Gunung Pesagi, Atapnya Lampung Indahnya Kebangetan

oleh
Spot camp di kawasan gunung pesagi, via @atapnegeri

Gunung pesagi merupakan salah satu gunung yang letaknya di provinsi Lampung Barat. Gunung ini sangatlah terkenal diantara para pendaki. Hal ini tentu memiliki alasannya diantaranya karena alam yang disajikan sangatlah indah serta pendakian yang cukup menantang akan tetapi tak terlalu sulit untuk ditempuh. Nah berikut ini sedikit ulasan mengenai gunung yang satu ini.

Baca Juga: Tsunami Banten dan Lampung Kaitanya Dengan Erupsi Gunung Anak Krakatau

Letak Geografis Gunung Pesagi

Loading...

Gunung ini terletak di kawasan Desa Pekon, Kecamatan Belalu, Kabupaten Lampung Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.389 Mdpl. Sepertinya yang dikatakan sebelumnya. Bahwa banyak pendaki yang mendatangi gunung ini. Salah satunya dikarenakan pemandangan alamnya yang indah. Selain itu selama perjalanan kamu akan banyak menjumpai satwa-satwa liar serta tumbuhan-tumbuhan yang unik loh.  Akan tetapi karena hal ini pula lah, kamu harus berhati-hati karena bisa saja nanti bertemu dengan hewan buas yang apabila kamu tidak tau harus menyikapinya bagaimana berujung pada suatu kejadian yang tak diinginkan oleh siapapun.

Baca Juga: Gunung di Lampung, Berikut list lokasi dan Ketinggiannya

Hewan-hewan yang bisa kamu jumpai disana antara lain berbagai macam jenis burung, dan berbagai jenis lainnya. Selain hewan, kamu bisa juga loh menemui tanaman-tanaman cantik nan langka salah satunya yaitu bunga anggrek dengan beragam jenisnya. Walaupun begitu kamu sebagai pendaki sejati tentu tahu bukan bahwa pendaki yang sebenarnya ialah pendaki yang menjaga alam bukan merusaknya. Jadi jangan pernah memetik ataupun merusak alam yah.

Jalur Pendakian Gunung Pesagi

Foto: @arbas1160

Untuk mencapai puncak gunung ini tidaklah mudah. Jalur pendakian yang cukuplah panjang dengan kondisi medan yang menantang menjadi alasan jalur ini sangatlah tidak mudah. Terdapat dua rute jalur yang bisa kamu pilih untuk sampai ke puncak gunung yang indah ini. Dua jalur tersebut ialah jalur pertama yakni dari Pekon Bahway ke Pekon Hujung. Lalu jalur kedua ialah pendakian melalui Pekon Hujung.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke puncak gunung ini untuk kedua jalur tersebut kurang lebih sama. Dimana diperlukan 12 jam untuk melakukan pendakian pulang pergi. Ini pun jika kondisi cuaca sedang cerah disana. Apabila sedang atau dalam kondisi hujan waktu tempuh bisa melebihi 12 jam.  Selain itu, dalam pendakian ini kamu perlu memiliki kondisi fisik dan mental yang cukup kuat. Jadi sebelum melakukan pendakian ada baiknya kamu persiapkan fisik dan mental mu yah.

Rute pendakian pada gunung ini memiliki sekitar 6 pos hingga mencapai puncaknya yang indah. Akan tetapi sebelum mencapai puncaknya yang indah ini kamu harus melewati sebuah tanjakan yang sangat ekstrim. Tahukah kamu. Menurut kepercayaan masyarakat disana mereka menyebut puncak ini sebagai Tangga Langit. Karena di puncak inilah masyarakat memanjatkan doanya.

Tambahan informasi lagi ialah setelah mencapai puncak gunung kamu bisa mengunjungi sumber mata air tujuh. akan tetapi menurut masyarakat setempat, hanya pendaki yang beruntung yang bisa mengunjungi mata air sumur tujuh. selain itu ada sumber mata air lainnya yang diberi nama dengan sumber mata air pancuran mas. akan tetapi sayangnya sangat sulit untuk menuju kesana, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari puncak gunung hingga ke tempat mata air tersebut.

Akses Kota Terdekat

Nah untuk mengakses ke gunung cantik ini ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih. Pertama ini bagi para pengguna kendaraan pribadi. Dimana dari Bandar Lampung lajukan kendaraan ke arah Kampung Bahway, Liwa. Untuk waktu tempuhnya sekitar enam jam perjalananan. Setelah sampai di Kampung Bahway, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Puncak Pesagi. Cara yang kedua yakni bagi kamu yang lebih memilih transportasi umum. Kamu bisa menggunakan angkutan umum. Waktu tempuhnya bisa mencapai enam hingga tujuh jam dari Terminal Raja Basa, Bandar Lampung, tujuan Liwa. Setelah sampai di Liwa, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tempat Wisata di Sekitar Gunung

View Gunung Pesagi dari Lembah Batu Brak, via @endangguntorocanggu

Selain anda mendaki ke puncak gunung ini, kamu juga bisa loh berkunjung ke beberapa tempat wisata terdekat disana yang pasti sangatlah indah. Diantaranya yakni Air Terjun Sepapa Kiri, Air Terjun Sepapa Kanan, serta Puncak Bawang Bakung.

Air terjun sepapa kanan dan air terjun sepapa kiri ini berada di Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Air terjun sepapa kiri merupakan air terjun yang memiliki tinggi sekitar 60 meter yang terletak di Desa Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Untuk air terjun sepapa kanan terletak sama dengan air terjun sepapa kiri. Lalu apa yang membedakan kedua tempat ini?. Perbedaannya ialah air terjun sepapa kanan ini Memiliki tinggi kurang lebih 20 meter. Walaupun begitu kedua tempat ini sama-sama meliki pemandangan alam yang sangat indah.

Puncak Bawang Bakung terletak di Pekon Negeri Ratu Kecamatan Batu Brak. Puncak Bawang Bakung ini terkenal dengan nama negeri di atas awan juga loh. Bagusnya kamu ke tempat wisata ini sekitar pukul 05.30 ataupun setelah selesai sholat subuh untuk mendapatkan sunrise terbaik. Dimana ketika sunrise ini, Gunung Pesagi sangatlah terlihat jelas serta dengan pemandangan kabut di bawahnya. Oleh karena inilah tempat ini disebut negeri atas awan. Disana juga kamu bisa menyaksikan Gunung Seminung. Sangat cantik sekali.

Nah, sekian dari pembahasan mengenai Gunung Pesagi. Semoga hal ini menambah pengetahuan kamu khususnya mengenai salah satu gunung dari Provinsi Lampung Barat. Dimulai dari keindahan alamnya hingga nilai sejarahnya pun ada dalam gunung ini.

Please rate this