Gunung Soputan Meletus, Ketinggian Abu Vulkanik Mencapai 4km

oleh
Gunung Soputan Meletus Terlihat dari Rumah Warga Foto:Arya Aries

Gunung Soputan hari ini mengalami letusan pada pukul 08.47 Wita. Dari pantaun pengamatan Gunung Soputan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan laporan bahwa abu vulkanik berhembus ke atas setinggi 4.000 meter diatas puncak kawah.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Sulawesi

Abu yang meletup ke atas berwarna sangat pekat hitam coklat dengan arah angin ke bagian barat dan barat laut, durasi letusan gunung soputan sekitar 6 menit yang terekat oleh seismogram dengan amlitudo maksimum 39mm ” laoran dari Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 3/10/18.

Status Gunung Soputan kini berada di level III (siaga) dengan rekomendasi, Masyarakat diminta agar beraktifitas tidak terlalu dekat dengan gunung minimal radius 4km dari lokasi meletusnya gunung soputan dan untuk arah barat daya yang mana letusan mengarah kesana diminta masyarakat menjauh dengan radius kurang lebih 7 km dari gunung soputan. Peringatan ini dilakukan agar terhindar apabila terjadi potensi ancaman guguran lava maupun awan panas dari letusan Gunung Soputan. Untuk menghindari abu akibat letusan masyarakat juga di himbau untuk memakai masker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *