Misteri Gunung Bancak, Legenda Eyang Maduretno dan Pesugihan Bukit Seprecet

oleh

Sebuah gunung di Indonesia kebanyakan punya cerita sendiri-sendiri tak luput gunung bancak yang ada di Magetan ini juga memiliki misteri yang cukup familiar di kalangan warga sekitar bahkan luar daerah magetan. Gunung bancak merupakan sebuah gunung yang ada di Sundul, Parang, Magetan , Mojopurno, Gorang-gareng dan Lembeyan namun sebagian besar wilayah gunung bancak sisi barat dan selatan masuk Parang.

Baca Juga: Misteri Gunung Lawu- Gunung Paling Mistis di Indonesia

Gunung bancak memiliki misteri erat kaitanya dengan gunung lawu, Legenda gunung bancak zaman dulu kala dimasa Ramayana tokoh wewayangan, salah satu abdi dari Prabu Rama yang sakti mandraguna yang bernama Anoman sedang marah besar. Karena kemarahannya yang memuncak dan tak dapat dikendalikan, dia menendang puncak Gunung Lawu sampai terlempar jauh ke arah timur. Jadilah perbukitan Gunung Bancak. Sampai sekarang legenda itu masih dipercaya bahwasannya keberadaan Gunung Bancak merupakan puncak dari Gunung Lawu.

Loading...

Gunung Bancak atau disebut orang sisi timur gunung mas memiliki cerita  nenek moyang dari zaman dahulu bahwasannya Gunung bancak ini apabila dilihat dari sebelah timur pada waktu tertentu akan terlihat bercahaya seperti emas. Dari situlah maka gunung bancak disebut juga sebagai Gunung Kencono atau Gunung Emas. Ada juga cerita dari mulut ke mulut bahwa banyak orang yang berasal dari timur Gunung Bancak mencari pesugihan di situ tepatnya di bukit Seprecet ( masuk wilayah Desa Sundul ) yang dipercaya banyak orang sebagai kerajaan dari makhluk Goib.

Baca Juga: Misteri Gunung Semeru, Paku Buminya Pulau Jawa

Cerita lain menyebutkan bahwasannya Gunung Bancak merupakan tempat penyimpanan dari harta karun peninggalan jaman dahulu yang berupa bongkahan emas dan sebagainya yang banyak orang menyebutnya sebagai Dana Revolusi . Sarean Ratu Di Gunung Bancak Magetan ada sebuah makam peninggalan dari jaman kerajaan Mataram yang menyimpan jasat Eyang Maduretno yang terkenal dengan Sarean Ratu / Kuburan Ratu. Tepatnya di Gunung Bancak sebelah selatan yang masuk Desa Giripurno Kecamatan Kawedanan.

Cerita dari sesepuh warga sekitar lereng Bancak bahwa di bancak ada Alam Gaib yaitu benteng yang mengelilingi gunung bancak khususnya bukit Seprecet yang merupakan bagian dari wilayah Desa Sundul. Tetapi pagar benteng itu bukan terbuat dari bahan sewajarnya sebuah benteng, tetapi benteng tersebut dari manusia yang sudah tersusun tiga sab. Dan masih banyak lagi cerita-cerita mistis lainnya seperti keberadaan Sendang Teleng Desa Sundul dan sebagainya. Terlepas dari kisah dan cerita di atas, Gunung Bancak mempunyai panorama alam yang indah. Sekarang keberadaannya yang sudah kembali menjadi hutan yang di dominasi pohon jati, sangat cocok untuk petualangan bagi pecinta alam untuk menyalurkan hobi mereka.

Baca Juga: Kisah Misteri Gunung Wilis Yang Terkenal di Kalangan Pendaki

Ratusan Rusa telah menghuni Gunung Bancak ini, juga pernah ditemuai kera, ular yang besar, ayam hutan, dan masih banyak lagi hewan yang menghuni perbukitan gunung bancak ini. Bagi para pecinta alam dan penyuka petualangan, tidaklah salah apabila kamu menyempatkan diri berpetualang di Gunung Bancak ini. Bagi penyuka misteri silahkan saja menyimak banyak misteri yang ada di Gunung Bancak ini lebih datang ke lokasi dan tanya warga lokal lebih afdoll dari pada baca cerita ini.

Peninggalan sejarah berupa suatu makam yang sering di sebut oleh warga sekitar Gunung Bancak dengan Kuburan Ratu/ Sarean Ratu. Dahulu cerita orang tua, di dalam makam tersebut ada peninggalan dari jaman kerajaan berupa gentong dan kendi yang terbuat dari emas , tetapi sudah hilang karena dicuri orang. Terlepas dari cerita semua itu, Sarean Ratu merupakan suatu peninggalan sejarah yang seharusnya tidak boleh dilupakan begitu saja.

Baca Juga:Danau Taman Hidup Gunung Argopuro, Yang Penuh Misteri Namun Menggoda

Penduduk sekitar setiap tahun baru islam ( 1 Suro/Muharam ) selalu melaksanakan do’a bersama/ tahlilan di Sarean Ratu untuk mendoakan arwah arwah beliau yang tentunya untuk mengenang jasa jasa beliau kepada daerah tersebut. Sehingga setiap tanggal 1 Suro di Sarean Ratu selalu ramai oleh para peziarah ataupun orang orang yang hanya berkunjung dan berlibur.

Jalan menuju Sarean Ratu sudah dibangun sejak masa Bapak Basofi Sudirman menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur sehingga bisa di akses dengan mudah memakai kendaraan roda dua, roda empat ataupun jalan kaki yang tentunya bisa sambil menikmati pemandangan alam sekitar gunung bancak yang begitu indah.

Bagi pecinta alam tentunya tempat ini merupakan tempat yang sangat sesuai untuk menyalurkan hobi berpetualang. Dengan di dukung suasana alam yang begitu indah tentunya akan mendapat suatu tantangan dan sensasi petualangan yang berbeda dari tempat lainnya.

Gunung Bancak terletak diantara empat Kecamatan dari wilayah Kabupaten Magetan diantaranya :
1. Kecamatan Parang : Desa Sundul
2. Kecamatan Ngariboyo : Desa Banjarpanjang
3. Kecamatan Kawedanan : Desa Giripurno, Desa Ngentep
4. Kecamatan Lembeyan : Desa Krowe, Desa Pupus

Gunung bancak sendiri memiliki beberapa puncak diantaranya:
1. Bukit Seprecet
2. Bukit Semunu
3. Bukit Sekelir
4. Puntuk Simun
5. Bukit Ceme
6. Bukit Selenguk

Bagaimana dengan misteri gunung bancak dan beragam keunikan yang ada di kawasan gunung bancak, tertarik untuk melakukan pendakian kesini atau hanya sekedar berwisata sejarah? silahkan datang ke gunung bancak yang mana dapat ditempuh dengan mudah dari pusat kota Magetan kurang lebih memakan waktu 20 menit perjalanan dari pusat kota ke gunung bancak.