Bukit Sakura Lawu, Sebuah Taman Bunga Sakura di Lereng Lawu

oleh

Gunung.id, Tawangmangu – Kabupaten Karanganyar terus eksis dengan memperkaya destinasi wisata di areanya dan sekarang ada salah satu tempat wisata terbaru di karanganyar yaitu ”Bukit Sakura Lawu” yang mana wisata ini muncul diawal tahun kemarin sih tepatanya 28 Januari 2018. Wisata ini bertajuk bunga sakura sebagai icon utamanya akan tetapi sampai saat ini pohon atau bunga sakura masih tahap perawatan sehingga belum terlihat bunga yang cukup lebat namun diharapkan kedepan bunganya akan tumbuh bagus seperti yang ada di Taman Bunga Cibodas yang lebih dulu ada.

Foto Dok. BLS

 

Bukit sakura lawu sendiri adalah hasil kerja sama dengan pemerintah Jateng, Kabupaten Karanganyar dan Toyota yang mana untuk bunga sakura didatangkan langsung dari negeri Jepang oleh pihak Perusahaan Toyota untuk ditanam di lereng gunung lawu. Area wisata bukit sakura lawu masih dalam proses pembangunan yang mana luas area mencangkup 5 ha dan sampai saat ini masih terpakai kurang lebih hanya 2 ha saja kedepan pihak pemerintah secara berkala akan memperluas area wisata yang ada di tanah perhutani ini dengan menyediakan berbagai fasilitas serta penanaman pohon sakura atau pohon pendukung lainya.

Foto Dok. BLS

Transpotasi menuju bukit sakura lawu dari Solo cukup mudah karena lokasinya dipinggir jalan kok  setelah The Lawu Park lurus saja lihat kanan jalan nanti ada papan atau petujuk untuk akses ”Bukit Sakura Lawu” dan bila kamu berasal dari timur yaitu Surabaya misalnya atau madiun kamu arahkan kendaraan kamu ke Gunung Lawu dengan rute Madiun – Magetan – Cemoro Sewu -Cemoro Kandang – Bukit Sakura Lawu. Jika dari timur kamu akan melewati icon Magetan yaitu Telaga Sarangan setelah itu kamu juga akan melewati Mbah Djoe Resort tempat hits magetan dan selanjutnya adalah jalur pendakian gunung lawu via cemoro sewu dan Cemoro Kandang yang dijaikan titik awala pendakian Gunung Lawu.

Setelah kamu tahu bagaimana akses menuju bukit sakura lawu kemudian langkan selanjutnya adalah memberikan informasi tiket masuk bukit sakura lawu dan harga wahana yang ada di bukit sakura lawu, berikut pricelistnya:

Harga Tiket Masuk Bukit Sakura Lawu:

No Keterangan Price
1 Tiket Masuk 7.5k
2 Camping 10k
3 Parkir Motor 2k
4 Mobil 5k
5 Spot Selfie 5k
6 ATV 50k
7 Toilet mandi 5k
8 Toilet Air Kecil 2k
9 Rumah Indian
10 Weekday 100k/mlm
11 Weekend 150k/mlm
12 SB 15k
13 Kompor 15k
14 Nesting 15k

Dari tebel diatas harga masuk saja sepertinya cukup terjangkau ia yaitu dengan harga 7.500/orang jika membawa keluarga untuk liburan ke buki sakura lawu sepertinya cocok menikmati indahnya lereng gunung lawu sisi barat dengan udaranya yang dingin menggoda. Keberadaan wisata ini juga bisa kamu manfaatkan buat para pendaki yang ingin bersantai atau camping di area bukit sakura kaarena disini ada fasilitas camp indiannya yang bisa kamu manfaatkan dimana harganya untuk weekday sebesar 100k dan wekend 15k sesuai tabel diatas.

Foto Dok. BLS

Banyak fasilitas yang lain yang bisa kamu gunakan di bukit sakura lawu selain camping , misalnya main hammock atau sekedar selfie di spot -spot yang sudah disediakan oleh pengelola.

Demikian informasi atau ulasan sedikit perihal bukit sakura lawu dari mulai tiket masuk, wahana, lokasi dan lainya semoga informasi ini dapat membantu buat teman-teman para traveler sejati wal khusus pendaki yang ingin mempir menikmati pecel atau apalah di bukit sakura lawu mungkin tahun depan bunga sakura akan tumbuh indah di lereng gunung lawu. Selama liburan di Karanganyar

Please rate this