Anak Rakanah, Gunung Api Termuda di Dunia

oleh
Image: PVMBG/Rohi, 1988

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa gunung anak rakanah merupakan sebuah gunung yang bisa dibilang menjadi gunung termuda di indonesia. Mungkin bagi kalian yang memiliki jiwa pendaki gunung bisa melakukan pendakian pada gunung tersebut.

Baca Juga: Gunung Inerie, Piramida Yang Mengagumkan di Bumi Flores!

Gunung Anak Rakanah
Gunung anak rakanah merupakan sebuah gunung yang berlokasi pada sekitaran pulau flores , Nusa Tenggara Timur (NTT). Bisa dibilang gunung ini merupakan sebuah gunung termuda di indonesia bahkan di dunia. Akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Karena orang akan lebih mengenal untuk gunung termuda adalah gunung Paricutin yang berada di Meksiko.

Baca Juga: Gunung Lewotolo, Salah Satu Gunung Berapi Paling Aktif di NTT

Jalur pendakian dan juga kota terdekat dari gunung anak rakanah
Kota terdekat dan juga jalur pendakian yang bisa dilalui ketika hendak menuju ke puncak gunung anak rakanah adalah melalui kota atau jalan ruteng-wano. Anda bisa menggunakan sebuah kendaraan atau menggunakan sebuah angkutan umum untuk dapat ke gunung tersebut.  Karena gunung masuk kategori berapi tdk bisa dilakukan pendakian hanya bisa memantai dari kejauhan.

Wisata di sekitar Gunung Rakanah
Karena lokasi dari gunung anak rakanah tersebut berada pada daerah manggarai maka tempat wisata lain yang bisa kalian nikmati di daerah tersebut sebenarnya sangat banyak sekali. Beberapa wisata di daerah manggarai adalah sebagai berikut ini:

1. Sawah lodok

Foto: @arkadewa_flores

Wisata yang pertama adalah wisata sawah lodok. Sama seperti namanya wisata ini memang menawarkan sebuah keindahan sebuah sawah. Selain itu ada keunikan tersendiri yang membedakan persawahan di sawah lodok dengan sawah lainnya yaitu adanya sebuah sistem pembagian sawah yang berbentuk lodok sehingga jika diamati dari kejauhan bentuknya menyerupai sebuah jaring laba-laba. Sawah lodok sendiri berada pada wilayah manggarai raya. Wisata sawah lodok ini juga menjadi sebuah kategori sawah unik di daerah asia pasifik.

2. Pulau mules

Foto: @harliputri

Wisata yang berikutnya adalah wisata pulau mules. Pulau mules sendiri memiliki bentuk yang sangat unik karena bentuknya sendiri menyerupai seorang putri yang sedang melakukan sebuah aktivitas tidur terlentang yang berada di atas laut, selain itu terlihat juga menggunakan sebuah alas dari rerimbunan yang sangat hijau dan juga besar tentunya. Karena hal tersebut pulau mules mendapatkan julukan dari warga sekitar dengan nama pulau putri tidur. Pulau mules bisa kalian kunjungi pada daerah desa dintor, kecamatan starmese barat, kabupaten manggarai. Untuk dapat ke desa dintor kalian bisa menggunakan sebuah perahu yang tentunya bisa kalian sewa untuk berkeliling. Selain itu kalian juga bisa menggunakan sebuah kapal penumpang yang memiliki harga sewa kisaran Rp. 25.000.

3. Liang bua

Foto: @lukiaulia

Wisata yang ketiga yang bisa kalian kunjungi adalah wisata liang gua. Liang bua merupakan sebuah wisata yang menyuguhkan keindahan dari sebuah gua karst yang tentunya berada pada daerah flores. Wilayah dari liang bua yang lebih tepatnya berada pada Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk saat ini banyak sekali wisatawan dan juga para peneliti yang mengunjungi lia bua.

4. Pulau kelor

Foto: @indonesiajuaratrip

Wisata yang selanjutnya yang bisa kalian kunjungi adalah sebuah wisata pulau kelor. Ketika kalian sudah berada pada daerah Labuan bajo kalian hanya membutuhkan estimasi waktu sekitar 30 menit. Pemandangan yang disuguhkan ketika mengunjungi pulau kelor adalah adanya terumbu karang yang cantik. Selain itu pulau kelor juga menyuguhkan pasir pantai yang sangat bersih, air yang dimiliki oleh pantai di sekitar pulau kelor juga sangat jernih. Lalu untuk ombak yang dimiliki oleh pantai di sekitar pulau kelorpun sangat tenang sehingga ketika anda mengunjungi tempat ini anda bisa melihat ikan bermunculan kesana kesini.

5. Kampung wisata todo

Foto: @sharonlorisa

Wisata yang selanjutnya yang tak kalah bagus keindahannya adalah kampung wisata todo. Pada jaman dahulu daerah kampung todo merupakan sebuah tempat yang menjadi pusat dari kerajaan todo. Untuk dapat menuju kampung todo dari ruteng kalian bisa menggunakan sebuah kendaraan pribadi. Waktu yang kalian butuhkan selama perjalanan adalah sekitar 1, jam. Karena kehidupan di daerah tersebut memberikan kesan kenyamanan dan juga memiliki sisi unik tersendiri, maka ketika anda mengunjungi kampung todo anda akan merasa betah berlama-lama untuk berada pada kampung ini.

6. Danau lotus

Foto: @aduafander

Wisata berikutnya adalah sebuah wisata air yang bernama danau lotus. Masyarakat sekitar daerah tersebut memberikan nama lain atau sebuah sebutan untuk danau lotus adalah danau rana tonjong. Danau ini memiliki sebuah ukuran yang sangat besar daripada danau pada umumnya. Bahkan konon danau ini memiliki usia yang beratus-ratus tahun lamanya ini menjadi danau terbesar di dunia. Danau ini menyuguhkan sebuah hamparan bunga lotus, sehingga hal tersebut bisa menambahkan kesan eksotis dari danau tersebut. Jika kalian ingin datang ke danau tersebut kalian harus menuju ke wilayah Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas Kabupaten Manggarai Timur karena danau lotus berada pada wilayah tersebut. Sebagai saran saja ketika anda hendak datang ke danau tersebut pilihlah waktu berkunjung pada saat musim mekar bunga, karena bunga lotus yang tersebar secara luas akan bisa kalian nikmati keindahannya. Selain itu anda juga bisa menikmati berbagai olahan dari biji lotus yang telah diolah oleh warga sekitar daerah tersebut. Bahkan makanan yang diolah oleh warga yang berasal dari biji lotus tersebut memiliki banyak sekali kadar protein yang berguna untuk menyembuhkan suatu berbagai penyakit.

Berbagai fauna di daerah gunung anak rakanah dan sekitarnya
Gunung anak rakanah atau daerah di sekitar ruteng memiliki berbagai macam binatang yang dilindungi. Binatang tersebut adalah seperti binatang monyet, babi hutan, landak, ada juga elang bondol, elang hitam, alap-alap putih.

Demikian informasi sedikit tentang gunung anak rakanah beserta wisata sekitar yang bisa kita informasikan, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang dalam waktu dekat ke NTT khususnya ke anak rakanah.

Please rate this