Inilah Kisah Misteri Gunung Tangkupan Perahu Bandung

oleh

Misteri Gunung Tangkupan Perahu – Gunung yang berlokasi di Jawa Barat ini ternyata tak hanya menyimpan keindahan alamnya yang tidak boleh dilewatkan tetapi juga menyimpan kisah misteri gunung Tangkuban Perahu itu sendiri.

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu Dengan Misterinya

Tentunya anda sudah tidak asing agi dengan gunung Tangkuban perahu ini bukan? Gunung yang terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung ini setiap tahun didatangi oleh para wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara yang ingin menyimak keindahan alamnya. Sesuai dengan namanya, saat anda mengunjungi kawasan ini, anda akan melihat sebuah kawah yang terdapat bentuk perahu yang terbalik.

Baca Juga: Gunung di Jawa Barat

Gunung yang masih berada di kawasan Lembang tepatnya di kabupaten Bandung Barat ini ternyata merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian sekitar 2.084 meter dari atas permukaan laut.

Gunung ini ternyata tidak lepas dari kisah misteri gunung Tangkuban Perahu itu sendiri. Kendati menyimpan keindahan, anda harus mengetahui apa saja misteri yang sangat melekat dengan kawasan wisata ini.

  1. Misteri Adanya Rintihan Gunung Tangkuban Perahu

Kawasan tangkuban Perahu sepertinya tidak bisa dilepaskan dari legenda masyarakat tepatnya kisah mengenai Sangkuriang yang jatuh cinta dengan ibunya sendiri. Akan tetapi setelah Sangkuriang menyatakan cinta, Dayang Sumbi atau ibunya tersebut ternyata mengajukan beberapa syarat dimana Sangkuriang harus berhasil membuat perahu dalam satu malam. Akan tetapi usaha tersebut gagal.

Hingga membuat sangkuriang marah dan menendang begitu saja perahu yang belum berhasil selesai dengan sempurna tersebut dan mendarat dengan cara terbalik.

Ternyata tak sedikit pula, adanya misteri rintihan yang kerap didengar oleh warga dan percaya apabila rintihan tersebut merupakan rintihan dari ratu yang sakit hati.

  1. Misteri Adanya Surga Tersembunyi

Misteri gunung Tangkuban Perahu yang terkenal lainnya adalah terdapatnya surge yang tersembunyi di kawasan tersebut. Terdapatnya curug Cimuja yang berada di kawasan hulu ini lah yang disebut-sebut sebagai surge yang tersembunyi. Awalnya tempat ini adalah tempat untuk bersemedi ataupun pemujaan yang dilakukan pada malam hari.

Kawasan ini pun banyak didatangi oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Tangkuban perahu untuk melihat keindahannya.

  1. Misteri di Pemandian Tangkuban Perahu

Apabila anda menjelajah di kawasan Tangkuban Perahu, anda tentu akan menemukan tempat pemandiannya. Konon katanya, tempat pemandian ini sangat kramat karena pernah digunakan oleh Putri Ratu Dayang Sumbi. Air dari tempat pemandian ini berasa dari aliran dari Gunung Tangkuban Perahu.

  1. Misteri Badai Petir di Langit Kawasan Subang

Tidak sampai disitu, kabar yang beredar badai petir yang pernah terjadi di Bandung bagian Timur juga dikait-kaitkan dengan aktivitas vulkanis dari gunung Tangkuban Perahu yang terletak di Lembang, Bandung. Badai Petir ini tidak mengeluarkan suara sedikitpun dan hanya memperlihatkan kilat cahaya.

  1. Adanya Pewadonan Ratu Tangkuban Perahu

Di Tangkuban Perahu sendiri terdapat sebuah batu yang memiliki bentuk seperti kelamin wanita atau disebut dengan pewadonan. Masyarakat sekitar gunung Tangkuban Perahu percaya apabilan batu besar tersebut pernah digunakan sebagai petilasan pemandian oleh Nyi Ratu Dayang Sumbi.

Baca Juga: Jumlah Gunung Yang ada di Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke

Sehingga tidak heran apabila, tempat ini akan dipenuhi oleh para perempuan yang ingin merasakan sensasi berendam di tempat tersebut. Tak hanya itu, tempat ini pun dipenuhi dengan pepohonan rindang yang akan membuat tempat tersebut semakin tenang.

Itulah beberapa misteri gunung Tangkuban Perahu yang pernah berkembang di masyarakat. Apapun yang berkembang di masyarakat, Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu wisata alam terbaik yang dimiliki oleh Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *