Jalur Pendakian Gunung Salak via Pasir Reungit

oleh
Foto:@gunawanhs1

Gunung.id, Bogor – Jalur pendakian gunung salak via pasir reungit adalah salah satu dari sekian banyak jalur pendakian gunung salak yang bisa digunakan untuk sampai ke puncak gunung salak. Gunung salak sendiri terkenal dengan banyak misteri maka dari itu gunung ini walau weekend tidak begitu ramai pendaki beda dengan gunung tetangganya yang masih dalam satu wilayah yaitu Gede Pangrango.

Baca Juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Foto:@juwitalatifah

Gunung salak memiliki ketinggian 2211 Mdpl namun dibalik itu jangan sekali-kali kamu menganggap gunung ini cukup mudah didaki pasalnya banyak pendaki yang harus bersusah payah untuk menggapai puncak salak karena jalur untuk ke puncak memang sangat berat apalagi setelah kawah ratu cukup nikmati medan yang harus kamu lalui. Untuk bisa ke titik awal pendakian gunung salak dari Jakarta misalnya dengan cara naik kereta KRL cukup murah 7k an setelah kamu sampai ke st.Bogor bisa dilanjut dengan naik angkot bernomor 02 atau 03 dengan juruan terminal laladon (Bubulak) dengan taris angkot berkisar 4k -7k kemudian dilanjut naik angkot lagi bernomor 05 dengan juruan Tenjoljaya (Cinangeng) dengan ongkos 6k-10k dari sini kamu harus naik ojek menuju kawasan wisata alam gunung bunder untuk tarif ojek berkisar 30k silahkan tawar saja ke abangnya. Setelah sampai dipintu lintas wisata alam gunung bunder kamu akan dikenakan retribusi masuk wisata gunung bunder yaitu 10k/user dan kamu sudah sampai di pintu masuk jalur pasir reungit dengan biaya simaksi sebesar 17.500 weekday dan weekedn 22k.

Setelah semua mengurus simaksi selesai dan persiapan bekal logistik komplit langkah selanjutnya adalah melakukan pendakian gunung salak, berikut estimasi waktu pendakian gunung salak via pasir reungit.

Pendakian Via Pasar Reugit
1 Bascame – Kawah Ratu 70 menit
2 Kawah ratu – Helipad 40 menit
3 Helipad – Simpang Bajuri 30 menit
4 Simpang Bajuri – Puncak Bayangan 4 jam
5 Banyangan -Puncak Manik 70 menit

Dari estimasi waktu diatas didapat untuk bisa sampai ke puncak gunung salak dari jalur pasir reungit kurang lebih membutuhkan waktu 7-8 jam tracking, waktu ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kapasitas individu masing-masing pendaki. Di gunung salak banyak hal mistis jadi jangan asal bicara ia usahakan menjadi pendaki yang punya sopan santun.

Selain kamu mendaki gunung salak banyak destinasi wisata curug di lereng gunung salak hampir curug di Bogor khususnya yang paling bagus ia berada di kawasan halimun salak semisal curug seribu, curug Nangka, Pangeran, Luhur dll. jadi jika kamu sudah puas menggapai puncak salak tidak salah mampir di salah satu curug di kaki gunung salak ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *