Gunung Batu Jonggol, Keindahan Si Mungil Di Ujung Kota Hujan

oleh
Pesona Keindahan Gunung Batu Jinggol via @indrasutantoo

Gunung Batu Jonggol memang menjadi destinasi akhir pekan yang tepat bagi para penghoby mendaki gunung, gunung satu ini memang terkesan mungil tapi jangan salah lanscape yang ditawarkan sungguh menggoda. Aktifitas pendakian itu sebenarnya sangat bagus karena bisa membangun karakter diri, percaya? buktikan ia Brooo.

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Salak, Jalur Mana Yang Sudah Kamu Lewati?

Gunung batu masuk dalam administrasi Kota Bogor dengan sebutan Kota Hujan, ada banyak gunung di Bogor yang bisa kamu daki salah satu gunung yang memiliki medan asik dan tidak terlalu tinggi namun memiliki pemandangan istimewa ia gunung batu, selain banyk gunung Bogor juga menyimpan puluhan curug yang bisa kamu explore, dekat gunung ini juga terdapat curug Cipamingkis kamu bisa mampir sekalian.

Loading...

Gunung batu memiliki ketinggian 875 Mdpl tidak terlalu tinggi memang namun area puncak cukup berbahaya karena sempit, jika angin kencang bikin goyang hati gak karuan, jadi harus hati -hati ia broo jangan sembarangan saat dipuncak.

Baca Juga: Jembatan Gantung Situ Gunung Curug Sawer Sukabumi

Waktu yang tepat saat mendaki gunung batu adalah pagi hari sekitar pukul 6 an kamu sudah di puncak agar mendapatkan sunrise jika dirasa tidak cukup waktu untuk bisa summit pada pukul 6 bisa camp dulu, opsi lain yaitu dengan datang kesini sore hari melihat sunset yang cukup memanjakan mata.  Seperti sobat gunung tahu, gunung satu ini memang cukup populer di kawasan Jabar dan DKI Jakarta jadi jika kesini weekend haru rela antri untuk mendapatkan spot yang nyaman, karena kawasan puncak gunung batu memang tidak terlalu lebar saran dari kita mending kesini saat weekday jadi lebih leluasa merasakan kenikmatan udara yang menebar tubuh kita saat di puncak gunung batu sambil nunggu sunrise/ sunset bisa sekalian udud.

Bagaimana cara untuk sampai ke puncak gunung batu? memang gunung satu ini walau memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi jangan anggap enteng brooo banyak kok pendaki bisa naik turunya glosoran 😀  medan dari bawah memang cukup enak rumah penduduk, kemudian lewat ladang ada pohon duret juga kemudian lewat area camp yang hanya muat beberapa baru dari sini akan banyak pendaki yang naik cukup hati2 apalagi yang turun harus extra hati2, bahwasanya jalur tracking summit setelah area camp kanan-kiri ngeri didominasi jurang sampai puncak juga ngeri karena kanan kiri juga jurang plus lokasi puncak sempit hanya muat beberapa orang ditambah anginya kadang-kadang bikin hati bambang :D.

Gunung batu berlokasi di Sukamakmur untuk akses dari Jakarta membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit dengan rute Jakarta -Cibubur – Cilengsi – Pertiggaan Masjid Nurul Hudal ambil kanan – Kapten Sumantri – Lurus Saja nanti sampai ke Gunung Batu kira2 30 menitan dari jalan raya jonggol lihat kanan jalan nanti ketemu.

Bagi yang rumah bekasi rutenya hampir sama dengan Jakarta hanya yang beda dari bekasi ke cilengsi saja sedangkan untuk kamu yang berdomisili di Bogor bisa ambil rute Jl.MH.Thamrin lewat sentul lurus saja sampai mentok dan ikutin panduan Map ia 😀 selain lewat sini juga bisa lewat Citeureup -Cibadak -Lokasi gunung batu.

Setelah kamu tahu bagaimana akses menuju gunung batu serta seperti apa gambaran gunung ini, sobat gunung perlu tahu untuk biaya pendakian gunung batu atau tiket masuk gunung batu itu berapa agar nantinya kamu lebih prepair bugjet saat melakukan pendakin gunung batu ini, berikut harga tiket masuk gunung batu jonggol terbaru:

Baca Juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Tiket Masuk Gunung Batu Jonggol:

No Keterangan Biaya
1 Tiket Masuk Rp.10.00
2 Parkir Motor Rp.15.00
3 Parkir Mobil Rp.30.00
4 Parkir Minibus Rp.50.00

Jadi untuk biaya mendaki gunung batu menghabiskan -+ 70k jika menggunakan Motor kalo mobil bisa diperkirakan sendiri ia sesuai tarif diatas, biaya 70k belum termasuk jajan kamu,jajan pasangan kamu dan uang untuk tengwe.

Estimasi waktu pendakian gunung batu kurang lebih memakan waktu 2 jam pendakian tergantung fisik dan mental kamu ia sob, karena setelah kamu melewati kebun warga pohon durian naik sedikit area camp gunung batu naik dikit jalur tracking gunung batu cukup menguji nyali apalagi jika angin sedang berhembus shahdu sekali rasanya bergoyang-goyang 😀 serta bikin was was saat melintar track tersebut.

Untuk melengkapi coretan ini berikut beberapa Foto Gunung Batu Jonggol:

Foto: @ulfaa.p
Jalur tracking gunung batu via @derra13
Via @ristaniaa27_
Kawasan puncak gunung batu via @indrasutantoo

Tips Mendaki Gunung Batu:

  • Karena gunung ini tidak terlalu tinggi dan bisa didaki beberapa jam gunakan daypack saja plus sncak kecil dan minum.
  • Gunakan seaptu saat melakukan aktifitas mendaki agar aman dan nyaman.
  • Usahakan mendaki gunung batu saat musim kemarau seperti sekarang dan bila musim hujan jalur tracknya cukup parah gunung ini sangat licin brooo.
  • Jika bro bro dan bri bri ingin menikmati lebih dalam gunung batu bisa ngecamp tentunya jika kamu ambol opsi ini harus membawa peralatan camping yang memadai seperti tenda, cooking set, P3k dll

Bagaimana tertarik untuk mencoba pendakian gunung batu ? jika ia persiapkan segala sesuatunya sejak dini agar pendakian kamu berjalan sesuai dengan planning kamu sehingga mendapatkan kepuasan hati dan pikiran:D . Demikian kurang lebih informasi sedikit tentang gunung batu. Selamat mendaki gunung batu broo

Please rate this