Pendaki Asal Purwodadi Drop di Jalur, Tim SAR Berhasil Evakuasi Korban via Jalur Candi Cetho

oleh
Dok. BPBD Karanganyar

Seorang pendaki terpaksa harus dievakuasi lewat jalur pendakian Gunung Lawu karena kelelahan dan juga mengalami sesak, Minggu (18/8/2019). Menurut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, pendaki tersebut bernama Artha W (20) asal Purwodadi.

Baca Juga: Candi Cetho, Wisata Mistis dan Romantis di Lereng Gunung Lawu

Artha terdaftar dari identitas rombongan Lulut Satria Utama asal Grobogan. Kronologinya pada Minggu pagi sekitar pukul 06.00 WIB, Eko dari Basecamp Ceto menerima laporan dari rekan Artha yang bernama Ardian.

Loading...

Baca Juga: Kebun Teh Kemuning, Pesona Alam di Lereng Gunung Lawu

Jika rekan pendakiannya mengalami lemas dan sesak nafas. Sebelumnya Artha sudah ditangani oleh rekan-rekan pendakiannya dari malam sampai pagi, namun tetap tidak terkondisikan.

Menurut Sekretaris BPBD Karanganyar Hendro Prayitno, pendaki tersebut menderita asma di pos empat jalur pendakian via jalur Candi Cetho, dan butuh pertolongan segera. Evakuasi dimulai setelah mendapat laporan, dan gabungan Tim SAR kemudian berkoordinasi untuk menjemput.

Tim SAR juga menyiapkan tim medis dan peralatan lainnya. Proses evakuasi menggunakan tandu dan berjalan dengan lancar dan tiba di posko pada pukul 18.30 WIB. “Petugas PMI Karanganyar langsung memberikan pertolongan pertama, karena kondisinya tak kunjung membaik. Kita bawa ke Puskesmas Ngargoyoso,” kata dia.

Please rate this