Gunung Perkison, Jalur Pendakian dan Akses Lengkap Disini

oleh
Puncak Gunung Perkison, By @sutrisnositorus_

Apakah kamu adalah seseorang yang senang berpetualang di alam dan berjiwa pemberani. Khususnya bagi kamu yang senang mendaki gunung. Ada satu rekomendasi gunung untuk kamu nih. Yakni Gunung Perkison. Gunung yang satu ini memang dikenal dengan level sulitnya untuk didaki. Ingin tau lebih jelas. Langsung saja kamu baca artikel ini.

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Leuser Aceh

Letak Geografis Gunung Perkison

View Gunung Perkison, Image: @satrio_am

Letak geografis dari gunung setinggi 2.828 Mdpl ini ialah di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Jarak Gunung dari pusat Ibu kota kabupaten Aceh tenggara yakni Kota Kutacane ialah kurang lebih sekitar 30 km ke arah barat laut. Pendakian ini dimulai dari desa terakhir yang bisa diakses kendaraan yakni Desa Lawe Harum.
Dalam mendaki gunung yang dinyatakan tidak aktif ini haruslah kamu memiliki keberanian dan nyali yang sangat besar. Hal ini dikarenakan jalur pendakiannya yang menantang serta gunung ini memiliki hutan yang sangat lebat. Jadi jika kamu memang sosok yang pemberani, gunung ini akan sangat cocok dengan kamu. Di dalam perjalanan pendakian gunung ini juga pasti dengan mudah kamu menemui beberapa hewan. Seperti tupai, hewan permata, hornbills, dan jenis hewan lainnya. Selain menemukan berbagai macam hewan, kamu juga pastinya akan menemukan berbagai jenis tumbuhan. Diantaranya seperti Bunga Raflesia, dan lain-lain.
Keunikan lainnya ialah ketika kamu telah sampai di puncak gunung yang satu ini, kamu akan dapat merasakan dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Diantaranya yakni Kamu bisa melihat pemandangan Sungai Alas dan Kutacane serta kalau cuaca sedang bagus kamu juga bisa loh melihat pemandangan Bukit Barisan dan Gunung Bendahara. Di puncak gunung ini juga kamu bisa melihat sebuah tugu yang berdiri kokoh di atas puncak gunung, namanya yakni Tugu Trangulasi.

Jalur Pendakian Gunung Perkison

Image: @@sutrisnositorus_

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa pendakian gunung ini sangatlah sulit. Apbila kamu memang memiliki jiwa yang sangat pemberani berikut ini dijelaskan mengenai jalur pendakiannya. Tentu informasi seperti ini sangatlah baik untuk bekal kamu ketika mendaki nanti.

Jalur pendakian yang dimiliki gunung yang dikenal juga dengan nama Gunung Phokisen ini hanya memiliki satu jalur pendakian, yakni melalui Desa Lawe Harum. Informasi penting untuk kamu yang tertarik mendaki gunung ini ialah, trekingnya sangatlah sulit dan berat karena berupa hutan liar dan hutan lumut. Jadi kamu harus memiliki cara agar kamu bisa melewati hutan liar dan hutan lumutnya ini.

Perjalanan pendakian ini dimulai dari melewati Desa Lawe Harum yang mana letak desa ini tak jauh dari Tanah Merah. Setelah itu kamu akan melewati bukit hutan. Setelah mencapai ketinggian 1.200 Mdpl kamu akan menemui bunga raflesia yang tumbuh di sepanjang jalur pendakian. Setelah itu, kamu harus melewati hutan lumut yang mana disana tumbuh subur magpie robin. Setelah kamu sampai tahap itu, maka puncak gunung ini sudahlah dekat.

Akses Dari Kota Terdekat
Mengenai akses ke kota terdekat memang tidak bisa dikatakan mudah. akan tetapi sudah ada transportasi umum yang akan mengantarkan kamu ke kota terdekat. Perdana untuk kamu yang diluar dari daerah Aceh kamu bisa dengan naik pesawat menuju Bandara Banda Aceh. setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan pesawat dari Bandara Banda Aceh ke Bandara Kutacane ataupun Bandara Alas Leuseur. Akan tetapi untuk saat ini untuk jadwal penerbangan dari Banda Aceh Ke KutaCane hanya satu kali dalam seminggu yakni pada hari Rabu pukul 10.00. Dari bandara kutacane ataupun Alas leuseur kalin perlu menggunakan tramsportasi umum unutuk mencapai ke Desa Lawe Harum.

Tempat Wisata Di Sekitar Area Gunung
Tempat pariwisata di sekitar gunung ini sangatlah banyak diantaranya yakni Air Terjun Gulo, Ketembe, Masjid Agung At-Taqwa, Bukit Cinta, Arung Jeram Agara, Pantai Goyang, Pantai Timur, Benteng Tugu Kuta Reh, Air Terjun Lawe Dua, Air Panas Lawe Gerger, Lawe Gurah, Situs Rumah Adat, Gua Semung, Waterpark di Kutacane, dan Lapangan Ahmad Yani.

Air Terjun Gelo berlokasi di Kute Gulo, Darul Hasanah. Air terjun ini merupakan pemandian alam lokal yang dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Tempat wisata yang kedua yakni Ketambe. For your information, Ketambe merupakan salah satu tujuan wisata Internasional di Indonesia. Pemandangan alam liar yang disajikan Ketambe ini menjadi daya pikat para wisatawan untuk berkunjung kesana. Tempat wisata yang ketiga yakni Bukit Cinta. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang mencari suasana camping di alam bebas.

Bukit cinta ini terletak di Desa Mbarung, Kabupaten Aceh Tenggara.
Tempat wisata yang keempat yakni Arung Jeram Araga. Bagi kamu yang memang menyukai olahraga air yakni arung jeram. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok. Karena mereka menyediakan secara rutin kejuaran arum jeram yang berlokasi di Sungai Alas. Sungai Alas ini alirannya mengalir dari beberapa kabupaten di Aceh hingga menuju ujung Samudera Hindia. Tempat wisata selanjutnya yaitu Pantai Goyang. Akan tetapi tempat ini bukan pantai bahari Aceh. Pantai Goyang ini merupakan salah satu taman wisata di Agara yang digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Sekian mengenai Gunung Perkison Kali ini. Kesimpulannya ialah Gunung Ini memiliki level pendakian yang sangat sulit. Bagi kamu yang tertarik kesini haruslah menyiapkan segala hal untuk mengantisipasi kejadian buruk yang bisa saja terjadi.

Please rate this