Misteri Gunung Latimojong,Hantu Poppo, dan Jatuhnya Pesawat Aviastar

oleh

Gunung Latimojong ialah salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Enrekang, tepatnya di Sulawesi Selatan. Pasalnya gunung ini terletak di tengah-tengah provinsi Sulawesi Selatan. Gunung Latimojong adalah gunung tertinggi yang ada di Sulawesi Selatan dan mempunyai ketinggian mencapai 3.478 mdpl. Mungkin Anda penasaran dengan misteri Gunung Latimojong, karena ada banyak orang yang menganggap bahwa gunung ini termasuk salah satu gunung yang banyak “penghuni”-nya.

Misteri Jatuhnya Pesawat Aviastar di Gunung Latimojong

Loading...

Salah satu misteri Gunung Latimojong adalah saat jatuhnya pesawat aviastar di gunung ini. Gunung Latimojong menjadi popular sejak berita ditemukannya sebuah pesawat aviastar yang terjatuh dan sempat mengalami hilang kontak. Pada saat itu, telah ditemukan bangkai pesawat oleh pihak Basarnas tepat di tengah hutan yang lebat memasuki Dusun Gamaru, di Kabupaten Luwu.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Sulawesi

Misteri Bukit  dan Keindahan Gunung Lamojong

Berbicara tentang misteri Gunung Lamojong, tentu tidak terlepas dari keberadaan bukit seks. Bukit Kabobong menurut bahasa daerah Enrekang sendiri ialah Buttu Kabobong, yang artinya Gunung V. Sebenarnya gunung ini hanya sebagian kecil yang memilliki bentuk menawan dan unik dari gunung purba di Kabupaten Enrekang, provinsi Sulawesi Selatan. Sayangnya, Bukit Kabobong tersebut senantiasa mendapat banyak perhatian karena langsung dipandang dari arah jalan Enrekang-Toraja, yakni di barisan bukit Kawasan TImur Enrekang.

Menurut budayawan Enrekang, bukit kabobong ini awalnya dinamai sebagai Buttu Polloq Pejjog, yang artinya Gunung Pantat Kerempeng. Lalu akhirnya dikarenakan bentuknya menyerupai V, maka banyak orang menyebutnya Buttu Kabobong, yang sampai saat ini semakin popular. Uniknya, belukar alam di sekitarnya seakan melengkapi lukisan belahan gunung berbentuk V tersebut, dan bentuknya tak pernah berubah sepanjang waktu.

Buttu Kabobong awalnya sering dijadikan tempat bermusyawarah bagi masyarakat yang tinggi di kawasan gunung. Sekitar bukit pada ketinggian kurang lebih 700 mdpl, sampai saat ini masih terdapat perkampungan penduduk. Banyak pengunjung yang merasa kagum akan panorama alam di pegunungan Buttu Kabobong

Buttu Kabobong di Gunung Latimojong ini adalah salah satu diantara sedemikian banyaknya bentuk bukit yang unik di kaki Gunung Latimojong. Sayangnya kawasan pegunungan yang menyuguhkan panorama alam menarik di area Buttu Kabobong ini sejak dulu tidak mengalami perkembangan yang banyak sebagai objek wisata.

Menurut legendanya, Gunung Bambapuang yang berada kurang lebih 2 km dari lokasi Buttu Kabobong awalnya memiliki puncak yang menjulang ke langit. Namun akhirnya gunung tersebut patah lalu menimbulkan bencana, sesudah terjadi hubungan sedarah antara kakak beradik tepat di kaki bukit Buttu Kabobong tersebut.

Langsung berhadapan dengan lokasi Buttu Kabobong, ada sebuah bukit membentang yang bentuknya menyerupai P (alat kelamin laki-laki) dengan ukuran cukup besar. Inilah alasan kenapa kawasan Buttu Kabobong di Gunung Lamojong ini disebut sebagai Bukit Seks.

Misteri Hantu Popo di Gunung Latimojong

Selain misteri Gunung Latimojong di atas, misteri yang tak kalah menarik adalah hantu poppo di Gunung Latimojong. Pasalnya gunung tertinggi yang ada di Sulawesi Selatan ini adalah tempat bersemayamnya ratu dan raja hantu poppo. Menurut warga setempat, hantu poppo ialah manusia yang bisa terbang di malam jari. Hantu tersebut biasa hinggap di atap rumah atau pohon. Lalu sesekali mengeluarkan suara yang berbunyi, “pok…pok!” Jika suaranya keras, artinya ia terjatuh. Namun jika suaranya mengecil, ia dekat sekali dengan kita.

Warga juga menambahkan jika hantu poppo tersebut hanya terbang di malam hari. Biasanya mereka mencari ikan, hasil kebun, dan buah-buahan. Namun di siang hari, tetap terlihat layaknya manusia biasa. Banyak warga mempercayai misteri Gunung Latimojong yang menyimpan cerita mistis yang sangat kuat.