Gunung Sibayak, Menatap Indahnya Berastagi Dari Puncak Pilar dan Takal Kuda

oleh

Gunung.id, Sumut – Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung aktif di Sumatera dengan ketinggian 2094 Mdpl dimana lokasinya berada di Beratagi bertetanggan dengan gunung sinabung. Akses menuju gunung ini cukup mudah salah satunya kamu juga bisa naik kendaraan umum dari Kota Medan.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

Transportasi umum menuju gunung sibayak dengan naik bus Murni transport, Sinabung Jaya, Sumatera Transport ke terminal kaben jahe dengan estimasi waktu perjalanan kurang lebih memakan waktu 2 jam an untuk bisa sampai ke kawasan gunung sibayak., berapa ongkos jika kamu naik bus atau kendaraan umum? harganya berkisar 10 -15k . Bagi kamu para pendaki jika hendak ke sibayak naik kendaraan umum yang membuat takjub adalah saat menuju lokasi dari Medan ke titik awal pendakin saat naik bus kebanyakan pendaki akan disarankan naik di kap mobil(atas mobil) dimana bila kamu takut akan hal semacam ini tentu rasa was-was akan tertanam dibenak kamu kan, namun jika kamu ingin duduk di dalam harus bernego ria sama abangnya khususnya bagi kamu cowok ,,, jadi legowo saja kamu naik diatas mengalah demi ibu-ibu dan bapak2 lokal . Jika kamu ingin menggunakan mobil sewaan atau punya teman dekat Beratagi untuk penitipan mobil akan dikenakan 20-30k sedangkan untuk motor 15-20k.

Setelah kamu tahu bagaimana cara menuju lokasi titik awal pendakian tentunya akan bertanya ada berapa sih jalur pendakian gunung sibayak yang bisa menghantar kita sampai puncak tertinggi gunung ini? gunung ini memiliki 4 jalur pendakian utama yaitu jalur pendakian gunung sibayak via 45, Air Panas Sidebuk-debuk, Perkemahan Sibolangait dan terakhir adalah jalur pendakian dari Berastagi (SPBU Pertamina).

Baca Juga: Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kerinci

Dari tiga jalur pendakian gunung sibayak yang paling banyak digunakan adalah jalur Berastagi karena akses tentunya mudah dari naik kendaraan umum tadi (bus) bisa langsung turun di depan SPBU tinggal jalan kaki menuju bascame pendakian dengan waktu yang cukup lama yaitu 1 jam an kalo gak mau jalan kaki bisa naik angkot kampung dengan biaya 10/user kamu akan di hantarkan sampai titik awal pendakian. Bagaimana mengurus simaksi gunung sibayak? cukup mudah tinggal datang bayar retribusi sebesar 10k kamu sudah bisa mendaki gunung sibayak tanpa memerlukan surat sehat dari dokter karena jalur pendakian gunung ini terbilang tidak sulit dan waktu tempuh relatif cepat. untuk jalur berikutnya dalah dari air panas sidebuk-debuk kalo kamu naik bus tadi kamu minta turun di simpang sidebuk-debuk sopirnya sudah tahu kalo kamu mau mendaki gunung sibayak karena ini adalah jalur menuju wisata air panas jadi kamu akan dikenakan biaya dua kali masuk wisata ini dan retribusi pendakian dimana untuk masuk wisata air panas kamu dikenakan biaya 4k . oia untuk akses menuju pintu masuk pendakian dari simpang sidebuk-debuk kamu harus naik angkot lagi dengan biaya 10k sama seperti dari SPBU kalo mau jalan yoo monggo sekalian pemanasan. Jalu terakhir pendakian gunung sibayak melalui 45 ini sangat rekomended bagi kamu yang ingin menikmati sibayak secara nyata bahwasanya jika kamu memilih jalur ini kamu akan disuguhkan hutan tropis khas Sumut, untuk kamu yang melewati jalur ini dari Medan minta turun di simpang Doulu habis itu naik angkot menuju pos penakian gunung sibayak kurang lebih 15 menitan perjalananya.

Dari sekian banyak jalur yang ada tinggal pilih mana yang kamu minati untuk menggapai puncak gunung sibayak, gunung ini memili dua puncak yaitu puncak Pilar dan puncak takal kuda tentunya dua puncak ini memiliki view yang berbeda. Berikut view puncak gunung sibayak dari puncak pilar dan takal kuda:

View Gunung Sibayak dari puncak Pilar ( via kurangmelalak.wordpress.com)
View Puncak Gunung Sibayak dari Takal Kuda (Via kurangmelalak.wordpress.com)

Bagaimana dengan informasi tentang jalur pendakian gunung sibayak diatas? tertarik untuk mencoba gunung ini? karena lokasi dekat dengan Kota Medan gunung ini sangat ramai menjalang akhir pekan karena juga ada air panas dan kawah yang menjadi daya tarik gunung ini. Untuk melakukan pendakian gunung ini rata-rata waktu untuk bisa sampai puncak kurang lebih memakan waktu 2-4 jam saja.

Please rate this