Estimasi Biaya Mendaki Gunung Bukit Raya Kalimantan

oleh -3.062 views
Image:mrizag.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Bukit Raya Kalimantan – Indonesia yang memiliki deretan gunung berapi sangat cocok untuk mendukung kegiatan mendaki yang sering kamu lakukan. Jika sebelumnya kamu selalu terpesona dengan deretan gunung berapi yang ada di Pulau Jawa. Namun kali ini, pendakian bisa kamu lakukan disalah satu gunung tertinggi di Provinsi Kalimantan Tengah.

Gunung Bukit Raya Kalimantan atau yang sering disebut sebagai Bukit Raya Kalimantan adalah sebuah gunung berapi tertinggi di Pulau Kalimantan yang terletak di Kalimantan Tengah. Kawasan di sekitar gunung dijadikan sebagai Cagar Alam Nasional bersama Cagar Alam Bukit Baka yang terletak di Kalimantan Barat. Keduanya begitu populer dan menjadi kawasan wisata Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya Kalimantan.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Bukit Raya Kalimantan

Loading...

Gunung Bukit Raya Kalimantan merupakan gunung tertinggi di Kalimantan dengan ketinggian mencapai 2.278m dpl. Gunung ini selain populer di kalangan wisatawan, juga sering dijadikan sebagai lokasi terbaik untuk kegiatan pendakian. Medannya yang lebih mudah dengan jalur pendakian tidak terlalu panjang, membuat para pendaki lebih suka melakukan aktivitasnya di sini.

Di Gunung Bukit Raya Kalimantan sendiri memiliki puncak yang bernama Puncak Kakam. Untuk bisa mencapai puncaknya tersedia dua jalur pendakian yang terletak di Provinsi yang berbeda. Jalur pendakian pertama terletak di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk jalur kedua terletak di Rantau Malam, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Dari dua jalur pendakian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di mana jika kamu memilih untuk jalur pendakian via Kasongan perjalanan akan lebih lama dengan jalur pendakian yang lebih panjang. Namun untuk biayanya sendiri terbilang lebih murah. Berbeda jika kamu memilih jalur pendakian via Rantau Malam, di sini jalurnya lebih pendek. Namun untuk biaya pendakiannya terbilang lebih mahal dibandingkan yang sebelumnya.

Sebelum memulai pendakian di Gunung Bukit Raya Kalimantan, maka sebaiknya ketahui rincian daftar estimasi biaya mendaki Gunung Bukit Raya Kalimantan. Agar dalam perjalanan menuju ke sana hingga proses kepulangan nanti, kamu tidak kekurangan biaya ataupun yang lainnya. Berikut rincian biaya mendaki di Gunung Bukit Raya Kalimantan.

Biaya Mendaki Ke Gunung Bukit Raya Kalimantan

Kali ini perjalanan akan di mulai dari Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta, di mana kamu bisa menggunakan beberapa maskapai rute Jakarta – Pontianak seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, atau Garuda Indonesia. Dari beberapa maskapai tersebut pilihan untuk menggunakan Lion Air adalah yang paling tepat karena harga tiketnya lebih murah yaitu Rp 396.000.

Setelah sampai di Bandara Supadio, Kalimantan Barat maka perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan menggunakan bus patas jurusan Nangah Pinoh. Tarifnya sendiri sekitar Rp 170.000. Jika sudah sampai di Nangah Pinoh kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan boat penyebrangan menuju Rantau Malam. Untuk tarifnya sendiri lumayan mahal, karena perjalannya lumayan jauh yaitu sekitar Rp 3.000.000/boat. Tarif tersebut akan dibagi dengan penumpang lain.

Setelah sampai di jalur pendakian Rantau Malam, biasanya pendaki diharuskan melakukan pendaftaran di Simaksi. Untuk harga tiket pendakian hanya Rp 5.000/pendaki. Namun di hari-hari tertentu, biasanya para pendaki diwajibkan mengikuti upacara adat setempat. Untuk biayanya sendiri tidak bisa ditetapkan karena setiap pendaki memiliki keperluan yang berbeda-beda.

Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian di Gunung Bukit Raya Kalimantan, maka persiapkan segala sesuatunya secara detail termasuk estimasi biaya mendaki Gunung Bukit Raya Kalimantan di atas. Biaya tersebut belum termasuk ongkos pulang dan biaya lain-lain.