Tersesat di Gunung, Berikut Tips dan Langkah Yang Harus Kamu Lakukan

oleh
Foto: @infogunungind

Mendaki gunung memang perlu persiapan matang serta peralatan mendaki yang memadai sehingga hal – hal yang tidak diinginkan bisa dikurangi, baru -baru ini terjadi hilang pendaki bernama Thoriq di gunung Piramid sebelumnya juga Alvi yang hilang di Gunung Lawu.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Bagaimana agar tidak terjadi hal yang vatal saat mendaki gunung misalnya tersesat digunung? berikut bebeapa tips dan langkah yang bisa kamu terapkan atau lakukan ketika hilang di gunung:

Loading...
  • Saat Tersesat Usahakan Tetap Tenang

Mudah sekali untuk menulis kalimat diatas, tapi bagi pendaki pemula sangat sulit untuk tetap tenang ketika menyadari sudah dalam kondisi tersesat, tetapi mau tak mau bersikap tenang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain itu anda harus memiliki kemauan yang kuat untuk tetap bertahan hidup dan yakin bahwa anda pasti akan ditemukan oleh tim penyelamat adalah dua hal yang harus anda tanamkan pada diri anda.

  • Kembali ke Titik Awal Dan Ke Puncak

Dalam kondisi tenang diharapkan anda akan bisa berfikir jernih, selanjutnya anda punya pilihan kembali ke titik awal atau terus melanjutkan perjalanan ke puncak. Keputusan ini tergantung beberapa pertimbangan seperti kondisi fisik, logistik yang tersedia, tingkat kesulitan jalur, dan perkiraan jarak antara kembali ke titik awal atau tetap meneruskan kepuncak, tetapi kalau hari sudah mulai gelap sebaiknya langsung dirikan shelter untuk bermalam. Putuskan dengan matang dan jalani dengan penuh keyakinan kalau anda pasti akan kembali masuk ke peradaban.

  • Tinggalkan Jejak Sebagai Petanda

Saat memutuskan kembali ke titik awal atau meneruskan ke puncak, jadikan lokasi pertama anda tersesat menjadi titik nol atau titik awal perjalanan anda. Tinggalkan jejak dengan memberi tanda lokasi tersebut, bisa dengan apa saja yang penting mudah terlihat. Lebih bagus lagi dengan meninggalkan sedikit catatan yang berisi waktu dan rencana perjalanan anda

  • Cari Lokasi Yang Strategis & Buat Signal

Tindakan terakhir yang harus dilakukan jika tidak juga menemukan jalan keluar atau anda terlalu takut untuk mencari jalan keluar adalah membuat shelter dilokasi yang cukup aman, nyaman dan cukup strategis seperti dekat dengan sumber air dan di area yang cukup terbuka sambil menunggu tim penyelamat menemukan anda. Buat sinyal dari api atau tumpukan batu, kayu atau bahan lainnya sebagai penanda posisi agar mudah terlihat dari atas atau dari kejauhan

  • Berdo’a

Semua hal yang kita lakukan adalah atas kehendak sang pencipta dikala kita tersesat di gunung kita wajib berusaha dan berdo’a agar dibukakan pintu terang menuju jalan yang benar terbebas dari kemelut kebimbangan karena tersesat.

Demikian informasi tentang tips dan langkap apa saja ketika kamu tersesat saat mendaki gunung, semoga informasi ini dapat membantu buat sobat pendaki yang membutuhkan informasi yang berkaitan tentang dunia pendakian.

Please rate this