Indahnya Lembah Patah Hati Gunung Soputan Minahasa

oleh
Foto:@sadamsez

Gunung.id, Minahasa – Gunung Soputan adalah gunung api aktif yang berada di sulawesi utara tepatnya di Tombatu, Minahasa Tenggara. Secara kasat mata gunung ini mirip dengan krakatau puncaknya dan dari kejauhan seperti gunung merapi namun hal yang sama dari ketiga gunung ini adalah mempunyai keaktifan yang sama. Hampir setiap tahun gunung soputan mengalami letusan walau intensitasnya kecil seperti krakatau sekarang.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Sulawesi

Foto:@habib_shunchase

Gunung Soputan bertetangga dengan Gunung Lokon yang mempunyai mistis yang kental jaraknya berkisar 37 km dari gunung soputan ini, bila kamu mendaki gunung di Sulawesi utara bisa sekaligus mendaki gunung Klabat, Lokon dan Gunung Soputan biar lengkap. Gunung soputan sendiri memiliki ketinggian 1784 Mdpl  dimana sekarang untuk jalur pendakian cukup banyak dan enaknya sudah ada team adventure yang akan mengantar kamu ke titik awal pendakian gunung soputan menggunakan motor trail. Apabila tidak suka dengan menggunakan motort tracil sobat gunung bisa menggunakan jalur biasa dan untuk menuju titik awal pendakian gunung soputan dari Kota Manado cukup panjang dengan rute sbb:

Pasar 45 Manado (ongkos 8k )

Terminal Karambosan (15k-20k)

Termimal Kawangkoan (naik angkot menuju desa penabentengan atau naik dokar/bendi)

Desa Penabentengan

Titik point pendakian

Diatas adalah transpotasi dari manado menuju titik pendakian gunung soputan bagi yang dari luar Sulawesi memang dari manado menjadi pilihan misalnya naik pesawat dari Jakarta -Manado atau Surabaya -Manado jadi jalur diatas bisa jadi pilihan kamu untuk mendaki gunung soputan.

Sekarang adalah trasnportasi dari Kabupaten Minahasa dimana kalo dari sini sudah banyak warga lokal yang menyediakan transport menuju gunung soputan. Dari pusat kota Minahasa kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju Desa Silian. Jarak dari Minahasa ke Desa Silian kurang lebih 10km dapat ditempuh dengan waktu 20 menit saja. Setelah kamu sampai di desa Silian laporlah kepada BC gunung soputan , jalur ini adalah jalur untuk para pendaki yang tidak ingin capek bisa menggunakan motor trail karena sebagian besar jalur ini di dominasi oleh pasir cocok untuk offroad dan kamu bisa langsung sampai di kaki gunung soputan.

Berikut foto-foto gunung soputan minahasa tenggara:

Foto:@jessimandagie
Foto:@kambeyvisco

Gunung Soputan sangat cocok buat pendaki pemula pasalnya jalur tracknya tidak terlalu ektrem hanya di beberap titik saja yang memiliki medan curam. Gunung Soputan yang paling diburu adalah deretan Pinusnya yang menjulang tinggi disini juga dijadikan tempat camping ceria para pendaki Sulawesi Utara khususnya.

Perlengkapan saat mendaki gunung soputan yang harus siapkan antara lain:

  • Sepatu Trekking
  • Jaket Gunung
  • Jas Hujan
  • Celana Pdl
  • Kaos kaki buat back up
  • Sarung Tangan
  • Kupluk
  • Sleepping Bag (SB)
  • Matras
  • Senter
  • Tenda
  • Alat Masak
  • Logistik
  • p3k
  • dll

Hal yang menarik dari Gunung Soputan adalah adanya beberapa obyek wisata yang bisa kamu lalui sekaligus dalam pendakian kamu meliputi jejeran hutan pinus tadi, kawah tua gunung soputan (2 kawah), air terjun dan yang paling keren adalah puncak gunung soputan baik anakan maupun ibunya pasalnya sebelum kamu sampai di puncak yang besar ada puncak anakan.

Demikian informasi singkat perihal gunung soputan Minahasa Tenggara baik transportasi menuju lokasi bascame maupun jalur pendakian gunung soputan, semoga dengan informasi sedikit ini dapat membantu sobat Gunung yang mau melakukan pendakian dalam waktu dekat ke Gunung Soputan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *