Misteri Gunung Dempo Yang Belum Terungkap Jawabanya

oleh

Misteri Gunung Dempo – Bagi Anda yang gemar mendaki gunung, pasti Gunung Dempo adalah hal yang pertama terlintas di kepala Anda begitu mendengar “Sumatera Selatan”. Apalagi, kawasan Gunung Dempo memang memiliki pemandangan yang cantik.

Mulai dari kebun the yang menghampar, udara sejuk dan segar, dan air terjun yang dapat ditemukan dengan mudah menjadikan Kota Pagaralam tempat Gunung Dempo berada sebagai salah satu tujuan favorit untuk berwisata di Sumatera Selatan. Tapi, selain keindangan alam Gunung Dempo, rupanya ada alasan lain yang membuat kawasan ini terkenal, yaitu Misteri Gunung Dempo.

Baca Juga: Berikut Daftar Gunung Berapi di Pulau Sumatera Yang Perlu Kamu Tahu

Misteri Kayu Pohon Panjang Umur

Pohon Kayu Panjang Umur merupakan salah satu keunikan alam yang terkenal di kawasan gunung ini, menjadikannya salah satu Misteri Gunung Dempo yang memancing rasa ingin tahu banyak orang. Tanaman ini ditanam dengan rapid an tertata, dan jarak masing-masing pohon adalah 2 meter. Sebab, jika jarak antar pohon kurang dari itu, tanaman ini akan mati sendiri.

Buah dari pohon ini hanya bisa ditemukan jika Anda mendaki Gunung Dempo. Akan tetapi, sayangnya populasi kayu panjang umur sudah makin berkurang. Alasannya adalah karena seringnya para pendaki mengambil tanaman ini.

Tapi, pohon ini bukanlah satu-satunya tanaman unik yang bisa Anda temukan di kawasan Gunung Dempo. Sebab, ada yang disebut dengan nama Kayu Api, meskipun warnanya hijau. Akan tetapi, namanya berasal dari kegunaan kayu ini untuk menghasilkan api cukup dengan menggesekkan kayunya. Bahkan, Anda hanya bisa memasak air sampai dengan matang jika menggunakan Kayu Api, bukannya dengan kompor gas maupun kompor minyak.

Misteri Siluman Harimau

Salah satu Misteri Gunung Dempo ini berkaitan dengan makhluk yang dipercaya sebagai penjaga Gunung Dempo. Keberadaannya sendiri tidak akan mengganggu Anda selama Anda juga tidak mengganggunya. Sedangkan wujudnya sering dideskripsikan sama seperti wujud manusia biasa. Meski demikian, sering kali ada juga yang melihat sosok penunggu Gunung Dempo ini dalam wujud harimau.

Misteri Emas Murni di Gunung Dempo

Misteri ini berkaitan dengan penemuan artefak kuno dari zaman purba yang ditemukan di kawasan Gunung Dempo. Apalagi, penemuannya terjadi secara besar-besaran. Selain Pagaralam, kawasan Lahat juga diketahui sebagai lokasi tempat ditemukannya banyak situs purbakala. Karena itu, bisa jadi akan ada semakin banyak benda-benda berharga dari zaman purba yang akan ditemukan di kawasan Gunung Dempo.

Misteri Keajaiban Adzan

Salah satu misteri terkenal di kawasan Gunung Dempo ini adalah keajaiban adzan yang dialami bukan hanya oleh satu atau dua orang saja, tapi banyak. Sebab, sudah terjadi berkali-kali bahwa jika seseorang mengumandangkan adzan ketika mendaki ketika kabut tebal turun, maka kabut itu akan menyingkir. Hal ini tentu belum diketahui jawabannya sampai sekarang. Namun, sampai saat ini, banyak pendaki yang mengumandangkan adzan begitu kabut turun dan menghambat pendakian mereka.

Misteri Suku Pemberani Gunung Dempo

Suku pemberani ini merupakan Suku Besemah, atau Besemah Libagh, atau Besemah Sekali Nuduh. Selain di kawasan Sumatera Selatan, suku bangsa ini juga tersebar di Bengkulu, Lampung, serta Jambi. Suku Basemah atau yang juga sering dikenal dengan nama Pasemah ini juga terkenal sebagai suku bangsa penjelajah. Tapi, nama Pasemah sendiri merupakan sebuah salah kaprah dan disebabkan oleh pengucapan bangsa Belanda dan Inggris yang pada masa colonial dulu menduduki kawasan ini.

Itulah beberapa misteri menarik yang terkenal di kawasan Gunung Dempo. Semoga justru semakin menarik minat Anda untuk datang dan berkunjung ke daerah ini.

Please rate this