Keindahan Gunung Merbabu Dengan Padang Savana Yang Mengoda Mata

oleh


Gunung.id, Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang menjadi incaran bagi para pendaki Indonesia yang menawarkan keindahan panorama alam yang luar biasa tidak kalah sama Gunung Rinjani yang berada di Lombok, Gunung Merbabu merupakan gunung aktif dengan ketinggian 3142 Mdpl dengan memiliki 5 Jalur Pendakian yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu.

Gunung Merbabu berada di 4 kota meliputi Boyolali, Magelang, Salatiga dan Semarang, karakater gunung merbabu tidak terlalu curam lebih dominan dengan tanah gembur namun ada beberapa titik memiliki track ayng extream namun secara garis besar gunung merbabu cocok untuk didaki baik pemula maupun sudah expert.

Pendakian gunung merbabu yang sangat di minati oleh para pendaki adanya padang savana yang dilalui setelah setiap jalur tracking terutama jalur selo kamu akan disuguhkan deretan bukit yang cantik menambah semangat mendaki gunung merbabu sampai puncak. Gunung merbabu memiliki beberap puncak di antaranya adalah puncak Keteng Songo, Puncak Syarif, Puncak Triangulasi.

Loading...

Untuk bisa sampai di Puncak Gunung Merbabu kamu bisa memilih beberapa jalur pendakian gunung merbabu yang menurut kamu pas untuk dijadikan jalur track pendakian kamu jika ingin mempersingkat waktu Jalur Wekas bisa menjadi pilihan pendakian kamu saat mendaki gunung merbabu. Waktu yang kamu habiskan untuk mendaki gunung merbabu via wekas kurang lebih memakan waktu 6-8 jam tergantung fisik kamu kalo sering ngerest otomatis untuk bisa sampai ke puncak gunung merbabu akan terasa lama, beda hal jika penuh semangat yang tinggi dan tiada lelah akan cepat waktunya untuk bisa menikmati sisi lain kota Magelang, Salatiga dll serta deratan gunung tetangga seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong dll.

Transportasi untuk menuju gunung merbabu dari Jakarta ataupun surabaya bisa menggunakan bus atau kereta menuju titik awal pendakian, jika ingin melakukan pendakian gunung merbabu via selo berarti kamu harus mengarahkan kendaraan kamu menuju Boyolali start awal pendakian gunung merbabu dan ini juga menjadi titik awal pendakian gunung merbabu berada di satu desa yaitu Selo jadi kalo kamu ingin mendaki gunung merapi dulu bisa baru kemudian mendaki gunung merbabu. Untuk akses dari kota lain semisal Bandung, Makasar, ataupun Pontianak bahkan Palembang lebih baik diluar Jawa menggunakan aramada pesawat terbang bisa turun Solo atau semarang baru dilanjut dengan bus menuju titik pendakian awal.

Gunung yang paling tinggi di Jawa Tengah adalah Gunung Slamet namun kamu harus penuh perjuangan untuk bisa sampai di puncak Slamet karena karakter gunung slamet jika sudah sampai plawangan banyak krakal sob jadi harus hati-hati. Back to topic Gunung Merbabu, Gunung merbabu terkenal dengan padang savana ini mirip dengan yang ada di Flores sana jika kesana mahal kamu bisa ke melakukan pendakian gunung merbabu dan mampir ke Padang Savana Merbabu yang menggoda.

Via @aaddeek

Waktu yang tepat untuk melakukan pendakian gunung merbabu di bulan Mei – September biar berasa pendakian kamu, karena musim kemarau jadi suhunya juga akan menjadi penambah semangat dalam aktifitas pendakian kamu nanti. Jalur yang disarankan untuk melakukan pendakian gunung ini adalah via Selo karena kamu akan disuguhkan panorama alam yang menajubkan ala merbabu.

Gunung merbabu meletus terakhir pada tahun 1560 dan 1797, Gunung merbabu adalah Taman Nasional yang telah di tunjuk oleh pemerintah sebagai Kawasan Hutan Lindung dan Taman Wisata Alam pada tahun 2004 tepatnya pada bulan mei tanggal 4. Di kawasan gunung merbabu juga terdapat flora dan fauna diantaranya flora yang tumbuh manis di merbabu Akasia, Eldewis Jawa, Efifit, Pinus, Bintamin dll sedangkan fauna yang ada di merbabu meliputi Elang Hitam, Kera Ekor Panjang, Lutung Hitam, Kijang, Musang, Macan Tutul, Landak, Luwak, dan beberapa jenis burung yang menaungi kawasan merbabu.

Dibalik keindahan yang ditawarkan Gunung Merbabu jangan sekali-kali kamu tidak mempersiapkan segala sesuatunya jika ingin melakukan pendakian gunung ini, safety hiking adalah kunci keselamatan saat kamu melakukan rutinitas pendakian persiakan segala sesuatu yang bersangkutan dengan aktifitas kamu agar semua terkendali, aman dan selamat sesuai rencana kamu, dan ingat ia jangan membuahng sampah sembarangan mari kita jaga kelestarian alam bumi ini khususnya merbabu agar tetap terjaga ekosistemya dengan cara tidak membuah sampah semabarangan, bawa turun sampah, tidak merusak , tidak Vadalisme dll yang merugikan kelangsungan ekosistem alam kawasan merbabu.