Gunung Klabat, Puncak Tertinggi Sulawesi Utara Sunrisenya Dasyat

oleh
Panorama gunung klabat via @@seasiaig

Gunung.id, Gunung Klabat – Sulawesi Utara memang menyimpan panorama alam yang dasyat salah satunya gunung klabat ini, gunung klabat memilki tinggi 1995 Mdpl. Nama gunung klabat diambil dari bahasa Minahasa yaitu ”kalawat” dialek dari Tonsea”kalabat”.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

Kalawat adalah nama satwa liar setempat yang juga disebut babi rusa oleh Masyarakat Minahasa. Gunung klabat atau kalabat memiliki kisah misteri yang cukup membuat bulu kudu merinding, walau demikian banyak sekali para pendaki malah tertangkan untuk melakukan pendakian ke puncak klabat.

Baca Juga: Indahnya Lembah Patah Hati Gunung Soputan Minahasa

Bagaimana transpotasi menuju pos pendakian gunung klabat, bagi kamu yang berdomisli di luar Manado semisal dari Jakarta, Surbaya atau Bandung bisa memilih armada pesawat terbang karena manado sendiri berada di Ujung Sulawesi jauh brooo mending ke Singapore kalo dari Jakarta or Bandung . Setelah sampai di Manado kamu bisa mencari angkot untuk ditumpangi dengan tujuan terminal Pall 2 setelah sampai di terminal Pall 2 sobat bisa melanjutkan ke terminal Airmadidi, Airmadidi adalah terminal pemberhentian terakhir jika kamu hendak mendaki gunung Klabat dari sini kamu bisa langsung jalan kaki menuju pos pendakian gunung klabat atau mampir ke Sekretariat Kaum Muda Pecinta Alam (KMPA) Tunas Hijau, KMPA adalah tempat yang tepat yang bisa kamu pilih untuk memandu mendaki gunung klabat, lokasi KMPA berada di jalan utama Airmadidi lebih tepatnya dekat gang Kantor polisi.

Setelah kamu sampai di pos pendakian atau (KMPA) tentunya kamu harus mengurus simaksi baru melakukan pendakian gunung klabat.

Jalur pendakian gunung Klabat via @cungrandi

Pendakian gunung klabat memakan waktu kurang lebih 8 jam trekking dengan dominasi jalur yang landai ada juga yang extrem dimana untuk posnya sendiri berjumlah 6 pos pendakian pos 1 – 3 terbilang cukup landai sedangkan untuk pos 3 -6 cukup terjal namun yang paling extrem berada di pos 5 menuju pos 6 butuh tenaga extra dan kehati-hatian saat menampakan kaki menuju puncak klabat yang didominasi rumput liar,ilalang, akar dan bebatuan  dengan kemiringan yang lumayan bahkan kamu harus siap-siap meranggak bila sudah sampai pos 5 menuju pos 6.

Bayangan khas gunung klabat, atau disebut juga Piramid via @azharmusgamy

Setelah kamu sampai pos 6 berarti kamu siap leyeh-leyeh pos ini merupakan tempat buka tenda sekalian menikmati Manado dari puncak klabat serta menunggu sunset dari atap Manado. Setelah menikmati sunset bagi kamu yang ingin menikmati indahnya pagi hari gunung Klabat tentunya harus bangun sekitar pukul 05 -06 agar tidak terlewatkan yaitu moment sunrise.  Hal yang lain selain sunrise yaitu fenomena yang khas banget yaitu adanya bayangan atau piramid yang berada di sisi barat gunung ini dan ini sangat jarang terjadi mengingat cuaca pagi kadang mendung, jadi jika kamu kesini mendapatkan bayangan piramid adalah hal yang indah.

Sunrise gunung klabat via @marchiel2709

Bagaimana tertarik untuk melakukan pendakian gunung klabat dalam waktu dekat? sebelum kesana persiapkan segala sesuatunya karena mendaki adalah aktifitas extrem. Ingat selalu jaga kelesatrian alam jangan buang sampah sembarang di Gunung.

Please rate this