Jalur Pendakian Gunung Bawakaraeng Via Lebanna

oleh
Sunrise puncak gunung bawakaerang via @madridista_nugraha

Gunung di Sulawesi selatan memang cukup banyak salah satu gunung yang paling banyak didaki adalah gunung Bawakaerang ini dimana jalur pendakian gunung ini cukup mudah banyak pendaki menggunakan jalur lebanna.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Gunung Bawakaerang berlokasi di Kabupaten Gowa memiliki ketinggian 2.700 Mdpl, keunikan gunung ini adalah banyak pohon besar yang dikerumuti lumut sehingga menambag eksotis jalur trekking gunung bawakaerang.Seperti nampak dibawah ini pendaki lagi ngerest sambil minum air di antara pepohonan khas bawakaerang.

Foto: @sandysandro09

Gunung Bawakaraeng bagi masyarakat sekitar memiliki arti sendiri. Bawa artinya Mulut, Karaeng artinya Tuhan. Jadi Gunung Bawakaraeng diartikan sebagai Gunung Mulut Tuhan. Penganut sinkretisme di wilayah sekitar gunung ini meyakini Gunung Bawakaraeng sebagai tempat pertemuan para wali.

Bagi kamu yang ingin merasakan dingin Gunung Bawakaraeng bisa melakukan pendakian dengan rute transportasi dari Kota Makasar – Kawasan Hutan Wisata Malino – Lebana dengan estimasi waktu perjalanan kurang lebih 3 -4 jam perjalanan dengan ongkos kurang lebih 40rb. Setelah kamu sampai di Desa Lebbana segera urus simaksi pendakian gunung bawakaraeng dengan tiket masuk sebesar 5k/user. Berikut estimasi waktu pendakian gunung bawakaraeng:

Baca Juga: Indahnya Lembah Patah Hati Gunung Soputan Minahasa

No Pendakian Gunung Bawakaraeng Waktu Mendaki
Pendakian Via Desa Lebanna
1 Bascame – Pos 1 60 menit
2 Pos 1 -pos 2 45 menit
3 Pos2 – pos 3 30  menit
4 Pos 3 -Pos 4 20 menit
5 Pos 4 – Pos 5 30 menit
6 Pos 5 – Pos 6 60 menit
7 Pos 6 – Pos 7 60 menit
8 Pos 7 – Pos 8 120menit
9 Pos 8 – Puncak Bawakaraeng 150menit

Dengan melihat tabel diatas bahwasanya untuk bisa sampai ke puncak gunung bawakaraeng dari Desa Lebanna membutuhkan waktu kurang lebih 7 -10 jam semua ini tergantung fisik individu pendaki. Bagi kamu pendaki asal Jakarta, Surabaya atau Bandung yang ingin melakukan pendakian untuk menuju titik awal pendakian tentunya menggunakan transportasi udara dengan tujuan Makasar dengan tiket pesawawat Jakarta -Makasar berkisar RP.600k -750k (Sriwijaya, Lion dan Citilink)  , sedangkan Bandung Makasar berkisar RP1300k (lion). dan untuk SUB-Makasar Rp.500k -600k(Sriwijaya, Lion, Citilink) .

Demikian informasi singkat tentang Jalur pendakian Gunung Bawakaraeng yang berlokasi di Gowa dengan jalur pendakian lewat Desa Lebanna, semoga informasi sedikit tentang gunung terdingin di Sulawewi Selatan ini bermanfaat bagi kamu yang dalam waktu dekat akan melakukan pendakian kesini.

Please rate this