Jalur Pendakian Gunung Argopuro

oleh

Saat ini terdapat beberapa pilihan Jalur Pendakian Gunung Argopuro yang mungkin sedikit berbeda dari beberapa jalur yang sudah pernah Anda ketahui sebelumnya. Terdapat 2 alternatif jalur pendakian yang harus Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk bisa mendaki salah satu di antara beberapa jalur pendakian tersebut. Dua pilihan jalur pendakian tersebut sering dikenal dengan jalur pendakian via Baderan ataupun via Bremi.

Keduanya menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun secara singkat Anda harus ketahui ketika Anda memilih masing-masing jalur pendakian tersebut. berikut adalah beberapa informasi penting mengenai jalur pendakian ke Gunung Argopuro yang akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan jalur pendakian dengan persiapan yang tepat.

Jalur Pendakian Gunung Argopuro via Bremi
Untuk jalur ini sendiri juga dikenal sebagai salah satu jalur yang berada di wilayah Probolinggo. Untuk bisa memilih jalur pendakian ini sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah untuk mulai melapor di Polsek setempat karena untuk melakukan pendakian ke Gunung Argopuro, tidak ada basecamp resmi yang dibangun di daerah ini. selain itu Anda bisa mulai perjalanan Anda dengan menggunakan bus dan turun di terminal Probolinggo untuk melanjutkan perjalanan Anda ke dengan menggunakan angkutan yang lebih kecil untuk menuju Bremi. Sampai di sini, Anda perlu turun di Polsek Krucil untuk selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan Anda mendaki Gunung Argopuro.

Untuk rute yang harus Anda tempuh jika memilih pendakian dengan melewati Bremi adalah kurang lebih bisa dijelaskan seperti berikut. Untuk pos pertama setelah Polsek Krucil adalah Danau Taman Hidup yang bisa dicapai dalam waktu 4 jam. Untuk pos selanjutnya yaitu Hutan Lumut bisa dicapai dalam waktu 30 menit. Sedangkan untuk rute selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah Cemara Lima, Angkene, Cisentor, Rawa Embik, dan akhirnya adalah Puncak Argopuro. Total dari keseluruhan perjalanan dari Polsek Krucil sampai dengan Puncak Argopurao adalah kurang lebih 14,5 jam. Namun itu semua juga tergantung pada seberapa cepat Anda berjalan. Hal-hal yang perlu Anda ketahui ketika Anda memilih jalur ini adalah bahwa saat jalur ini dikenal dengan spot foto yang cantik di Danau Taman Hidup. Selain itu banyak sumber air yang bisa digunakan melalui Jalur Pendakian Gunung Argopuro ini.

Jalur Pendakian Gunung Argopuro via Baderan
Untuk alternatif jalur yang selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mendaki ke Gungun Argopuro adalah jalur Baderan. Jalur ini nantinya dimulai dari Baderan yang terletak di Situbondo. Seperti yang bisa Anda lakukan untuk memulai pendakian ini, Anda harus melapor ke Polsek setempat. Jika Ana bermaksud untuk memulai pendakian Anda melalui jalur Baderan, maka Anda wajib melapor ke Polsek Sumber Malang. Tentu saja hal ini menjadi salah satu persyaratan wajib untun memastikan keselamatan Anda ketika Anda mendaki di Gunung Argopuro.

Bagi para pendaki yang berasal dari luar kota bisa mulai bergerak menuju Probolinggo yang dilanjutkan dengan menggunakan angkutan menuju Besuki. Setelah itu perjalanan Anda dilanjutkan menuju Baderan. Baderan. Untuk mencapai Puncak Argopuro, akan dibutuhkan waktu kurang lebih selama 13 jam dari Resort Perhutani. Selain itu spot yang cukup menarik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro ini berada di Cikasur. Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak sumber mata air seperti yang bisa Anda dapatkan di jalur Bremi. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan sumber mata air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *