Fakta dan Misteri Gunung Leuser Aceh

oleh

Gunung Leuser merupakan salah satu gunung tertinggi di Aceh dan merupakan salah satu gunung yang dijadikan Cagar Biosfer oleh UNESCO pada tahun 1981, selain itu terdapat misteri Gunung Leuser yang sudah sering terjadi. Gunung Leuser pun menjadi situs warisan dunia pada tahun 2004, karena itulah Gunung Leuser menjadi salah satu penentu iklim dan mempengaruhi kehidupan di sekitarnya, sehingga sangat penting untuk kita menjaga kelestariannya.

Baca Juga: 12 Taman Nasional di Pulau Sumatera Yang Perlu Kamu Tahu

Namun seperti gunung – gunung lainnya di Indonesia, tempat ini menyimpan berbagai fakta dan misteri Gunung Leuser yaitu:

  1. Lokasi

Gunung ini terletak di tentu saja di Aceh dan ketinggian 3404 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia, TNGL ini berdiri megah seluas 1094.692 hektar dan terletak di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatra Utara. Mungkin butuh bertahun – tahun jika anda ingin menelusurinya.

  1. Kera Raksasa di Dinding Selatan Leuser

Terdapat banyak laporan yang mengatakan bahwa di sana terdapat spesies kera. Kera ini mungkin tidak menyerang manusia, namun tetap saja harus waspada bagi para pendaki dan pengunjung jika bertemu kera ini.

  1. Makhluk Aneh di Leuser

Sering terdapat laporan munculnya makhluk aneh di Gunung Leuser, dan beberapa dari mereka mengatakan jika makhluk tersebut merupakan suku – suku pedalaman yang terisolir. Gunung Leuser ini juga dianggap sebagai rumah orang Bunian.

  1. Tanaman Kanibal di Gunung Leuser

Selain dengan hewan dan makhluk yang aneh, di Gunung Leuser ini juga terdapat tanaman kanibal, meskipun tanaman ini memakan daging serangga, namun tetap saja anda harus berhati – hati.

  1. Satwa Pulusan yang Mistis

Binatang yang bernama Pulusan Gunung ini memang aneh. Seperti musang yang memanjang tubuhnya, gerakannya cepat dan sulit terdeteksi kamera trap, memiliki nama ilmiah Mustela Lutreolina.

  1. Suku Mante, Suku Bante, dan Orang Kerdil

Selain orang bunian, Gunung Leuser juga dihuni oleh suku kerdil misterius yang bernama Suku Mante atau Suku Bante. Mereka memiliki tubuh yang kerdil seperti orang bunian. Para pendaki dan pegawai TNGL juga pernah melaporkan bertemu dengan suku ini.

  1. Harimau Leuser

Spesies harimau dari Gunung Leuser ini memang sudah sangat langka dan tentu saja dilindungi uleh pihak TNGL, namun keberadaannya masih sering menakuti para pendaki Gunung Leuser.

  1. Letusan Gunung Leuser

4 abad yang lalu, Gunung Leuser pernah meletus dan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1991 lalu. Namun jangan khawatir karena hingga sekarang tidak ada lagi kabar dan aktivitas vulkanik di tepian dan ujung gunung ini.

  1. Hewan dan Tumbuhan – Tumbuhan Langka di Gunung Leuser

Banyak sekali hewan – hewan langka yang terdapat di Gunung Leuser, misalkan saja seperti Harimau Sumatera, Kera Raksasa, dan Pulusan Gunung. Selain hewan – hewan langka tersebut, banyak juga tumbuhan langka yang tumbuh di Gunung ini seperti Bunga Rafflesia dan tumbuhan kanibal seperti yang sudah dijelaskan diatas, di Gunung Leuser ini terdapat lintah merah atau sering juga disebut lintah gajah, karena itulah perlu ekstra hati – hati jika anda ingin mengunjungi Gunung Leuser

  1. Mendapat Perhatian UNESCO

Tentu saja gunung ini harus mendapat perhatian dunia, karena cagar biosfer Gunung Leuser ini merupakan salah satu hutan yang mempengaruhi iklim di dunia dan kita patut berbangga karena hal ini.

Itulah beberapa fakta dan misteri Gunung Leuser ini. Anda harus berbangga dengan situs warisan dunia ini, karena itulah jangan sampai anda merusak alam indah gunung leuser ini. Meskipun banyak misteri Gunung Leuser yang tersebar, namun Gunung ini sangat pantas dan patut anda kunjungi bagi anda para penjelajah.

Please rate this