Gunung Lokon, Akses dan Jalur Pendakian Lengkap Disini

oleh
View Puncak Gunung Lokon, Via @syuvergie

Apakah Anda pernah mengetahui Gunung Lokon? Jika belum, maka Anda harus menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung terbaik yang ada di Sulawesi Utara. Gunung ini menjadi tempat terbaik selain Gunung Mahawu yang berada di Sulawesi Utara. Berikut hal- hal yang perlu Anda ketahui mengenai Gunung Lokon.

Baca Juga: Misteri Gunung Lokon dan Legenda Masa Lalu

Apa itu Gunung Lokon?
Gunung Lokon merupakan salah satu gunung yang berada di Sulawesi Utara. Gunung ini berada di dekat Kota Tomohon. Jika Anda mengunjungi Sulawesi Utara, maka Saya sarankan Anda untuk menuju ke Gunung Gunung Lokon. Gunung ini juga menjadi gunung berapi dan mampu memberikan daya pikat bagi para pendaki. Akan tetapi, hal yang harus Anda perhatikan ketika menuju ke gunung ini adalah belerang yang memiliki bau menusuk.

Loading...
Foto: @torangsamuabasudaraaa

Baca Juga: Misteri Gunung Latimojong,Hantu Poppo, dan Jatuhnya Pesawat Aviastar

Jalur Pendakian Gunung Lokon
Untuk mendaki di Gunung Lokon, Anda harus hati- hati. Hal ini dikarenakan, jalur pendakian gunung ini sebagian besar melewati sungai kering yang menjadi bekas dari aliran lahar Gunung Lokon yang mengalami erupsi. Sehingga, hal tersebut mengakibatkan permukaan yang cukup licin. Ketika Anda menginginkan untuk mendaki, maka Anda harus menuju ke Kota Tomohon.

Dari Kota Tomohon, Anda harus membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam menggunakan kendaraan. Kecepatan perjalanan Anda ini tergantung dari perjalanan Anda. Ketika Anda berada di Gunung Lokon ini, maka Anda akan menemukan abu vulkanik di sekitar gunung tersebut. Dari kawah tersebut Anda dapat dengan menyusuri berbagai jalan menanjak.selain itu, juga disediakan papan untuk memudahkan Anda sampai di lokasi puncak Gunung Lokon.

Akses Mudah Menuju Gunung Lokon
Untuk menuju ke Gunung Lokon, maka Anda tidak perlu bingung. Hal ini dikarenakan, akses menuju ke Gunung Lokon cukup mudah. Anda harus menuju ke terminal Karombasan Manado. Setelah sampai di terminal, Anda dapat menggunakan bus dan turun menuju daerah Kakaskasen. Selain itu, Anda juga dapat langsung melanjutkan menggunakan naik mikrolet dengan jurusan Kakaskasen. Dari jalan utama, Gunung Lokon dapat Anda lihat dengan mudah dan Anda hanya cukup mengikuti jalan desa sampai awal rute perjalanan Anda.

Foto: @krstaniajili.ng

Spot Wisata di Gunung Lokon
Terdapat beberapa hal menarik yang dapat Anda temukan ketika Anda berada di Gunung Lokon. Gunung Lokon merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal di Sulawesi Utara. Hal ini dikarenakan, Gunung Lokon ini menjadi gunung yang cukup menarik di kalangan para pendaki. Berikut beberapa spot wisata di sekitar Gunung Lokon.

1. Keindahan Alam di Sekitar Gunung
Hal pertama yang membuat Gunung Lokon menjadi gunung yang menarik adalah pesona keindahan alamnya yang sangat memikat. Gunung yang berada di Kota Tomohon ini memiliki pesona yang sangat disukai oleh para wisatawan. Selain itu, keindahan alam berupa gunung yang masih aktif membuat Gunung Lokon menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

2. Agrowisata dan Perkebunan
Hal menarik lainnya yang dapat Anda jadikan spot di Gunung Lokon adalah Gunung Lokon terkenal dengan agrowisata. Ketika Anda menuju ke gunung ini, maka Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis sayuran yang ditanam di sekitar Gunung Lokon. Berbagai macam sayuran maupun bunga dapat Anda temukan dengan mudah di tempat ini. Hamparan perkebunan inilah yang menjadi daya tarik di Gunung Lokon.

3. Pesona Kawah Belerang Aktif
Tahukah Anda bahwa Gunung Lokon memiliki kawah belerang yang masih aktif? Kawah belerang yang ada di Gunung Lokon ini bernama Kawah Tompaluan. Banyak sekali pendaki yang mencoba untuk mendaki di Gunung Lokon untuk melihat kawah belerang yang masih aktif ini. Tidak jarang diantara mereka berfoto di sekitar kawah tersebut. Akan tetapi, hal yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan Anda menggunakan masker ketika berada di dekat kawah tersebut.

Daya Tarik di Gunung Lokon
Gunung Lokon merupakan salah satu gunung yang menarik di Sulawesi Utara. Di Gunung Lokon ini Anda akan menemukan berbagai daya tarik yang sangat memikat. Berikut beberapa daya tarik di Gunung Lokon yang dapat Anda temukan.

1. Puncak Datar tanpa Kawah
Salah satu daya tarik yang ada di Gunung Lokon adalah Gunung Lokon menjadi gunung ini menjadi gunung yang aktif namun memiliki kawah. Akan tetapi, Anda dapat menemukan tempat Gunung Lokon tidak memiliki kawah yang berada di lokasi Gunung Lokon. Namun, jangan salah, gunung ini juga memiliki kawah. Bahkan, banyak diantara pendaki yang berpikir bahwa ketika mereka menuju ke kawah, mereka telah berada di puncak Gunung Lokon tersebut.

2. Rute Pendakian
Daya tarik selanjutnya yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah rute perjalanan. Hal ini dikarenakan, ketika Anda berada di Gunung Lokon, Anda akan melewati sungai kering. Sungai ini bukan berarti sungai tempat keluarnya air. Namun, sungai kering tersebut merupakan sisa dari kawah erupsi atau lahar yang meletus.

3. Para Pemandu
Daya tarik selanjutnya yang dapat Anda temukan di Gunung Lokon adalah Anda akan menemukan dengan mudah para pemandu yang ada di Gunung Lokon. Pemandu tersebut memiliki pengetahuan yang sangat baik dan mampu menjawab pertanyaan Anda mengenai gunung tersebut. Bahkan, jika Anda membutuhkan informasi terkait aktivitas Gunung Lokon, Anda dapat bertanya di pemandu tersebut.

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui mengenai Gunung Lokon. Bagaimana? Menarik bukan? Apakah Anda tertarik untuk mendaki dan berpetualang di Gunung Lokon? Anda juga tidak perlu bingung untuk menemukan tempat menarik. Hal ini dikarenakan, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai spot menarik di sekitar Gunung Lokon.

Please rate this