Gunung Kapur Bogor, Salah Satu Rekomendasi Tempat Camping Keluarga Yang Wajib Kamu Coba

oleh
Foto:@abie_bette

Gunung kapur merupakan salah satu tempat camping di Bogor yang cukup populer dengan ketinggian 385 Mdpl cukup untuk mengobati rasa rindu akan kangenya hawa dingin. Lokasi gunung kapur sendiri berada di Cibadak, Ciampea berjarak kurang lebih 15km dari St. Bogor.

Baca Juga: Tiket dan Rute, Lokasi Lengkap Taman Wisata Alam Gunung Pancar Bogor

Bogor sendiri memang terkenal dengan kota hujan jadi banyak wisatawan yang menghabiskan hari weekend atau liburan di puncak bogor, salah satu cara lain dan unik bisa bercamping di gunung kapur ini. Yang perlu kamu persiapkan sebelum camping tentu kamu sediakan perlengkapan camping yang safety agar saat camcer nyaman dan aman. Apa saja sih peralatan camping itu? misalnya tenda adalah wajib jika kamu bercamping, setelah tenda cooking set, Jaket, SB serta logisitik jangan lupa kurang lebih perlengkapan camping itu harus ada dan kamu bawa saat mau camping. Gunung kapur masuk deretan gunung di bogor yang bisa dibilang pas untuk pemula bila ingin mendaki gunung sekedar hilangan rasa kangen sama doi eh kangen ketinggian maksunya.

Bercamping merupakan sesuatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menikmati eksotisme alam sekitar, camping identik dengan rutinitas seorang pramuka dan para pecinta alam namun makin berkembangnya Zaman camping dapat dilakukan oleh semua orang baik itu perorangan, kelompok atau organisasi maupun perusahaan.

Foto: @rahmanmukhlis28

Gunung kapur sendiri memiliki 3 puncak utama diantaranya adalah Batu Roti, Galau, dan Lalana. Nama yang disebut terakhir merupakan titik teratas dengan ketinggian mencapai 385 mdpl. Di gunung kapur Ciampea yang unik adalah tersedia sebuah lahan yang sudah dicorr mirip dengan landasan Heli dimana area ini muat beberapa tenda kurang lebih 10 tenda jadi kamu tidak perlu pusing-pusing cari tempat untuk mendirikan tenda. Saat bercamping identik dengan menunggu sunset atau sunrise bila kamu camping disini kamu akan menemukan sunrise dan sunset yang eksotis dari tempat camping yang kamu pilih, rindu ketinggian kamu akan terobati loh. Selain itu gunung kapur ini juga ada spot yang menarik sekalin untuk camping , dimana area gunung ini ada beberapa goa yang bisa kamu jelajahi diantaranya adalah Gua Ac yang paling populer dan masih 21 goa lain di kawasan kapur, Amazing bukan!.

Foto: @ipulsoedibjoe

Fasilitas dan Biaya Tiket Masuk Gunung Kapur Bogor:

Dimana gunung kapur sendiri terbilang cukup lengkap fasilitasnya dari mulai muhola, toiler warung dan tempat sewa tenda dll jika kamu tidak bawa tenda atau perlengkapan camping bisa sewa disini. Untuk tiket masuk kawasan sebesar Rp.5.000 sedangkan bila kamu membawa kendaraan pribadi akan dikenakan parkir sebesar Rp.5.000 juga untuk roda dua dan untuk roda empat atau mobil dikenakan biaya sebesar Rp.10.000.

Bagaiaman cara mencapai bukit kapur atau gunung kapur ciampea Bogor?

Lokasi gunung kapur berada di Cibadak, Ciampea lebih tepatnya di Jl.Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea bila kamu naik kendaraan umum dari St. Bogor dilajut naik angkot jurusan laladon turun diterminalnya ia kemudian di lanjut naik angkot jurusan Leuwiliang dan turun di depan SMK Pandu dari sini kamu cukup berjalan kaki menuju pos regirtasi gunung kapur.

Bagi kamu yang belum puas camping di kapur bisa melanjutkan explore bogor misalnya susuri air terjun di Bogor yang cukup banyak tersebar di daerah Bogor raya ada sekitar 30 air terjun yang eksotis yang perlu kamu kunjungi.

Please rate this