Jalur Pendakian Gunung Marapi Via Koto Baru

oleh
Foto: @phang.king

Gunung Marapi salah satu gunung aktif di Sumatera yang berlokasi di Kabupaten Agam, Padang Panjang serta masuk administrasi Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Ada banyak gunung di sumatera yang memiliki pemandangan menajubkan, salah satunya ia gunung Marapi ini.

Baca Juga: Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi Se-Asia Tenggara Yang Mempesona

Gunung marapi tidak setenar gunung api aktif di Jawa yaitu merapi yang berada di Jogja namun Marapi tidak kalah eksotis dengan Merapi, sekilar namanya hampir sama namun beda Marapi di Sumater Merapi di Jawa. Bagaimana untuk dapat mendaki gunung marapi? Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian gunung marapi bisa lewat jalur Koto Baru, dari sini kamu bisa menyewa kendaraan angkutan pedesaan atau dengan berjalan kaki. Jika memilih dengan berjalan kaki, dari pasar koto baru akan menghabiskan waktu lebih kurang 50 menit.
Untuk jarak perjalanan dari basecamp menuju Cadas tempat pendirian tenda terakhir lebih kurang menghabiskan waktu 8 jam  dari cadas summit kurang lebih memakan waktu 40 menit.

Baca Juga: Gunung Marapi, Legenda Asal Usul Masyarakat Minangkabau

Berikut Rute/ Estimasi waktu pendakian gunung marapi via Koto Baru:

Pendakian Via Koto Baru
1 Bascame – Pos 1 60 menit
2 Pos 1 – Pos 2 80 menit
3 Pos 2- Pos 3 110menit
4 Pos 3 – Pos 4 (Cadas) 105 menit
5 Pos 4 – Pos 5  (Tugu Abel) 50menit
6 Pos 5 -Puncak Merpati 45  menit
7 Puncak Merpati- Eldewis 30 menit

Dengan estimasi waktu pendakian gunung marapi diatas sobat gunung bisa mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari peralatan pendakian, simaksi dll sehingga pada waktu pendakian bisa maksimal sesuai dengan plan.

Baca Juga: Teknik Berjalan Mendaki dan Turun Gunung

Bagi teman-teman yang melakukan pendakian gunung marapi diharapkan selalu safety ingat gunung bukan rumah yang sewaktu-waktu bisa membawa kemelut alangkah baiknya selalu persiapkan alat safety dari awal, serta ingat jangan membuang sampah sembarangan karena gunung milik kita bersama mari kita jaga bersama-sama pula.

Please rate this