Leader Pendakian, Berikut Kreteria dan Tugasnya Yang Perlu Kamu Tahu

oleh
Jalur Pendakian Sebuah Gunung di Eropa by @sukmadede

Dalam melakukan suatu pendakian ke sebuah gunung jika kita belum mengetahui secara pasti bagaimana kondisi gunung tersebut baik dari segi keamanan, jalur pendakian, lokasi camp yang bagus dll tentu kita memerlukan yang namanya Leader Pendakian.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

Leader pendakian apa sih? secara umum leader adalah orang yang memiliki kemampuan lebih dari pendaki lain karena secara struktural orang ini mengetahui medan gunung, ilmu mendaki, cara hidup di alam bebas dll oleh karena itu seorang leader sangat vital peranya dalam dunia pendakian.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Tugas seorang leader tidak hanya memberikan intruksi akan lewat jalur mana untuk mendaki sebuah gunung melainkan banyak hal yang harus di berikan kepada pendaki yang dibawanya mulai dari  memberikan edukasi, motivasi, bisa berbaur dengan baik dengan kelompok dll

Leader pendakian sangat dibutuhkan oleh para pendaki pemula untuk membimbing menuju gunung yang akan di daki, bagi kamu yang belum faham akan gunung yang akan didaki mau tidak mau harus membawa yang namnya leader pendaki ini baik itu membayar atau membawa teman.

Baca Juga: Ranu Kumbolo, Danau Eksotis Gunung Semeru

Maka dari itu tidak semua orang bisa menjadi yang namanya leader, terus kreteria seperti apa sih agar bisa menjadi seorang leader pendakian? berikut beberapa kreteria untuk menjadi seorang leader pendakian yang bisa kamu pahami:

  • Hal pertama adalah kamu memang orang yang memiliki fisik yang kuat, jangan lemah lesu jika ingin menjadi seorang leader
  • Faham medan yang artinya transportasi menuju gunung yang dituju maupun jalur pendakian sudah faham
  • Bisa menjga komunikasi dengan baik dengan rombongan
  • Bisa memberikan motivasi terhadap rombongan yang dibawa
  • Kesabaran selalu tertanam
  • Ilmu mempuni artinya kamu harus memiliki ketrampilan yang cukup untuk memberikan edukasi kepada rombongan
  • Bisa membuat rombongan selalu bersemangat artinya kamu bisa menghidupkan suasana pendakian lebih agresif
  • Sebagai pemimpin kamu harus mendengar keluh kesah rombongan
  • Memiliki tanggung jawab yang ok
  • dll

Kurang lebih syarat atau kreteria untuk menjadi seorang leader pendakian seperti diatas bila kamu sudah memenuhi persayaratan diatas kamu bisa menjadi seorang leader pendakian.

Please rate this