa juga melanjutkan perjalanan ke Danau Kelimutu. Karena sebagian besar orang yang berkunjung dan melakukan wisata ke Kelimutu biasanya akan disarankan juga untuk mampir ke pemandian Air Panas ini untuk sekedar istirahat atau sekedar untuk mereka berendam dengan tujuan untuk mengistirahatkan tubuh mereka setelah sebelumnya trekking. Ini akan menjadi salah satu pengalaman yang tak akan pernah terlupakan untuk anda.

Please rate this