Gunung Jobolarangan, Negeri Dogengnya Karanganyar

oleh
Foto:@AGL

Gunung.id, Gunung Jobolarangan- Berbicara karanganyar yang lekat dengan Grojogan Sewu yang menjadi destinasi andalah kabupaten ini, selain itu banyak spot wisata lain juga yang masih satu lokasi di kawasan grojogan sewu yang masuk kec.tawangmangu. Salah satu destinasi adrenalin dikawasan ini adalah pendakian Gunung Lawu namun kali ini kita akan memberikan sebuah keindahan lawu dari sisi lain yaitu dengan melakukan pendakian Gunung Jobolarangan.

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Lawu

Foto: @romanlazuardi

Gunung Jobolarangan adalah sebuah gunung dengan ketinggian 2065 Mdpl namun banyak warga lokasi menyebutnya dengan puncak 2045, lokasi gunung jobolarangan masih satu kawasan dengan gunung mongkrang yang berada disisi selatan Gunung Lawu.

Jika pendakian gunung mongkrang cukup familiar oleh beberapa orang kawasan Solo raya karena memiliki pemandangan yang cukup bagus lain hal dengan pendakian gunung Jobolarangan ini karena untuk akese tracking masih terttutup ilalang sama seperti mongkrang jika menuju selatan dari puncak mongkrang kamu akan mengarah gunung jobolarangan namun setelah melewati ilalan dan semak akan dihadapi dengan hutan gunung Jobolarangan yang sangat lebat kamu harus hati-hati melalui jalur ini karena masih alami membuat jalur sendiri dipastikan membawa perlengkapan yang memadai untuk membuka jalur.

Gunung Jobolarangan yang memiliki arti Jobo = berkunjung dan larangan =larangan yang mana bila di gabung ”tempat yang dilarang di kunjungi” dengan kata lain memang gunung Jobolarangan tidak boleh di daki karena memiliki mitos yang cukup santer di kalangan masyarakat sekitar. Sebelum kamu sampai puncak Jobolarangan kamu akan menjumpai sebuah lembah Wela yang memiliki luas yang cukup luas dan dijadikan tempat camp sebelum summit ke puncak gunung jobolarangan.

Tips pendakian ke Gunung Jobolarangan yang harus kamu terapkan:

  • Karena Gunung Jobolarangan memiliki track yang extrem bawah cariel untuk membawa perlengkapan pendakian
  • Wkatu tracking yang terbilang cukup lama bawalah losgistik secukupnya
  • Usahakan pakai celana panjang ia sob saat melakukan pendakian gunung Jobolarangan karena banyak ditumbuhi ilalang  dan semak belukar dan hutanya masih rapet.
  • Bawa perlengkapan survival belati atau parang untuk keperluan saat melewati jalur hutan gunung Jobolarangan.
  • Yang terakhir adalah selalu jaga kelestarian alam, jangan buang sampah sembarangan bawa turun atau tak tutuk untumu 😛 dan jangan buat api unggun karena rawan kebakaran di Gunung Jobolarangan alasanya kenapa tidak boleh buat api unggu? karena ilalang tadi serta lebatnya hutan gunung Jobolarangan
  • dll

Demikian info singkat tentang pendakian gunung jobolarangan dengan jalur pendakian yang cukup extrem karena belum banyak pendaki yang melakukan tracking ke gunung ini.

Please rate this