Gunung Mahawu, Akses dan Jalur Pendakian Lengkap Disini

oleh
Foto: @st_donca

Sulawesi Utara memang menjadi salah satu provinsi menarik yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satunya adalah melalui pesona Gunung Mahawu. Bahkan, Anda dapat menikmati keindahan sunset dan juga sunrise di Gunung ini. Berikut hal- hal yang perlu Anda ketahui mengenai Gunung Mahawu.

Baca Juga: Gunung Bukit Raya, Salah Satu Seven Summit Indonesia

Apa itu Gunung Mahawu?
Gunung Mahawu merupakan sebuah gunung yang dapat Anda temukan di Provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini merupakan gunung yang masih aktif dan berapi. Gunung yang berada di Sulawesi ini menjadi gunung yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang menuju ke Sulawesi Utara dan juga para pendaki. Bahkan, jika Anda melihat Gunung Mahawu dari kejauhan, maka Anda akan menemukan bahwa gunung ini akan tampak seperti Pulau Manado.

Foto: @maykele_26

Jalur Pendakian Gunung Mahawu
Untuk dapat mendaki dengan mudah, maka Anda tidak perlu bingung. Hal ini dikarenakan, jika Anda mengetahui trek terbaik untuk mendaki, maka Anda dapat dengan mudah untuk menemukan suatu hal menarik yang ada di Gunung Mahawu. Untuk mendaki Gunung Mahawu, maka Anda harus melewati anak tangga terlebih dahulu yang telah disemen. Hal ini akan memudahkan para pendaki untuk melakukan pendakian. Terdapat sekitar 150 anak tangga yang harus Anda daki dengan baik untuk menuju ke Puncak Gunung Mahawu.

Baca Juga: Misteri Gunung Lokon dan Legenda Masa Lalu

Di sepanjang jalan Gunung Mahawu, Anda akan menemukan besi pembatas yang dapat Anda gunakan sebagai pegangan ketika melakukan pendakian di gunung tersebut. Jadi Anda juga dapat beristirahat terlebih dahulu ketika Anda merasa lelah untuk mendaki Gunung Mahawu tersebut. Hal menarik yang dapat Anda lakukan adalah Anda akan mendengar suara burung di sekitar pohon di gunung tersebut. Jika Anda mendengar sebuah kawah berwarna putih, maka Anda telah dekat dengan puncak Gunung Mahawu. Setidaknya, ketinggian Gunung Mahawu adalah 1580 dari atas permukaan air laut.

Akses Mudah Menuju Gunung Mahawu
Akses menuju ke Gunung Mahawu pada dasarnya cukup mudah. Hal yang harus Anda lakukan pertama kali untuk menuju ke Gunung Mahawu adalah Anda harus menuju ke Kota Tomohon. Untuk menuju ke kota tersebut, Anda dapat berjalan menuju ke pasar Tomohon yang dilanjutkan untuk menuju ke arah perkebunan masyarakat. Perkebunan ini terletak di Desa Rurukan, Sulawesi Utara.

Di desa ini, Anda akan menemukan petunjuk berupa pertigaan jalan yang berada di tengah perkebunan. Anda harus belok kiri dan kemudian dilanjutkan untuk menuju ke lokasi parkir kendaraan. Untuk sarana dan prasarana cukup memadai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah di kota tersebut.

Anda juga dapat menggunakan roda dua maupun roda empat untuk menuju ke lokasi tersebut. Setelah Anda berhasil masuk, maka Anda akan menemukan pos polisi yang berjaga. Disana, Anda harus mengisi daftar sebagai tamu. Beberapa meter di dekat pos polisi tersebut, Anda akan menemukan tempat parkir yang luas, pendopo, dan juga toilet. Dari lokasi tersebut, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di Gunung Mahawu.

Lanscape danau linow , via @rmjuliianaa

Spot Wisata di Gunung Mahawu
Terdapat beberapa hal menarik yang dapat Anda temukan ketika Anda berada di Gunung Mahawu. Gunung Mahawu merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal di Sulawesi Utara. Hal ini dikarenakan, Gunung Mahawu ini menjadi gunung yang cukup menarik di kalangan para pendaki. Berikut beberapa spot wisata di sekitar Gunung Mahawu.

1. Bukit Doa Tomohon
Spot wisata di sekitar Gunung Mahawu pertama yang dapat Anda pilih adalah Bukit Doa Tomohon. Bukit ini terletak di kaki Gunung Mahawu. Jika Anda berada di bukit ini, maka Anda akan menemukan suasana yang sangat sejuk bak pegunungan. Tak jarang banyak orang yang menganggap tempat ini sebagai taman. Di dalam kawasan bukit ini juga Anda juga akan menemukan Gua Maria yang menjadi tempat ibadah bagi agama Kristen. Lokasinya pun juga sangat strategis dan Anda akan merasakan hawa yang sangat nyaman dan tenang di tempat ini.

2. Melihat dan Mendengar Burung Terbang
Ketika berada di lokasi Gunung Mahawu ini, maka Anda akan dapat dengan mudah untuk melihat pertunjukan dan mendengar kicauan ratusan burung yang ada di lokasi Gunung Mahawu. Bahkan, ketika Anda berada atau melakukan pendakian, Anda akan merasakan bahwa Anda sedang ditemani oleh burung- burung tersebut. Udaranya yang nyaman dan suasananya yang cukup menenangkan membuat tempat ini tidak kalah sebagai tempat wisata terbaik di Gunung Mahawu. Bahkan, terdapat berbagai jenis burung yang dapat Anda temukan dengan mudah di Gunung Mahawu ini.

3. Berfoto di Kawah Putih
Hal menarik yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah Anda dapat melakukan foto dengan mudah di kawah putih. Jika Anda menginginkan untuk berfoto di kawah putih, maka Anda harus melakukan pendakian di Gunung Mahawu. Hal ini dikarenakan, kawah putih hanya dapat Anda temukan ketika melakukan pendakian. Kawah putih merupakan hasil lubang yang diakibatkan ketika Gunung Mahawu mengalami letusan. Hal inilah yang mengakibatkan adanya lubang menyerupai kawah. Anda dapat berfoto dengan latar belakang kawah tersebut ketika berada di Gunung Mahawu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Gunung Mahawu. Jika Anda menginginkan untuk melakukan pendakian di Gunung Mahawu, pastikan Anda mengetahui akses dan spot- spot menarik yang ada di sekitar Gunung Mahawu tersebut. Anda akan mendapatkan berbagai pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan ketika berada di gunung tersebut. Apakah Anda berniat untuk berwisata di Gunung Mahawu?

Please rate this