Curug Cibeureum, Air Terjun Legenda Bagi Para Pendaki

oleh
Curug Cibeureum
Foto:@andre_ariyan

Kota Bogor memang terkenal dengan sebutan sebagai Kota Hujan tak heran memiliki udara yang sejuk serta pemandangan yang mengagumkan. Salah satu destinasi wisata hits dan kece adalah Curug Cibeureum yang berlokasi di TNGGP, jika kamu mendaki gunung gede pangrango lewat pintu masuk Cibodas akan seiring sejalan menuju lokasinya.

Baca Juga: Tiket Masuk Wisata Gunung Gede Pangrango Terbaru

Curug atau air terjun Cibeureum memang menjadi wisata kunjungi para wisatawan lokal maupun mancangera karena memiliki keindahan yang luar biasa, selain itu untuk menuju lokasi juga mudah. Curug Cibeureum memiliki ketinggian kurang lebih 40 Meter serta memiliki aliran air yang sangat deras dibanding 2 air terjun lainnya yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Bagi kamu yang doyan wisata curug terutama di Bogor Cibeureum harus masuk daftar list kamu. Memang curug di Bogor banyak namun curug satu ini selain ciamik juga akses menuju lokasi cukup menantang dengan jalan kaki yang membutuhkan extra tenaga agar bisa sampai lokasi.

Baca Juga: Deretan Gunung di Bogor Yang Siap Kamu Explore

Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Selama Liburan di Curug Cibeureum

Banyak yang bisa kita lakukan di kawasan TNGGP ini terutama di curug Cibeureum, berikut beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan selama liburan disana:

  • Ngombang Air

Yang pertama dan yang paling utama jika kamu berkunjung di Curug ini adalah bermain air. Jangan pernah lewatkan aktivitas yang satu ini sebab air disini sangat segar dan membuat fisik kamu kembali siap menghadapi dunia. Jatuhnya air dari ketinggian memberikan kamu sensasi pijat alam yang sangat luar biasa sehingga membuat otot-otot punggung lebih rileks dan tidak mengalami kaku-kau serta rasa lelah terbayar lunas.

Baca Juga: Obyek Wisata di Kaki Gunung Salak Yang Sayang Dilewatkan Bila ke Bogor

Selain menikmati air yang jatuh dari atas, kamu pun juga bisa bermain air dengan berenang di kolam yang terbentuk secara alami tepat di bawah air terjun tersebut. Namun, kehati-hatian tetap harus dilakukan dan menjadi nomor satu di sini, jika kamu tidak tahan dingin sebaiknya bermain air saja di tepian.

  • Berkemah

kebun raya cibodas

Selanjutnya, kamu bisa juga berkemah di Curug Cibeureum sebab pintu masuk ke Curug yang satu ini sangat dekat dengan bumi perkemahan Cibodas, Taman Nasional Gede Pangrango. Jadi, kamu bisa menginap sepuasnya di sini bersama dengan teman-teman menikmati keindahan alam dan juga sejuknya suasana di sekitar. Jika kamu berkemah di sini tentunya tidak akan pernah sendirian sebab tempat yang satu ini biasa digunakan sebagai tempat istirahat.

  • Berfoto di Telaga Biru Yang Menggoda
telaga biru cibeureum
Foto:@bayu_wisnu_s

Pada perjalanan menuju ke Curug Cibeureum sekitar 1,5 Km dari pintu masuk, kamu akan bertemu dengan salah satu danau  yang unik dan sangat indah dinamakan dengan Telaga Biru. Danau yang satu ini masih sangat asri dan terlihat sangat hijau bening memantulkan semua tumbuhan yang berada di sekitarnya.

Baca Juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Telaga biru ini biasa digunakan sebagai salah satu tempat untuk beristirahat selama perjalanan bahkan pengelola juga telah menyediakan beberapa saung untuk istirahat para wisatawan sembari menikmati keindahan telaga biru yang sangat mengesankan.

Fasilitas  Curug Cibeureum

Jika kamu berlibur ke Curug Cibeureum tidak perlu khawatir lagi, walaupun konsepnya wisata alam tetapi fasilitas yang kamu dapatkan sangat lah lengkap. Di sekitar loket ,masuk Curug Cibeureum ini ada banyak tempat istirahat. Untuk urusan perut di sini juga telah banyak menyediakan warung. Kamu juga bisa membeli cinderamata untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Bahkan untuk fasilitas tempat ibadah, ruang bilas, dan toilet pun sudah tersedia. Bagi yang membawa bus besar juga bisa menampung cukup banyak karena kawasan masuk TNGGP ini sangat ramai apalagi Weekend dari naik gunung, ke curug dan ke bumi perkemahan Cibodas jadi satu.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum

tiket masuk Curug Cibeureum
Foto:@danang_84

Untuk menikmati keindahan air terjun Cibeureum ini, kamu hanya perlu membayar tiket Rp 5.000,00 untuk masuk kawasan dan Rp 16.000,00 untuk masuk ke Curugnya. Harga tiket ini bisa saja berubah ia setiap waktu kamu harus selalu pantai di situs resmi TNGGP.

Lokasi Curug Cibeureum

Lokasi Curug Cibeureum
Foto:@321masbuloh

Lokasi wisata ini berada di TNGGP

Rute dan Transportasi Menuju Curug Cibeureum

Untuk rute menuju ke Curug Cibeureum ini sudah sangat baik sehingga kamubisa menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. Kamu bisa membawa kendaraan pribadi berupa motor ataupun mobil karena jalan sudah jelas dan tertata. Transportasi yang ada di sana ada angkot, bus dan juga kereta jika kamu berasal dari luar kota bisa menggunakan bus atau kereta saja. Jika kamu memilih bus untuk moda transportasi menuju curug cibeureum kamu bisa turun di Alfa Cipanas pertigaan TNGGP nani dari sini bisa lanjut naik angkot menuju kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Transportasi Menuju Agrowisata Gunung Mas Bogor

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi bisa menitipkan kendaraan dengan aman di tempat parkir dengan membayar sekitar Rp 5.000,00 -20.000 tergantung lokasi dan berapa lama kamu parkir. Setelah masuk ke kawasan, kamu harus melakukan  menuju tiket masuk atau retribusi di gd. TNGG{ setelah itu baru trekking menuju wisata yang membutuhkan tenaga extra alias pegel. selamat liburan di Curug Cibiereum sobat Gunung selalu membuang sampah pada tepatnya atau bawa turun!

Please rate this