Gunung Halau Halau, Pendakian Keramat di Kalimantan Selatan

oleh
Puncak Gunung Halau-Halau Kalimantan Selatan, by @mhmmdluthfi_s

Gunung Halau Halau adalah gunung tertinggi yang berada di Kalimantan Selatan. Gunung ini sendiri mempunyai ketinggian mencapai 1901 mdpl. Lokasi gunung ini berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Tanahbumbu. Gunung ini sendiri memang menarik para pendaki karena kesan misteri dan keramat yang masih melekat erat pada gunung ini. Banyak hal yang pendaki wajib lakukan dan cermati. Gunung ini sendiri sebenarnya dikenal dengan beberapa nama. Gunung ini sering disebut dengan Gunung Besar atau Gunung Bantai. Bagi anda yang tertarik untuk mendaki gunung ini, di bawah ini anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang gunung ini.

Baca Juga: Gunung Bukit Raya, Salah Satu Seven Summit Indonesia

Cara Mencapai Gunung Halau-Halau

Loading...

Gunung Halau Halau ini tepatnya berada di kampung Kiyu di desa Hinas Kiri, di wilayah kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Anda yang ingin mencapai gunung ini bisa datang dari Banjarmasin atau kota lainnya. Anda kemudian harus mengarahkan kendaraan ke kota Barabai yang merupakan kota dengan akses termudah ke kampung Kiyu. Rute menuju ke Kampung Kiyu sendiri adalah Barabai lalu melewati Birayang kemudian dilanjutkan ke desa Batu Kambar dan Desa Hinas Kiri hingga akhirnya anda akan sampai di Kampung Kiyu. Banyak orang sekitar kampung Kiyu yang bersedia menjadi pendamping saat anda mendaki gunung ini. Anda tidak perlu khawatir selama anda selalu percaya dan melakukan hal baik selama pendakian.

Baca Juga: Daftar Gunung di Indonesia, Lokasi dan Ketinggiannya Lengkap disini!

Foto: @datu_balambika

Rute Pendakian Gunung

Untuk bisa menikmati keindahan puncak Gunung Halau Halau, anda tentu harus tahu rute menuju puncak gunung nini. Pendakian di gunung ini sendiri sangat menantang. Beberapa gunung di Kalimantan memang mempunyai medan yang berbeda dengan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa. Medan yang sangat menantang serta masih sangat terpencil membuat semua pendaki merasa harus sangat berhati-hati dan menyiapkan fisik yang kuat, Kawasan yang akan dilalui sebagian besar masih berupa hutan belantara yang jarang sekali dilewati oleh orang. Ketika anda ingin mencapai ke puncak anda membutuhkan waktu sekitar 3 hari atau lebih dengan melewati beberapa pos pendakian seperti di Kampung Kiyu- Tiranggang- Sungai Karuh kemudian melanjutkan ke Jumantir- Simpang Tiga Haraan- Lembah Cirit lalu ke Penyaungan dan barulah anda akan sampai di Puncak Gunung ini. Hampir semua rute akan menguras tenaga dan membutuhkan 3-4 jam dari satu pos ke pos pendakian lainnya. Di salah satu pos pendakian yaitu Sungai Keruh anda bisa bermalam dan mendirikan tenda Bersama dengan pendaki-pendaki lainnya. Pendaki memang senang mendirikan tenda di tempat ini karena pos pendakian ini sendiri dekat mata air. Air yang jernih bisa sangat membantu untuk para pendaki yang ingin mandi, minum dan juga memasak bahan yang mereka bawa sebagai bekal. Pos pendakian Sungai Keruh ini juga menjadi pos pendakian dan juga tempat beristirahat yang paling disenangi karena dekat dengan air terjun yang sangat indah. Air terjun dengan ketinggian 60 meter ini memang menjadi daya tarik karena bisa dijadikan untuk tempat berendam, mandi atau sekedar bermain air. Ini akan membuat anda lebih segar sebelum melanjutkan perjalanan Panjang menuju ke puncak.

Kesan Sakral dan Keramat Gunung Halau Halau

Gunung Halau Halau sendiri memang menyimpan banyak misteri. Salah satu misteri yang sangat terkenal dan beredar luas di kalangan pendaki gunung ini adalah tentang pohon keramat. Ada sebuah Pohon Kariwaya yang sangat besar. Pohon ini sendiri merupakan pohon yang mirip dengan pohon beringin. Akar pohon ini sangat besar dan banyak yang menggantung. Uniknya batang dari pohon ini sendiri mempunyai bentuk yang sangat unik. Batang pohon ini memiliki lubang yang sangat besar dan ditengah lubang tersebut bisa dilewati oleh manusia atau seperti sebuah pintu gerbang. Di samping kanan dan kiri dari lubang tersebut ditumbuhi oleh semak belukar yang sangat rimbun. Pohon ini sendiri sangat dikeramatkan oleh masyarakat asli Dayak Meratus. Pohon ini oleh masyarakat Dayak dipercaya sebagai tempat tinggal dari beragam makhluk astral. Banyak orang yang juga berdoa dan mendapatkan ilmu mistik di pohon tersebut. Oleh karena itu kesan mistik dan angker memang akan secara langsung terasa ketika semua pendaki melewati pohon tersebut. Siapa saja yang hendak masuk ke Kawasan hutan ini haruslah menaati semua peraturan yang ada dan juga ada beberapa pantangan adat yang harus dipatuhi.  Beberapa peraturan yang dimaksud adalah dilarang berkata tidak sopan, harus selalu menjaga kelestarian alam di hutan dan mengucapkan kata permisi bagi siapa saja yang melewati pohon tersebut sebelum akhirnya masuk ke dalam lubang. Memang hal ini boleh dipercaya atau tidak namun sudah banyak kejadian banyak orang hilang hanya karena mereka tidak patuh dengan aturan yang ada di Kawasan gunung ini.

Apa yang Bisa Dilihat Di Puncak?

Foto: @rokymartin_

Sebagai gunung tertinggi di Kalimantan Selatan, tentu menjadi impian bagi banyak pendaki untuk bisa sampai di Puncak. Pemandangan yang anda akan nikmati dari puncak gunung ini sendiri sangat indah. Anda bisa merasa berada di negeri di atas awan ketika sudah sampai di puncak. Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam dari puncak gunung ini. Pemandangan hijau hutan belantara ditambah dengan udara yang sejuk akan menjadi pemandangan yang tak akan anda dapatkan di tempat lain. Tempat ini akan menjadi tempat terbaik melepaskan Lelah. Lelah anda akan terbayar lunas ketika mendapatkan pemandangan yang sangat indah di puncak gunung ini. Anda perlu mengabadikan dengan jepretan berlatar belakang pemandangan indah Gunung Halau Halau ini.

Please rate this