Misteri Gunung Kaba Bengkulu: Dibalik Keindahannya Yang Luar Biasa

oleh

Bengkulu dikenal dengan nama Bumi Raflesia ini hanya mempunyai 2 gunung, diantaranya Bukit Daun dan Gunung Kaba. Bagi masyarakat setempat, Gunung Kaba ini dikenal sebagai Bukit Kaba. Selain sebagai tempat wisata, di dalamnya tersimpan misteri Gunung Kaba Bangkulu.

Gunung Kaba Bengkulu

Misteri Gunung Kaba Bengkulu termasuk sebagai salah satu tempat wisata yang banyak diminati. Walaupun hanya memiliki ketinggian 1937 mdpl saja, tapi Bukit Kaba ini bisa menyajikan panorama keindahan alam luar biasa. Pasalnya di dalam gunung ini ada 8 kawah gunung berapi, dengan 5 diantaranya telah tertutupi vegetasi hijau. Akan tetapi yang paling banyak dijadikan objek untuk berfoto para wisatawan ialah 2 kawah yang berwarna hijau dengan puncak bukit yang berwarna putih kecokelatan.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Sulawesi

Gunung yang memiliki ketinggian 1937 mdpl tersebut termasuk ke dalam salah satu Taman Wisata Alam yang memiliki luas wilayah sebesar 13.940 Ha. Dimana kawasan tersebut digunakan sebagai area perlindungan tanaman Bunga Raflesia Arnoldi sebab populasinya semakin hari semakin berkurang.

Selain itu, Gunung Kaba mempunyai daya Tarik pada bagian puncaknya, yakni kawah mati dan kawah hidup. Jika ingin berkunjung ke kawasan kawah hidupnya, sebaiknya jangan lupa membawa masker. Hal tersebut karena kawasan ini memiliki bau belerang sangat menyengat. Tentu saja hal ini bisa mengganggu pernafasan.

Gunung Kaba, Gunung Ramah Bagi Pemula

Dengan ketinggian kurang dari 2.000 mdpl, kawasan Bukit Kaba ini bisa dibilang cukup ramah bagi pendaki pemula. Anda bisa bayangkan, untuk gunung dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi ini memiliki 2 pilihan jalur. Pada jalur pertama, berbentuk jalanan tanah dan biasa dilewati para pendaki gunung untuk mencapai puncak. Sementara pada jalur kedua berbentuk jalanan aspal dengan kondisi yang sudah rusak. Apabila Anda ingin memakai jalur pertama, sebaiknya membawa perlengkapan keselamatan minimal memakai sepatu.

Bagi para wisatawan yang tertarik mencoba jalur kedua, disarankan memakai motor trail atau mobil trail. Hal tersebut dikarenakan keadaan jalannya sudah cukup rusak, sehingga motor atau mobil standar kemungkinan sulit bahkan tidak bisa sampai pada puncak gunung. Jalur aspal pun dapat dilalui tanpa menggunakan kendaraan selama 2 jam perjalanan.

Pesona Keindahan Gunung Kaba

Walaupun tak sedikit pendakit yang menaiki gunung Kaba untuk berkemah di kawasan puncak, akan tetapi tak sedikit pula wisatawan yang ingin mendaki lalu turun kembali. Gunung Kaba memang biasa dimanfaatkan sebagai tempat pendakian dan tempat wisata. Memiliki panorama alam yang begitu eksotis, Anda juga bisa melihat perkebunan sayur yang terhampar hijau milik warga setempat.

MIsteri Gunung Kaba Bengkulu

Seperti halnya gunung-gunung yang ada di Indonesia, banyak orang yang percaya akan misteri Gunung Kaba Bengkulu. Menurut sebuah cerita, Bukit Kaba adalah tempat yang paling angker di daerah Bengkulu. Bahkan diceritakan, di Gunung ini ada banyak makhluk tak kasat mata yang konon ada di beberapa daerah di Bukit Kaba, seperti di Elang Berantai dan Malim Bagus yang berada di Puncak Bukit, sementara Putri Saudari Kandang berada di Kaki Bukit.

Baca Juga: Daftar Taman Nasional di Kalimantan

Berkaitan dengan misteri Gunung Kaba Bengkulu yang dipercaya oleh banyak warga, maka seringkali masyarakat setempat memberikan pesan kepada para pendaki atau wisatawan yang menaiki Bukit Kaba. Menurutnya, wisatawan tidak boleh bersikap kasar, dan tak boleh bertongkah tidak senonoh saat berada di Gunung Kaba Bengkulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Please rate this