Gunung Lompobattang, Jalur Pendakian dan Akses Menuju Bascame

oleh
Foto: @sulkifli_sul

Apakah Anda pernah mendaki Gunung Lompobattang? Jika belum, maka tidak salah jika Anda mencoba untuk mendaki di salah satu gunung yang berlokasi di Sulawesi Selatan ini. Anda akan menemukan berbagai hal menarik yang ada di gunung tersebut dan tidak dapat Anda temukan di tempat lainnya. Berikut hal- hal yang harus Anda ketahui tentang Gunung Lompobattang.

Baca Juga: Gunung di Pulau Sulawesi, Yang Hoby Mendaki Wajib Baca!

Apa itu Gunung Lompobattang?
Gunung Lompobattang merupakan salah satu nama gunung yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Gunung Lompobattang ini menjadi gunung yang berdekatan dengan Gunung Bawakareng. Jika Anda menuju ke gunung ini, maka Anda akan menemukan suhu yang cukup dingin yaitu berkisar 17oC hingga 25oC. Anda juga tidak perlu khawatir dengan gunung ini khususnya jika Anda ingin mendaki. Hal ini dikarenakan, gunung ini sudah tidak aktif lagi atau mati.

Foto: @hazrul_at

Jalur Pendakian Gunung Lompobattang
Untuk menuju ke gunung ini khususnya ketika Anda menginginkan untuk mendaki, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan, jalur pendakian Gunung Lompobattang terbilang tidak begitu sulit. Berikut beberapa hal mengenai jalur pendakian di Gunung Lompobattang.

1. Melalui 10 Pos Pendakian
Hal yang harus Anda lakukan ketika mendaki di Gunung Lompobattang ini adalah Anda harus berhasil untuk mendaki 10 pos. Untuk jaraknya sendiri, setiap pos yang Anda daki memiliki jarak yang berbeda- beda antar pos. Anda juga akan melewati perkebunan warga sekitar di awal- awal pendakian Anda. Setelah selesai melewati perkebunan masyarakat, Anda akan melewati semak belukar yang cukup rindang. Waktu inilah Anda akan memulai untuk melewati hutan.

2. Menuju Pos Terakhir
Hal yang perlu Anda ketahui adalah ketika Anda membutuhkan air, maka pastikan Anda mengisinya di pos atau setiap pos. Hal ini dikarenakan, setiap pos tersedia air yang Anda butuhkan. Di tengah pos, Anda diharuskan untuk menuruni puncak bukit. Salah satu puncak bukit yang terkenal adalah bukit Assumpolong. Disini, Anda juga akan menemui berbagai jalan yang terjal maupun datar. Sedangkan, di pos terakhir Anda harus melewati puncak terjal yang terdapat batu besar. Buat yang ingin ngecamp di pos 8 ada tersedia sekitar 3 sampai 4 tenda untuk mendirikan atau sekedar istirahat sebelum summit.

3. Sampai di Puncak
Setelah Anda berhasil untuk melewati 10 pos, maka Anda akan sampai di puncak Gunung Lompobattang ini. Di puncak, Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah yaitu berupa hijau barisan rumput yang ada di Gunung Lompobattang. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah merasakan berdekatan dengan langit yang cukup dekat.

Berikut estimasi pendakian Gunung Lompobattang:

No Waktu Mendaki
Pendakian Gunung Lombobattang
1 Bascame – Pos 1 30 menit
2 Pos 1 – Pos 2 40 menit
3 Pos 2- Pos 3 120menit
4 Pos 3 – Pos 4 30 menit
5 Pos 4- Pos 5 40 menit
6 Pos 5 – Pos 6 40 menit
7 Pos 6 – Pos 7 90 menit
8 Pos 7 – Pos 8 70 menit
9 Pos 8 – Pos 9 30 menit
10 Pos 9 – Pos 10 (Puncak) 15 Menit

Akses Menuju Gunung Lompobattang
Apakah Anda menginginkan untuk menuju ke Gunung Lompobattang? Jika iya, maka Anda harus mengetahui akses termudah untuk menuju ke Gunung Lompobattang. Hal yang harus Anda lakukan ketika menginginkan untuk mendaki Gunung Lompobattang adalah Anda dapat menuju ke Kota Makassar. Anda harus melewati jalur yang berada di wilayah Camba, Bone. Setelah itu, Anda akan menemukan jalan yang terjal.

