Pesona Keindahan Gunung Gede Pangrango

oleh
Surya Kencana Gunung Gede Pangrango Foto: @rantyfebryan

Gunung Gede Pangrango memang menjadi destinasi wisata bisa dibilang saat ini, karena tahun belakangan gunung ini menjadi rujukan para kaum pendaki baik yang hanya penikmati keindahan atau memang benar-benar pecinta alam. Pesona keindahan Gede Pangrango memang membuat banyak para pendaki ingin menggapai puncaknya.

Baca Juga: Deretan Curug (Air Terjun) di Bogor, Sumpah Kece-Kece Banget!

Gunung ini menjadi salah satu gunung favorit di Indonesia dengan jumlah pendaki jika weekend sangat parah selalu full jadi bila kamu ingin mendaki kesini alangkah baiknya ambil yang hari biasa saja.  Yang membuat orang pengen banget ke gede adalah memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari formasi-formasi hutan submontana, montana, subalpin; serta ekosistem danau, rawa, dan savana.

Loading...

Baca Juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Mendaki gunung gede memang terbilang komplit, mengapa? kamu bisa menjumpai banyak spot wisata selain keanekaragaman ekosistem didalamnya, misalnya adanya Telaga Biru, Danau kecil berukuran lima hektare (1.575 Mdpl) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru,  setelah itu kamu bakal ketemu curug atau air terjun Cibereum setelah itu kamu juga bakal ketemu lagi air terjun mungil sebelum air panas kamu bisa selfie manis disini baru naik nanti akan melewati air panas atau belerang gunung gede.

Baca Juga: Jembatan Gantung Situ Gunung Curug Sawer Sukabumi

Selain deretan spot wisasata disebutkan diatas kandang badak juga menjadi daya tarik pendaki untuk melakukan pendakian kesini namun kamu jangan mengganggap ada badaknya sudah tidak ada ia sob , kadang badak hanya sebutan saja kalo kandangnya masih kalo badakny sudah tidak ada, lokasi ini untuk berkemah/summit/penelitian satwa dll. Dan paling diincar saat mendaki adalah puncak gunung gede dengan pesona kawahnya yang mempesona yang berada di ketinggian 2.958 Mdpl dan yang tidak kalah eksotisnya adalah keberadaan surken tempat camping cantik di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango yang sangat luas.

Daya tarik atau pesona keindahan gunung gede pangrango sudah disebutkna diatas, terus bagaimana cara untuk mendaki gunung tersebut? ada 3 jalur pendakian gunung gede pangrango yang resmi kamu bisa lewat Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana. Setiap jalur memiliki estimasi waktu pendakian yang berbeda-beda tentunya,’ namun kebanykan pendaki memilih jalur Cibodas.

Sebelum melakukan pendakian tentunya juga mencari info tentang cara atau bagaimana sih mencapai pos pendakian gunung gede pangrango? jika kamu ingin mendaki dari Cibodas transportatsi umum cukup mudah tinggal naik bus arah Cianjur kemudian turun dipertigaan Cibodas lanjut naik angkot keatas, untuk kamu yang minat jalur putri bisa naik KRL menuju Bogor kalo dari Jakarta atau naik  bus karunia bakti dengan tarif Rp 30k – 40k dan pada saat kamu sudah sampai area cipanas kamu minta turun di pasar cipanas lokasi pasar ini tidak jauh dari Istana Cipanas kok, setelah turun dari bus banyak angkot yang siap mengantar kamu sampai pos pendakian gunung gede pangrango via Gunung Putri yang mana tarif angkotnya 10k -20k. Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara menuju Selabinta bisa naik kereta saja Jakarta – Bogor – SMI dilanjut dengan naik angkot ke Pasar Pelita kemudian turun di Jl, RE. Martadinata lanjut angkot nomor 10 ke Selabintana.

Foto – Foto Taman Nasional Gunung Gede Pangrango:

Telaga Biru Cibodas, Foto: @putritaufany8
Air Terjun CIbereum , foto: @seniberjalan
Jalur yang melawati banyu anget , foto: @diniokta12
Foto: @wus_otewe
Puncak Gunung Gede, Foto: @verenaindha
Alun alun Surya Kencana Gede Pangarango, Foto: @ulpa_popoy

Sedikit tambahan bahwa kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan habitat burung elang jawa yang juga disebut Garuda dimana kemaren pada tanggal 23 April 2019 pihak TNGGP memberikan informasi bahwa ada elang jawa yang baru menetaskan anaknya. Kalo dulu tahun 90 an elang jawa masih banyak banget pitik buri omah sering di bawa kabur namun keberadaan elang jawa kini mengalami kepunahan jadi jika melihat mohon di jaga dan diawasi dengan baik ia sob.

Memang Gunung di Bogor begitu banyak namun Gede Pangrango adalah primadonya Jawa Barat, bagi yang mendaki gunung ini diharapkan tata krama di jaga loh ia, ojo guwak uwuh sak karepmu dewe.

Please rate this