Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi Se-Asia Tenggara Yang Mempesona

oleh
Foto:: @yudakharsana

Gunung.id, Jambi – Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau di Indonesia yang memiliki letak yang fastasttis berada di atas 1000 Mdpl seperti danau lain di gunung-gunung Indonesia misalnya Danau Segara Anak, Ranu Kumbolo, Telaga Sarangan, Telaga Ngebel dll. Keberadaan danau gunung tujuh tepatnya berada di Desa Pelopek, Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi dengan luas area 12.000m2 kedalaman 40 m.

Baca Juga: Mengungkap Misteri Gunung Kerinci Yang Populer di Masyarakat Lokal

Para Pengunjung Lagi Asik Berfoto di Bibir Danau Gunung Tujuh Foto:@nova_nurma_r

Danau gunung tujuh juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki khususnya jika melakukan pendakian gunung kerinci pasalnya lokasi gunung kerinci dan danau gunung tujuh sendiri masih dalam satu kawasan di Taman Nasional Kerinci Seblat. Ketinggian danau gunung tujuh tepatnya berada di 1950 Mdpl dimana kamu bisa mencapai lokasi danau ini dengan melakukan trekking selama kurang lebih 2-3 jam perjalanan baru bisa menikmati indahnya danau tertinggi di Asia Tenggara ini.

Bagaiman cara menuju atau akses ke danau gunung tujuh dari pusat Kota Jambi? untuk menuju wisata andalan Provinsi Jambi ini kamu bisa menuju ke Sungai Penuh menggunakan armada bus (Family Raya, Safa Marwa, Cahaya Kerinci, Ayu Transport dll) atau menggunakan travel dengan ongkos jika naik bus kurang lebih 70k-80 dan untuk travel 100k -120k. Untuk traveler yang di luar pulau Sumatera jika hendak ingin berwisata atau melakukan pendakian ke danau gunung tujuh paling mudah dengan menggunakan transportasi pesawat terbang misalnya bisa kamu dari Jakarta, Bandung, Surbaya bahkan Makasar bisa turun di Jambi atau Padang kemudian bisa lihat rute transpotasi di bawah ini:

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Dempo

1. Jambi – Bangko – Sungai Penuh (465 Km)
2. Padang – Painan – Tapan – Sungai Panuh (277 Km)
3. Padang -Muara Labuh -Sungai Penuh (249km)
4. Palembang – Jambi – Bangko – Sungai Penuh (726 Km)
5. Bengkulu – Tapan – Sungai Penuh (879 Km)

Dari rute dan transportasi diatas belum sepenuhnya kamu sampai di titik awal pendakian danau gunung tujuh karena kamu harus melanjutkan perjalanan lagi dari sungai penuh menuju Desa Kersik Tuo dengan estimasi waktu kurang lebih 90 menit perjalanan. Setelah kamu sampai di Desa Kersik tua baru kamu melakukan pendakian menuju danau gunung tujuh dengan menggunakan jalur yang landa atau yang curam karena ada dua alternatif jalur enak (Pos TNKS) dan jalur kurang enak jalur enak (wisma gunung tujuh) memakan waktu lebih lama jalur tak enak bisa mempersingkat waktu pendakian, tinggala pilih mau yang mana.

Perlu kamu tahu sobat Gunung bahwasanya danau ini kenapa di namakan danau gunung tujuh karena lokasi danau ini di kelilingi 7 gunung yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Leuser Aceh

Danau gunung tujuh juga merupakan danau yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Masyarakat setempat juga mengkeramatkan keberadaan danau ini dimana dari warga lokal bahwasanya danau ini merupkan tempat berkumpulnya para Dewa zaman dahulu.

Please rate this