Bukit Mongkrang, Keindahan Yang Menajubkan di Sisi Selatan Gunung Lawu

oleh
Foto:@puputanitade

Gunung.id, Tawangmangun – Menggeliatnya aktifitas luar ruang yaitu pendakian , banyak spot yang terus digali oleh seseorang yang suka demen petualang dalam hal ini mendaki gunung, kini yang lagi hits di area tawangamngu selain Bukit Sakuran Lawu, The Lawu Park ada sebuah Gunung atau Bukit Mongkrang akrab disapanya, sebuah bukit yang memiliki padang savana yang keren dengan background gunung lawu.

Foto: @tiaraayantika

Bukit Mongkrang berlokasi di Tlgo Dringo, Gondosuli, Tawangamngu dengan ketinggian 2194 Mdpl yang mana lokasinya persisnya adalah sebelah selatan gunung lawu area bascame cemoro sewu, banyak sebenarnya bukit-bukit deretan sebelah selatan lawu ini misalnya ada Sidoramping dan Jobolarangan gunung atau bukit -bukit ini adalah pemisah dari 3 Kabupeten yaitu Karanganyar, Wonogiri dan Magetan jika di sisi timur mungkin ini seperti Gunung Kukusan, Argo Tengah dll.

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Lawu

Gunung Mongkrang bisa kamu jadikan altenrtif camping kamu, yang mana bukit mongkrang ini cukup bagus viewnya dengan background Gunung Lawu serta savana yang cukup banyak menambah eksotisnya bukit mongkrang. Pendakian bukit mongkrang terbilang cukup mudah karena jalur tracking tidak separah gunung lawu yang didominasi batu bilang kita menadaki dari Cemoro Sewu di bukit mongkrang di dominasi tanah apalagi musim kemarau awas debunya beterbangan.

Pendakian gunung mongkrang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit tarcking untuk bisa sampai puncaknya, namun ini semua kembali pada individual pendaki itu sendiri jika fisik bagus dan sudah mengenal medan otomatis pendakian ke mongkrang juga lebih cepat.

Tips pendakian ke Bukit Mongkrang yang harus kamu terapkan:

  • Karena bukit mongkrang tidak terlalu tinggi bawa daypack saja
  • Wkatu tracking yang terbilang sangat singkat sekitar 1 jam bawalah air minum secukupnya
  • Bila berniat camping bawalah tenda yang kuat angin karena di puncak mongkrang anginya cukup besar
  • Usahakan pakai celana panjang ia sob saat melakukan pendakian gunung mongkrang karena banyak ditumbuhi ilalang cukup gatel kalo kena badan atau kaki kita.
  • Yang terakhir adalah selalu jaga kelestarian alam, jangan buang sampah sembarangan bawa turun atau tak tutuk untumu 😛 dan jangan buat api unggun karena rawan kebakaran di mongkrang alasanya kenapa tidak boleh buat api unggu? karena ilalang tadi
  • dll

Demikian informasi sedikti perihal Bukit Mongkrang atau Gunung Mongkrang yang ada di Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar barang kali kamu tertarik untuk menikmati lawu dari sisi lain ke puncak mongkrang bisa jadi pilihan kamu akhir pekan ini.

 

Please rate this