Mengungkap Misteri Gunung Kerinci Yang Populer di Masyarakat Lokal

oleh

Selain menjadi gunung tertinggi nomor 2 di Indonesia, Gunung Kerinci juga dikenal karena berbagai misteri yang menyelimutinya. Penasaran? Berikut ini Misteri Gunung Kerinci yang akan memuaskan rasa ingin tahu Anda!

Misteri Uhang Pandak

Loading...

Gunung yang berlokasi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini konon ditinggali oleh makhluk berubuh pendek yang disebut dengan nama Uhang Pandak. Dalam Bahasa Indonesia, nama tersebut berarti Orang Pendek.

Bahkan, sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang tinggal di kawasan hutan TNKS yang percaya bahwa Uhang Pandak masih bertempat tinggal di gunung ini. Namun, setiap kali ada yang melihat makhluk ini dan ingin mengabadikannya seperti di dalam foto, sosok yang diyakini sebagai Uhang Pandak ini selalu langsung menghilang begitu saja.

Dan bukan orang Indonesia saja yang ingin membuktikan apakah keberadaan Uhang Pandak nyata atau tidak. Sebab ada beberapa ilmuwan dari luar negeri yang juga ingin mencoba membuktikan kebenaran dari salah satu Misteri Gunung Kerinci ini. Salah satunya adalah Debby Martyr yang sudah melakukan penelitiannya sejak 1994.

Konon, Uhang Pandak memiliki kaki yang menyerupai kera, tinggi badannya sekitar 80 cm, tangan panjang, tubuh gemuk, mata merah menyala, dan bulu berwarna abu-abu yang menutupi tubuhnya. Dan ketika sedang makan, makhluk ini makan dengan cara berbaring lalu mencabik-cabik mangsanya menggunakan kakinya.

Misteri Naga Raksasa

Keberadaan naga raksasa di Gunung Kerinci telah jadi misteri yang sangat melegenda. Konon, hal ini berkaitan dengan bagaimana danau serta sungai di kawasan gunung ini terbentuk. Yaitu tentang kisah sepasang saudara kembar yatim piatu yang bernama Calungga dan Calupat.

Suatu hari, saat Calungga masuk ke dalam hutan untuk berburu, ia mendapati sebuah telur raksasa. Sebelum ia sempat menunjukkannya kepada Calupat, Calungga sudah memakan telur tersebut lebih dulu. Kemudian, lama-kelamaan tubuh Calungga menjadi makin panjang dan ada sisik-sisik emas yang muncul. Transformasi tersebut juga memicu terbentuknya sebuah danau yang menjadi Danau Bento, karena pusaran yang timbul ketika tubuh Calungga yang memanjang. Kemudian, sang naga menyemburkan api yang menjadi Sungai Batang Merangin atau Sungai Muara Angin.

Misteri Rumah Sakit Kolonial Belanda

Rumah sakit ini berlokasi di kawasan kebuh teh Kayu Aro. Atau, tepatnya berada di area Sungai Penuh. Kesan seram yang kuat dari rumah sakit ini juga membuatnya dinominasikan sebagai rumah sakit terangker di Indonesia. Hal tersebut bisa dimaklumi, apalagi jika mengingat bahwa usia bangunan ini sudah berabad-abad. Dan karena itulah lokasi ini juga sudah dikenal sebagai salah satu lokasi favorit untuk acara uji nyalai beberapa stasiun televisi terkenal di tanah air. Konon, di lorong-lorong rumah sakit sering nampak sosok atau bayangan hantu dokter, perawat, serta pasien dengan wajah yang mengerikan.

Misteri Larangan Jam 12

Larangan ini adalah sebuah himbauan kepada para pendaki untuk tidak main air, mandi, dan minum air yang berasal dari danau serta sungai di kawasan Gunung Kerinci pada pukul 12 siang. Mitos ini konon berhubungan dengan keberadaan orang bunian yang menghuni gunung tersebut. Sebab, berdasarkan kepercayaan masyarakat yang tinggal di kawasan Gunung Kerinci, pada jam-jam tersebut, penunggu yang juga tinggal di sana sedang menggunakan airnya.

Nah, itulah beberapa Misteri Gunung Kerinci yang sudah banyak dikenal oleh para masyarakat yang tinggal di sekitaran gunung tersebut serta para pendaki.

Please rate this