Deretan Gunung di Garut Yang Siap Kamu Daki

oleh


Gunung.id, Garut – Berbicara Garut tidak lepas dengan dodol benar tidak sob? karena makanan satu ini adalah salah satu makanan khas atau oleh-oleh Garut raya, Garut sendiri juga memiliki pegunungan yang cukup banyak ada berapa sih gunung di Garut? Sebenarnya gunung di garut itu lumayan banyak namun yang paling populer dan hist adalah Gunung Papadayan, Gunung Cikuray dan Gunung Guntur, ketiga gunung ini menjadi top di garut yang wajib kamu daki.

Garut memang layak menyadang sebuah Kabupaten yang jos karena salah satu gunung terfavorit di Jawa Barat berada di garut yaitu Gunung Papadayan, akan tetapi semenjak diambil alih oleh pihak swasta pengelolaanya sepertinya gunung ini terlihat agak sepi pengunjung,  karena tiket masuk gunung papadayan sekarang tergolong cukup mahal, kamu harus mengeluarkan uang paling tidak 75rb itu untuk masuk dan camping di gunung papadayan belum lagi jika kamu membawa motor akan dikenakan biaya 12rb dan mobil 25rb nah paling tidak kamu harus menyiapkan 100rb lah untuk masuk kawasan wisata Gunung Papadayan.

Berbicara Papadayan sudah ia mari kita lihat eksotisnya Garut yang lain, bila dirasa mendaki gunung papadayang buat kamu mahal mungkin informasi berikut ini dapat membantu menjadi alternatif pendakian kamu saat di garut, deretan gunung di Garut lumayan banyak jadi daftar gunung di Garut di bawah ini mungkin berguna:

Loading...
  • Gunung Papadayan
  • Gunung Cikuray
  • Gunung Guntur
  • Gunung Telaga Bodas
  • Gunung Calancang
  • Gunung Kendang
  • Gunung Cakrabuana

Dari daftar gunung diatas mari kita ulas sedikit saja ia jangan banyak-banyak capek nulisnya 😀 , dimulau dari gunung yang terpopuler di Jawa Barat:

  • Gunung Papadayan

Gunung Papadayan memang menawarkan pemandangan yang luar biasa dimana kamu hanya tracking kurang lebih 10  menit sudah disuguhkan kawah belarang yang cukup memanjakan mata apalagi sekarang sudah di bangun kolam juga muantap pokonya.

  • Gunung Cikuray

    Via : @cikurayid

Gunung cikuray terkenal dengan sunrisenya yang mana dikala pagi awan merona menujukkan keelokkanya dibawah puncak gunung cikuray, mengalir deburan ombak awan sepanjang mata memandang kota Garut dari puncak gunung cikuray. Jalur pendakian gunung cikuray cukup banyak yang paling populer dan sering digunakan adalah jalur pemancar. Gunung ini bisa jadi alternatif jika dirasa papadayan mahal ia sob

  • Gunung Guntur

Salah satu gunung yang wajib kamu daki di garut adalah Gunung Guntur ini, berbeda dengan gunung yang dibahas diatas yang menawarkan panorma yang keren beda dengan guntur, guntur terkenal dengan jalur pendakian yang cukup terjal walau tidak seterjal cikuray namun disini jarang pohon ia sob jadi ini adalah ujian kamu saat mendaki guntur namun bila sampai di area camp atau puncak lihalah betapa nikmatnya ciptaan Tuhan YME.

  • Gunung Telaga Bodas
Foto:Pesonagarut.com

Gunung Telaga Bodas ini lebih ke wisata alam ia guys bukan untuk di daki kayak seperti tangkupan perahu, kawah putih gitu -gitu jadi kamu akan disuguhkan panorama alam berupa kawah belerang. Lokasi Telaga Bodas sendiri berada di Desa Sukamenak, Kec.Wanaraja sisi selatan Garut dapat ditempuh dari pusat kota kurang lebih memakan waktu 35 menit yang berjarak 20Km. Untuk kamu yang ingin berwisata kesini kamu harus membayar tiket masuk sebesar 9k sedangkan untuk parkir dikenakan biaya 5k

  • Gunung Calancang

    Image:teluklove.com

Gunung Calancang belum begitu terdengar oleh sebagian orang luar garut karena mungkin gunung satu ini tidak menawarkan hal yang menarik kali ia atau karena belum tahu saja 😀 , gunung calancang memiliki ketinggian 1.667 Mdpl dimana masuk kawasan administrasi garut dan subang. Berniat untuk mencoba mendadaki gunung calancang?

  • Gunung Kendang
Foto:Yudi Saputra

Gunung kendang masuk kawasan Bandung yaitu kec.Kertasari namun sebagian juga masuk kawasan garut yaitu di kec.Pasirwangi namun kebanykan pendaki lewat Kertasari ia sob lama pendakian kurang lebih 5 jam dengan ketinggian 2.608 Mdpl, hal yang paling memikat di gunung kendang adalah adanya spot camp yang cukup luas jalur track yang memukau melaewati perkebunan teh pokoknya ajib.

  • Gunung Cakrabuana
Foto:Nur Ahmad Yusur

Gunung Cakrabuana masuk dalam adminitrasi 4 Kabupaten yaitu Tasik, Sumedang, Majalengka dan Garut. Ketinggian gunung cakrabuana 1721 Mdpl dengan jalur pendakian via Malangbong.

Demikian deretan gunung di garut yang dapat kita informasikan semoga informasi sedikit ini dapat membantu buat kamu para pendaki yang ingin merasakan view Garut dari atas awan. Jangan lupa ia jika membawa bekal ingat sampahnya bawa turun buang sampah pada tepatnya mari jaga bumi ini tetap hijau dan lestari. Menjaga ekosistem alam mulai dari diri kita hal kecil dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Please rate this