Kantung Semar , Tanaman Pemakan Serangga

oleh
Kantung semar hidup di dasar tanah namun yang aneh tumbuhan ini juga memakan serangga di habitat tertentu via @filipino.mountaineers.society

Kantung semar merupakan salah satu tumbuhan yang banyak hidup di negara asia seperti di Indonesia, Malaysia, Filipina, Sri Lanka. Agar bisa hidup, tanaman akan menyerap zat hara yang ada di dalam tanah. Tetapi, mengapa kantung semar memakan serangga? Apa tujuan kantung semar memakan serangga?

Baca Juga: Peraturan Tentang Simaksi Yang Perlu Kamu Tahu Sobat Gunung

Berikut foto-foto bunga kantung semar dari berbagai habitat:

Loading...

Sumber Foto:@Pecinta_bunga

Kenji Fukushima, dari State University of New York melakukan penelitian kepada tiga jenis kantung semar, yakni Cephalotus follicularis dari Australia, Sarracenia purpurea dari Amerika Serikat, dan Nepenthes alata dari Asia. Dari hasil penelitian itu diketahui, bahwa kantung semar memerlukan gizi (fosfor dan nitrogen) untuk hidup. Tapi, kebanyakan kantung semar tinggal di lingkungan yang kurang gizi. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, kantung semar pun berevolusi menjadi tanaman pemakan serangga.

Mengubah protein
Kantung semar memiliki protein yang digunakan untuk menangkal penyakit. Tapi, setelah berevolusi, protein itu diubah menjadi enzim (cairan) yang bisa membantu mencerna serangga yang terperangkap. Oiya, enzim yang dimiliki kantung semar itu ada dua jenis, yakni kitinase (cairan ini bertugas memecah rangka keras milik serangga) dan asam fosftase (cairan ini bertugas menyerap kandungan fosfor yang ada di dalam serangga).

Jebakan
Kantung semar bisa menghasilkan nektar. Nektar itu akan menari perhatian serangga untuk datang. Serangga yang datang akan terpeleset, karena kantung semar memiliki daun berlapis lilin. Jika serangga sudah masuk ke dalam perutnya, proses pencernaan pun akan segera dimulai.

Habitat
Kantung semar hidup ditempat-tempat terbuka atau agak terlindung yang miskin unsur hara dan memiliki kelembaban udara cukup tinggi. Tanaman ini hidup di hutan hujan tropik dataran rendah, hutan pegunungan, hutan gambut, hutan kerangas, gunung kapur, dan padang savana.

Please rate this