Estimasi Biaya Mendaki Gunung Leuser Aceh

oleh
Image:misteri.co.id

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Leuser Aceh – Bagi kamu suka dengan aktivitas pendakian gunung, tentu tak asing lagi dengan salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini. Gunung Leuser Aceh adalah gunung tertinggi yang ada di Provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Wisata pendakian ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Lauser Aceh yang mana berada di dua provinsi yang berbeda yaitu Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: Fakta dan Misteri Gunung Leuser Aceh

Jika diperhatikan tentu gunung ini memiliki jalur pendakian dengan sensasi berbeda. Ketinggian gunung yang menjulang, sekaligus berada di dua provinsi yang berbeda dengan keindahan yang begitu memukau. Tentu banyak pendaki yang ingin menjajakan kakinya di sini. Untuk kamu yang ingin mendaki ke Gunung Leuser Aceh. maka berikut estimasi biaya mendaki Gunung Leuser Aceh secara lengkap, detail dan terperinci..

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Lauser Aceh

Gunung Lauser sendiri memiliki ketinggian sekitar 3.404m di atas permukaan laut. Jika dihitung luas kawasan gunung beserta Taman Nasional Gunung Leuser sendiri mencapai 1.094.692 Hektar. Secara administratif gunung ini membentang di daerah Kabupaten Aceh Selatan, Aceh bagian tenggara, Aceh Selatan, Gayo Lues,Singgil, Aceh Tamiang. Untuk Provinsi Sumatera Utara gunung ini membentang di antara daerah Kabupaten Karo, Dairi, dan Langkat.

Jika kamu berniat mendaki ke sana, maka ada beberapa rute yang bisa kamu pilih. Namun umumnya pendaki banyak yang memilih rute utara yang diawali dari Desa Kedah. Rute ini merupakan yang paling umum dipilih karena memiliki akses yang lebih mudah dan cepat. Untuk mencapai puncak Leuser pun membutuhkan paling tidak sekitar 7 hari (waktu norma). Jadi tidak hanya kondisi yang harus dipersiapkan, melainkan segala keperluan pun juga harus disiapkan secara baik.

Jika melakukan pendakian di Gunung Lauser Aceh, pendaki juga harus melakukan izin terlebih dahulu. Selain itu setiap pendaki juga disarankan untuk memakai Guide dengan alasan keamanan serta keselamatan yang lebih terjamin. Namun untuk mempermudah pendakian ke Gunung Leuser Aceh, maka kamu bisa menggunakan fasilitas wisata dengan estimasi biaya yang lebih rendah dan tentunya semua kebutuhan pun juga akan terpenuhi secara lebih baik.

Biaya Mendaki Ke Gunung Lauser Aceh

Jika ingin melakukan pendakian Gunung Lauser setidaknya kamu harus mempersiapkan kebutuhan, misalnya saja seperti biaya untuk pergi ke sana. Untuk biaya mendaki Gunung Lauser Aceh akan lebih murah jika kamu melakukannya secara kelompok. Biasanya untuk satu group atau kelompok akan terdiri dari 4 – 5 orang. Untuk biayanya sendiri sekitar Rp 4 juta – 5 juta per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk keperluan penginapan selama pendakian, kebutuhan makan sesuai yang telah ditentukan, pemandu, peralatan pendakian, izin mendaki, Guide dan juga transportasi. Dengan biaya tersebut maka kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap. Selain itu kamu pun juga tak perlu kebingungan selama proses pendakian yang memakan waktu yang lama. Karena akan ada Guide yang membantu proses pendakian hingga ke Puncak Leuser.

Tunggu apa lagi, untuk kamu yang suka melakukan aktivitas pendakian kini saatnya untuk menjajakan kakimu di puncak tertinggi Nanggro Aceh Darussalam. Namun untuk mempermudah aktivitas yang kamu lakukan selama pendakian, maka siapkan segala kebutuhan dan juga perlengkapan selama di sana.

Tidak sebentar untuk bisa mencapai Puncak Lauser, sehingga kamu harus benar-benar merencanakan secara lebih matang dan detail. Dengan estimasi biaya mendaki Gunung leuser Aceh di atas setidaknya bisa kamu gunakan untuk pendakian yang lebih mudah. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mendaki ke Puncak Gunung Leuser di Aceh ini.

Please rate this