Gunung Talang, Menatap 3 Danau Dari Puncak Talang Yang Mempesona

oleh
View Puncak Guunung Talang Sumbar (Foto:@ekoylnt13)

Gunung Talang dengan ketinggian 2597 Mdpl dan meruapan salah satu deretan gunung api di Pulau Sumatera dimana pada tahun 2007 gunung ini mengalami erupsi. Lokasi gunung talang berada di kecamatan Gunuang Talang, Solok, Sumbar dengan jalur pendakian  batumbuk dan Bukit Sileh.

Baca Juga: Perhatikan 5 Bahaya Saat Melakukan Pendakian Gunung Kerinci

Sumatera Barat memang memiliki pemandangan yang menjajikan banyak destinasi wisata yang bisa kamu temui selain yang terkenal dengan kulinernya yaitu Rendang, gunung talang sendiri hanya berjarak 15km dari pusat kota Solok dan 45 km dari Padang jadi kalo ke Padang bagi penggiat alam wajib hukumnya camping di Gunung Talang.

Loading...

Transportasi atau akses menuju gunung talang dari luar kota misalnya dari Jakarta atau surabaya bisa mencoba armada pesawat terbang kalo pakai darat kelamaan tentunya namun bagi kalangan tertentu darat adalah nikmat namun bagi para pekerja waktu adalah sebuah kosa kata yang wajib diatur sedemikia rupa agar hoby dan kerjaan berjalan beriringan. Untuk tiket pesawat Jakarta -Padang berkisar 600k rata-rata semua armada jika dari Subaya – Padang berkisar 900k -1000k dan untuk kamu yang punya cukup duit bila menggunakan Garuda di angka 1200k -2000k semua tiket armada pesawat terbang bisa berubah-uabh loh ia kalo mau tahun baru bisa naik pesar harnya atau saat musim liburan lainya silahkan cek lebih dahulu bisa disaat hari liburan atau weekend.

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Leuser Aceh

Setelah kamu sampai di Kota Padang alias rendang kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju gunung talang dengan menggunakan transportasi lokal misalnya naik angkot atau travel menuju Solok atau bisa naik Bus Tranek yang berada di kawasan bandara minangkabau untuk menuju solok dengan biaya berkisaran 35k -50k terkoneksi dengan bus Jasa Malindo dengan rincian bus trene 25k dan bus jasa malindo 20k nanti kamu akan turun di terminal Bareh Solok dari sini kamu bisa patungan menuju titik awal pendakian gunung talang dengan jasa angkot lokal dengan biaya kurang lebih 400k/angkot.

Seperti yang pernah disinggung di bagian paragraf atas tentang jalur pendakian gunung talang memiliki dua jalur yaitu Bukit Saleh yang berada di Kec,Lembang Jaya dan Via Batumbuk yang berada di Kec.Gunung Talang.  Jika kamu ingin mendaki gunung talang via Batumbuk waktu yang perlu kamu lalui kurang lebih 3-4 jam trekking namun untuk jalur pendakian gunung talang via bukit saleh memakan waktu kurang lebih 4-5 jam hanya berbeda satu jam saja . Bascame pendakian gunung talang sangat mudah ditemukan karena berlokasi di pinggir jalan utama yaitu jl,Lubuk selaseh -Muala Labuah km17 jadi kamu yang berniat sewa mobil juga bisa sampai bascame . Setelah kamu sampai di bascame tentunya kamu harus mengurus Simaksi pendakian dimana untuk biaya retribusi pendakian gunung talang sebesar 10k/user kamu sudah bisa mendaki gunung talang.

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Dempo

Jalur pendakian gunung talang didominasi oleh batu dan bertanah jangan mendaki ke gunung ini sangat musim hujan jalurnya licin sekali , tempat area camping gunung talang dinamakan R54 (CADAS) area cukup luas banget sebelum kamu summit puncak lebih enak dan mantap memang harus ngecamp disini agar bisa menikmati bagaiman alam Solok menyampa kamu di pagi hari, dari camp area menuju puncak gunung salak kurnag lebih 1 jam trekking.