Gunung Margoboyo Wonogiri

oleh
Foto:Simplyindonesia.wordpress.com

Gunung Margoboyo – Sebuah gunung dengan hamparan hutan lebat yang ada di Wonogiri, tidak banyak yang tahu akan keberadaan Gunung Margoboyo di kalangan Pendaki, penduduk lokal pun jarang yang mendaki gunung ini tidak heran keasrian dari gunung ini masih terjaga. Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan mendaki Gunung Margoboyo bisa jadi rekomendasi kamu saat musim liburan tiba.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu

Untuk bisa sampai lokasi titik awal pendakian Gunung Margoboyo kamu harus menuju Kabupaten Wonogiri terlebih dahulu baru kemudian menuju titik awal pendakian, dimana untuk pendakian Gunung Margoboyo bisa melalui Dusun Krisak, Selogiri atau melalui Dusun Banasan, Bero tergantung kamu mau lewat yang mana. Untuk bisa sampai dusun yang disebutkan tadi dari pusat kota kamu bisa memanfaatkan transportasi ojek atau menyewa kendaraan lokal agar bisa menerabas lepas area Wonogiri.

Rekomendasi awal pendakian buat kamu yang suka air terjun bisa lewat Selogiri nanti kamu bakal menemukan banyak air terjun sepanjang track di antaranya air terjun Banyu Anjlok, Kedung Budar, Kedung Turuk, Jurang Gandil, Kedung Dangdang, Kedung Padusan, dan Kedung Ringin banyak banget kan air terjun yang ada di Wonogiri saat mendaki Gunung Margoboyo via Selogiri.

Baca Juga: Biaya Mendaki Gunung Semeru

Dibawah kita lampirkan deretan ari terjun Gunung Margoboyo:

Foto: Muhammad Yasin

Setelah melihat foto diatas pasti bakal kepengen untuk mendaki Gunung Margoboyo 😀 karena dengan satu tracking saja mendapatkan destinasi wisata yang banyak begitu plus olahraga jiwa karena jalur tracknya terjal.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor Jawa Barat

Gunung Margoboyo sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 1600 Mdpl, untuk menggapai puncak membutuhkan waktu kurang lebih 2- 4 jam perjalanan tergantung jalur mana yang kamu pilih Selogiri atau Bero. Puncak Gunung Margoboyo memiliki beberapa titik akan tetapi kamu tidak bisa sampai di titik puncak tertentu karena butuh alat khusus karena jalur puncak menuju titik puncak tertentu harus dengan alat, kemiringan jalur track mendekati puncak sangat drastis hampir 80 derajat jadi hati saat summit ia butuh tenaga extra dan fokus.

Baca Juga: Taman Nasional di Indonesia

Semoga informasi sedikit ini mengenai Gunung Margoboyo di Wonogiri bisa menjadi bahan tambahan saat akan mendaki gunung tersebut, jangan lupa saat mendaki harus dengan fisik yang baik dan dilengkapi paralatan yang memadai.

Please rate this