Gunung Sago, Lukisan Alam Nan Indah Di Sumbar

oleh
Lanscape puncak gunung sago, via @kakisago

Gunung Sago merupakan salah satu gunung yang kini populer di telinga para pendaki. Jika Anda merupakan salah satu orang yang menyukai kegiatan memanjat gunung, pasti pernah mendengar tentang gunung ini. Gunung Sago terletak di daerah Sumatera Barat dan memiliki keindahan yang sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu saja, ada banyak tempat-tempat menarik di sekitar Gunung Sago.

Baca Juga: Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi Se-Asia Tenggara Yang Mempesona

Keindahan Gunung Sago yang Tak Tertandingi
Ada banyak alasan orang untuk mendaki suatu gunung, salah satunya adalah untuk menikmati keindahan alam dari gunung tersebut. Jika Anda merupakan orang yang sangat menyukai keindahan alam khas pegunungan dan lingkungan yang masih asri serta lengkap dengan udara yang sejuk, maka Anda perlu mencoba untuk mendaki Gunung Sago.

Gunung Sago sudah terkenal akan keindahan yang dimilikinya. Keindahan dari gunung ini terkenal karena masih sangat asri dan jalur pendakian yang cukup mudah untuk dilalui para pendaki. Tak hanya itu saja, tempat-tempat di sekitar Gunung Sago pun memiliki keindahan yang tak kalah luar biasa. Dengan memiliki pemandangan yang hijau dari kaki gunung hingga ke bagian puncak gunung, ditambah dengan udara yang masih sangat sejuk, tentunya membuat siapapun yang mendakinya akan merasa ketagihan ingin merasakan kembali serunya mendaki Gunung Sago ini.

Baca Juga: 12 Taman Nasional di Pulau Sumatera Yang Perlu Kamu Tahu

Lokasi Gunung Sago
Gunung Sago merupakan salah satu gunung cantik yang terletak di Sumatera Barat, tepatnya di daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk bisa sampai ke gunung ini, tentunya Anda perlu sampai terlebih ke Provinsi Sumatera Barat. Kemudian, untuk mencapai Kabupaten Lima Puluh Kota, Anda bisa menggunakan kendaraan umum yang kini banyak tersedia disana.

Lokasi Gunung Sago cukup mudah untuk dicapai sehingga tak heran jika banyak orang yang pergi untuk mendaki gunung ini. Jangan khawatir jika Anda merupakan orang yang baru saja mengunjungi Sumatera Barat karena Anda bisa bertanya kepada warga sekitar untuk akses menuju gunung yang cantik ini. Dijamin Anda akan merasakan kesenangan setelah mengunjungi gunung ini. Keindahan Gunung Sago sudah tak perlu untuk diragukan lagi.

Foto: @jeck_a45

Jalur Pendakian Gunung Sago
Untuk bisa mendaki Gunung Sago, Anda bisa menggunakan beberapa jalur, salah satunya adalah dengan menggunakan jalur Sikabu Kabu yang paling sering digunakan oleh para pendaki. Jalur ini selalu dipilih untuk menjadi jalur pendakian menuju Gunung Sago karena aksesnya yang mudah dan jalur pendakian yang mudah serta nyaman untuk dilalui.

Cara mendaki Gunung Sago lewat jalur Sikabu Kabu :
1. Pergi Ke Arah Selatan Kota Payakumbuh
Untuk bisa mendaki Gunung Sago lewat jalur Sikabu Kabu, terlebih dahulu Anda harus menuju ke arah Selatan dari Kota Payakumbuh, yaitu Nagari Sikabu Kabu, Padang Panjang, dan Tanjuang Haro. Kemudian, Anda bisa menemukan pos pendakian pada Panorama Kayu Kolek di Sikabu Kabu. Untuk menuju pos tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau kendaraan roda 4 dengan jarak tempuh dari kota ke pusat untuk melapor adalah 20 menit.

2. Lanjutkan Perjalanan Dari Pos Kayu Kolek
Setelah Anda melakukan perjalanan selama 20 menit, Anda akan tiba pada pos pendakian yang bernama Pos Kayu Kolek. Anda bisa menemukan sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi stok air agar tidak dehidrasi selama perjalanan mendaki Gunung Sago.

3. Lanjutkan ke Shelter Lain
Setelah berjalan dari Pos Kayu Kolek, lanjutkan perjalanan untuk menuju ke shelter Galanggang Antu. Untuk menuju pos ini, Anda akan menemui jalur yang agak landai sehingga diharapkan untuk selalu berhati-hari. Untuk mencapai shelter Galanggang Antu, hanya diperlukan waktu 2 jam perjalanan. Shelter ini cukup untuk dimanfaatkan para pendaki untuk mendirikan tenda. Namun, tidak terdapat sumber air di shelter ini.

Kemudian, jika Anda melanjutkan perjalanan dari shelter tadi, Anda akan menemukan shelter selanjutnya yang hanya berjarak 1,5 jam. Pada shelter ini baru akan ditemui sumber air yang bisa Anda manfaatkan. Harap untuk berhati-hati karena daerah sekitar sumber air ini licin dan agak curam. Untuk para pendaki, diharapkan mengisi air disini karena ketika di puncak nanti tidak akan menemui sumber air.

4. Menuju Puncak Robuang
Kemudian, lanjutkan perjalanan untuk menuju Puncak Robuang yang memiliki jarak tempuh 2 jam perjalanan. Untuk menujunya, Anda akan memasuki hutan-hutan yang didalamnya banyak terdapat lumut dan tidak terdapat sumber air. Disini, Anda bisa mendirikan sekitar tenda. Keindahan alam dari atas puncak gunung ini sangat cantik dan menakjubkan. Terlebih jika Anda tiba pada waktu sunrise maupun sunset. Udara yang masih sangat sejuk menjadi ciri khas yang bisa Anda nikmati disini.

Foto: @kakisago

Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Gunung Sago
Gunung Sago merupakan gunung yang sangat terkenal di Sumatera Barat. Ada banyak sekali alasan untuk Anda melakukan pendakian ke Gunung Sago. Lokasi gunung yang mudah untuk diakses dan anya membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam dari Kota Padang, membuat gunung ini selalu dipilih oleh orang-orang yang berada di sekitar Sumatera Barat untuk melakukan pendakian.

Tak hanya lokasinya yang mudah untuk diakses saja, keindahan dari gunung ini pun sudah sangat terkenal. Dengan panorama alam yang cantik, hijau, dan sejuk tentunya menjadi daya tarik yang luar biasa untuk gunung ini. Selain itu, di puncak Gunung Sago terdapat danau yang disebut dengan Danau Tingga. Danau ini sangat khas karena terletak di puncak gunung dan memiliki warna hijau yang cantik serta aroma khas belerang. Anda akan merasa ketagihan untuk mendaki Gunung Sago setelah mengetahui keindahan yang dimilikinya.

Please rate this