Di perjalanan ini, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2, 5 jam untuk melewati perbatasan Maros.di daerah ini Anda akan melewati bebatuan yang cukup banyak. Di kawasan ini Anda juga akan menemukan Taman Nasional Bantimurung. Setelah itu, Anda harus menyusuri jalur untuk sampai di pos Gunung Lompobattang. Anda juga akan menemukan hamparan perkebunan masyarakat yang ada di sekitar lereng Gunung Lompobattang ini. Pos Pendakian berada di desa Lembang Bu’ne masuk daerah Gowa Jeneponto.

Spot Wisata di Gunung Lompobattang

Foto: @josojoss

Selain Anda dapat melakukan pendakian di Gunung Lompobattang, terdapat beberapa hal lainnya yang menarik dan dapat Anda coba. Menikmati keindahan Gunung Lompobattang merupakan salah satu hal yang menarik dan dapat Anda lakukan. Hal ini sangat penting untuk menemukan berbagai destinasi wisata menarik lainnya di Gunung Lompobattang ini. Berikut beberapa spot wisata menari di dekat Gunung Lompobattang.

1. Destinasi Wisata Alam Baturapa

Terasering wisata alam batarupa, By @rizaldy_pixel

Destinasi menarik pertama yang dapat Anda pilih ketika berada di Gunung Lompobattang adalah Anda dapat menikmati wisata alam Baturapa. Baturapa ini berada di atas Gunung Lompobattang dan mengusung konsep agrowisata. Disini, Anda dapat dengan mudah untuk menikmati keindahan hamparan sawah masyarakat yang terbentang hijau di bawah Gunung Lompobattang. Pastinya hal tersebut mampu menyejukkan mata Anda dengan berlatar sawah. Bahkan Anda juga dapat mengambil beberapa foto dengan latar belakang pertanian hijau yang memukau.

2. Mencicipi Aneka Makanan dan Minuman Tradisional

Selain menikmati destinasi wisata, di sekitar Gunung Lompobattang Anda juga dapat dengan mudah untuk menikmati berbagai makanan dan minuman tradisional yang ada di daerah Sulawesi Selatan. Terdapat beberapa tempat makan dan minum atau kafe yang dapat Anda pilih sekaligus menikmati keindahan alam di sekitar Gunung Lompobattang. Anda juga dapat dengan mudah menikmati panorama indah di gunung ini. Akses yang Anda butuhkan juga sangat mudah.

3. Menikmati Perkebunan Masyarakat dan Berfoto

Foto: @sobar_rdn

Pastinya Anda sudah mengetahui bahwa selain mendaki, Anda juga akan melewati perkebunan masyarakat yang ada di sekitar Gunung Lompobattang. Di perkebunan ini, Anda akan menemukan berbagai hamparan perkebunan masyarakat yang sangat luas. Perkebunan ini akan menyambut Anda ketika Anda datang di Gunung Lompobattang dan Anda juga dapat menikmati perkebunan ini ketika Anda mendaki atau berada di pos pertama. Menarik bukan?
Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai Gunung Lompobattang. Selain mendaki, ada berbagai hal menarik yang dapat Anda lakukan di Gunung Lompobattang tersebut. Bahkan, jika Anda telah merasa bosan untuk melakukan pendakian di Gunung Lompobattang, Anda dapat beristirahat menikmati sajian makanan dan minuman tradisional yang ada di daerah destinasi Gunung Lompobattang. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Please rate this