Deretan Air Terjun di Karanganyar Beserta Harga Tiket Masuknya

oleh
Foto: @fahrilutfi

Kabupaten Karanganyar memang menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat menjajikan karena keberadaan kota ini terletak di lereng gunung lawu sehingga wisata alamnya menggiurkan, misalnya keberadaan air terjun di Karanganyar.

Baca Juga: Obyek Wisata di Sekitaran Kaki Gunung Lawu, Keren Keren Abis!

Air terjun di Karanganyar sendiri cukup banyak, disini kita akan memberikan informasi beberapa air terjun yang ada di kabupaten karanganyar tentunya dengan tiket masuk serta lokasi air terjun tersebut, sebagai pembuka kita awali dengan air terjun terpopuler di Solo raya yaitu Grojogan sewu.

Loading...
  • Air Terjun Grojogan Sewu
Foto@ajiie_nugroho .

Air terjun ini memang terkenal di kawasan Solo raya dan kawasan Madiun karena memiliki keindahan yang luar biasa, harga tiket masuk 18k/user belum termasuk parkir  dan kolam renang di dalam kawasan grojogan sewu. Sebelum kamu sampai di grojogan sewu kamu akan dihadapkan anak tangga yang cukup banyak kurang lebih ada 1000 an anak tangga naik dan turun. Air terjun ini juga bisa menjadi rekomendasi wisata selepas kamu mendaki gunung lawu jalur cemoro sewu dan Cemoro kandang.

Berlokasi di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

  • Air Terjun Jumog
Foto:@syammr

Air terjun ini memiliki keindahan yang cukup memikat para wisatawan, bedanya dengan air terjun lain yang ada di karanganyar adalah dari atas air terjun jumog akan terbelah menjadi dua.

Lokasi air terjun ini berada di Jl. Plesungan, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Untuk harga tiket masuk sebesar 10k/user didalam kawasan juga terdapat kolam renang anak-anak serta kuliner yang enak-enak tidak menyesal kamu mampir kesini saat mendaki gunung lawu via jalur candi cetho.

  • Air Terjun Ringin Jenggot
Foto: @mamederr

Air terjun ini memang tidak sepupoler air terjun Jumog namun jika kamu kebetulan ada di Jenawi mungkin bisa menjadi rekomendasi wisata kamu saat berkunjung ke Karanganyar. Air terjun ini masih begitu asri karena belum begitu banyak oarang yang mengetahui keberadaan air terjun ini.

Berlokasi di desa Aggrasmanis kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Untuk tiket masuk sendiri sebesar 5k

  • Air Terjun Jumog Jati
Foto: @fahrilutfi

Air terjun jumog Jati berada di desa Balong kecamatan Jenawi yang merupakan wisata air terjun di karanganyar yang masih baru. Mungkin masih cukup asing ditelinga sobat gunung, karena daerah ini memang cukup jauh dari wilayah perkotaan. Untuk menuju ke desa ini kamu dapat melewati candi cetho turun kearah Jenawi, atau apabila awakmu dari Sragen kamu bisa melewati jalan Sragen-Batu Jamus.

Untuk bisa sampai di air terjun Jumog jati, sobat gunung bisa melewati jalan Kemuning-Jenawi maupun dari Batu Jamus-Jenawi. Apabila kamu melewati Kemuning, tentu saja sobat bisa mampir di perkebunan teh yang menghampar luas untuk sekedar berfoto maupun menikmati keindahan gunung Lawu.

Berlokasi Area Hutan, Balong, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan harga tiket masuk sebesar 5k

  • Air Terjun Dong Aron
Foto: @bangbrewooxx

Air terjun ini memang terbilang baru dimana baru di awal tahun 2017 mulai diperkenalkan kepada publik, aira terjun dong aron memang tidak setinggi air terjun lain yang ada di kabupaten karanganyar hanya 5 m saja namun bila kamu ingin berwisata kesini aksesnya cukup mudah kok berlokasi di Desa Seloromo, Jenawi.

Berlokasi Banaran, Seloromo, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan tiket masuk sebesar 5k

  • Air Terjun Sendinding
Foto: @gentaprahaa

Wisata air terjun di Karanganyar ini sangat sejuk karena dikelilingi oleh tanaman pertanian warga sekitar air terjun. Banyak tanaman kopi, karet, manggis dan lain sebagainya yang tumbuh subur di bawah air terjun sendinding. Pemandangan ini berbeda dengan air terjun lain yang rata rata hanya dikelilingi oleh tebing dan bebatuan. Pemandangan yang berbeda ini dapat dijadikan sebagai pengalaman baru dalam menjelajahi air terjun, karena setiap air terjun tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda beda.

Air terjun Sedinding memang tidak terlalu tinggi pancuran airnya, karena hanya setinggi tujuh meter saja. Pada dasar air terjun terbentuk genangan air seperti kolam kecil yang sangat jernih karena pancuran air tidak menghasilkan banyak buih. Apabila dilihat dari jarak beberapa meter, air yang ada dalam kolam kecil itu berwarna hijau kebiruan.

Apabila sobat gunung membawa baju ganti, kamu bisa berenang di bawah air terjun. Kedalaman air tidak terlalu berbahaya karena hanya setinggi pinggang orang dewasa. Airnya cukup bersih dan belum tercemar oleh sampah, mungkin karena belum banyak pengunjung yang datang. Namun tentu saja kamu perlu berhati hati karena disekitar genangan terdapat banyak batu batu besar yang cukup licin.

Berlokasi di Jalan Trengguli, Jenawi, Sekarang, Trengguli, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, dengan tiket masuk 5k parkir 2k

  • Air Terjun Sewawar
Foto: @Hassannuddin

Air terjun sewawar memang tidak terkenal namun memiliki keunikan tersendiri dari air terjun lain di kabupaten karanganyar. Seperti halnya dengan air terjun Jumog, air terjun Sewawar sangat cocok bagi kamu penggemar photografi. Tempat ini sangat indah untuk dimasukkan dalam frame lensa kamu. Pemandangan sekitar yang hijau oleh banyaknya vegetasi alam, akan sangat segar indah dan memesona untuk dipandang.

Berlokasi di trenggule, Jenawi dengan tiket masuk sebesar 5k

  • Air Terjun Pringgodani
Foto: infokaranganyar.com

Air terjun yang cukup menantang untuk dikunjungi adalah air terjun pringgodani dimana lokasi yang cukup sulit di akses karena berada di balik hutan serta tebing. Keunikan air terjun ini terlihat sangat jelas sebelum kamu sampai titik dasar air terjun dari kejauhan.

Berlokasi di Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah  untuk harga tiket masuk Free

  • Air Terjun Parang Ijo
Foto: @lieliz_cupliezt

Air terjun ini memang cukup terkenal bagi kalangan traveler karena memiliki spot foto yang unik serta akses ke lokasi juga cukup mudah. Area wisata ini juga didukung dengan adanya fasilitas tambahan seperti area bermain khusus anak-anak serta fying fox dimana untuk kamu yang ingin mencoba terbang cukup membayar 10k saja

Berlokasi di Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Harga tiket masuk:

Hari Senin – Sabtu : Rp 5.000
Hari Minggu/Libur : Rp 7.500
Turis Asing : Rp 10.000

Dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten Karanganyar diatas mana saja yang sudah kamu kunjungi sobat gunung? Monggo informasi sedikit ini dapat membantu buat kamu yang mau nambah feed IG:p  setelah lelah mendaki gunung lawu tentu butuh asupan seperti wisata air terjun yang kita rangkum diatas.

Please rate this