Beberapa Pantangan atau Mitos Sebelum Mendaki

oleh
Image:setapakkecil.com
Image:setapakkecil.com

Di pulau jawa, masih banyak orang yang percaya dengan mitos atau biasa disebut takhayul.Tetapi meski begitu, kalian yang ingin mendaki gunung di Pulau Jawa wajib memperhatikan beberapa pantangan dan Mitos tersebut.Kalau menurut saya sebagai orang Jawa Asli, lebih baik kita mengikuti tradisinya daripada terjadi apa-apa.

Berikut beberapa Mitos atau Pantangan Sebelum Mendaki agar selemat.

-Jangan Mengeluh

Loading...

Ketika mendaki jangan banyak mengeluh meski mengalami kesulitan. Pasalnya keluhanmu akan cepat terkabul ketika melakukan pendakian di Gunung. Usahakan tetap menjaga sikap dan perkataan ketika mendaki.Jangan berkata ngawur seperti mengumpat dan sebagainya.Saran saya, simpan saja keluhanmu di dalam hati agar perjalananmu tidak terasa melelahkan.

-Jangan mendaki dengan jumlah ganjil

Ya, ganjil memang di artikan sebagai jumlah yang tidak baik di kalangan orang jawa.Bahkan pesan itu tak hanya untuk mendaki, ketika berpergian pun orang jawa tidak boleh berjumlah ganjil.Namun semua itu kembali pada percaya atau tidaknya hati kita. Jika kita tidak berbuat kejelakan, jalan kita pasti juga akan lancar-lancar saja.

-Jangan berubuat Mesum

Yang satu ini jelas sangat tidak boleh.Pasalnya gunung adalah tempat yang cukup keramat di Pulau Jawa. Jika kita ke sana, lebih baik kita bersikap sopan dan jangan menunjukan kesombongan.

-Jangan Bersiul

Di kalangan orang Jawa, bersiul di percaya sebagai panggilan untuk setan.Karena orang Jawa sangat percaya bahwa di gunung terdapat banyak penunggunya, maka sangat di larang bersiul ketika berada di Gunung.

-Jangan Mengambil Apapun

Ketika kita mendaki gunung, jangan mengambil apapun yang ada di gunung tersebut.Contohnya seperti mengambil tanaman langka yang terdapat di gunung tersebut, hal tersebut menunjukan bahwa dirimu tidak mencintai alam.Baiknya jika kalian membiarkan tanaman langkan itu tumbuh subur di tempatnya.

-Khusus Cewek, Jangan mendaki dalam keadaan haid

Dalam kondisi haid biasanya para cewek lebih cepat lelah saat mendaki.Selain itu, ketika cewek dalam keadaan haid berarti tidak suci.Hal itu bisa mengundang para setan untuk dating.

-Membunuh dan Menangkap Hewan

Saat kita mendaki gunung, tentu kita akan bertemu dengan hewan-hewan liar yang hidup di gunung tersebut. Kondisi alam yang masih sangat asri membuat banyak hewan liar hidup di gunung.Saran saya, jangan pernah membunuh ataupun menangkap hewan yang kalian temui di gunung.

-Wajib berpikiran positif

Cobalah berpikir posistif ketika melakukan pendakian. Selain untuk menghindari rasa bosan dan susah, berpikiran positif juga membuat anda terhindar dari musibah. Contohnya ketika anda mengalami medan yang sulit ketika mendaki, lebih baik jangan mengeluh atau berkata yang tidak tidak. Tetap fokuslah agar perjalanan menuju puncak terasa tenang dan menyenangkan.