Kebakaran di Gunung Lawu, ada 1300 an Pendaki Terjebak di Puncak Lawu

oleh


Gunung.id, Gunung Lawu – Jalur pendakian gunung lawu hari ini di tutup dikarenakan ada kebakaran yang terjadi di kawasan gunung lawu tepatnya di antara pos 4 dan pos 5 , hal ini terjadi karena adanya oknum pendaki yang membuat sebuah api unggun namun dibiarkan saja sehingga api menyambar ranting/daun didekatnya , mengingat ini adalah musim kemarau sehingga bahan atau daun di gunung lawu mudah terbakar.

Dengan adanya kebakaran di Gunung Lawu ini diberlakukan penutupan khususnya jalur cemoro sewu oleh pihak bascame . Kebakaran di gunung lawu terjadi pada pukul 01.00 dini hari informasi ini didapat dari salah satu pendaki sehingga petugas segera mengecek kebenaranya dan ternyata betul ada kebarakan di antara pos 4 dan 5. Petugas dibantu BPBD, TNI, POlRI dan para relawan melakukan pemadaman  api dititik lokasi,  dimana api bisa dipadamkan pada pukul 05.00.

Evakuasi para pendaki oleh pihak PAM HUT, BASARNAS, TNI, POLRI , BPBD yang sudah terlanjur mendaki di hari sebelumnya sampai pukul 06.00 ada sekitar 600 an  sudah di kawasan bascame cemoro sewu dan separuhnya masih berada di puncak . Pendakian gunung lawu tahun ini dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 73 memang mengalami kenaikan yang cukup banyak di banding tahun sebelumnya akibat beberapa gunung di Indonesia seperti Gunung Gede Pangrango, Argopuro , Arjuno ditutup.

Please rate this